MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA SD DAN SMP DI DUSUN LELONGGEK MELALUI TAMAN LITERASI

Authors

  • Satria Adindi STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Muhammad Hilmi Najamudin STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Agus Fakhrimantho STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Muhammad Irham STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Siti Auliyani STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Riskawati Riskawati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Zuhrotul Mahmudah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Ainun Jariyah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Sri Wulan STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Sri Harmonika STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/empowerment.v2i1.329

Keywords:

minat belajar, taman literasi, dusun lelonggek

Abstract

keterbatasan pengetahuan masyarakat di dusun Lelonggek desa Suntalangu kecamatan suela akan pentingnya ilmu pengetahuan, secara tidak langsung berdampak pada rendahnya minat belajar anak-anak di dusun lelonggek untuk menempuh pendidikan kejenjang yang lebih tinggi. Permasalahan ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kami sebagai bentuk pengabdian masyarakat di lingkungan dusun lelonggek. Penelitian ini bertujuan untuk membangun minat belajar anak-anak  di dusun lelonggek dengan cara menghadirkan program taman literasi, dengan objek mulai dari kelas 1 SD sampai kelas 3 SMP. Metode yang kami gunakan dalam penelitian kali ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif metode ini merupakan metode yang paling tepat dalam mengolah data yang didapatkan untuk dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah setelah kami mengadakan taman literasi kecendurungan minat belajar anak-anak sudah mulai terbangun, yang sebelumnya  hanya bisa bermain smartphone  dan game online sekarang sudah mulai berkurang lebih berminat untuk belajar sambil bermain di taman literasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Raco, Josep , Metode Penelitian Kualitatif ( Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010 ).

Yusuf, A Muri, Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan ( Jakarta: Kencana, 2017 ).

Megawati, Meretas Permasalahan Pendidikan di Indonesia, Universitas Indraprasta PGRI

Ibid.

Irham dkk, Optimalisasi Budaya Literasi dalam Membangun provisi Nusa Tenggara Barat Gemilang, Program Studi Ilmu Komunikasi STISIP

Ramdhani dkk, Perbandingan Implementasi Budaya Literasi Membaca antara Sekolah Rujukan dan Nonrujukan Gerakan Literasi Sekolah

Wawancara KKP-PAR STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

Adindi, Satria, Muhammad Hilmi Najamudin, Agus Fakhrimantho, Muhammad Irham, Siti Auliyani, Riskawati Riskawati, Zuhrotul Mahmudah, Ainun Jariyah, Sri Wulan, and Sri Harmonika. “MEMBANGUN MINAT BELAJAR SISWA SD DAN SMP DI DUSUN LELONGGEK MELALUI TAMAN LITERASI”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2, no. 1 (April 8, 2022): 39 - 46. Accessed December 8, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/329.

Most read articles by the same author(s)