Main Article Content

Mulqohibah Jamaliyah Nur Alifah
Prayoga Fajar Setyawan
Putri Maulidah Al Khusna
Debby Luzsanti

Abstract

Minat baca merupakan keinginan, kemauan dan dorongan dari diri sendiri untuk membaca, minat yang mendorong kita agar kita dapat merasakan ketertarikan dan senang terhadap aktivitas membaca dan mendapatkan pengetahuan yang luas dalam kegiatan membaca. UNESCO menyebutkan Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah terkait literasi dunia. Rendahnya minat baca ini membuat banyak inovasi yang bermunculan seperti ide pembuatan pojok baca. Pembuatan pojok baca dimaksudkan untuk menanamkan minat baca pada anak khususnya di Desa Ngebruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat siswa membaca usia KB dan RA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan Dokumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alifah, Mulqohibah Jamaliyah Nur, Prayoga Fajar Setyawan, Putri Maulidah Al Khusna, and Debby Luzsanti. “MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA POJOK BACA DI RA SUNAN GIRI DAN KB SUNAN GIRI DESA NGEBRUK”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 3, no. 1 (March 31, 2023): 19 -. Accessed May 14, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/424.
Section
Articles

References

Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar, E. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1999-2003.

Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.

Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1–13.

Demmu, K.-K. (2013). Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(1), 12–19.

Desnawita, D., & Yulinda, D. (2018). Minat Baca Pada Psikologis Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Sd) 01 Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(1), 11. https://doi.org/10.31958/alfuad.v2i1.1205

DESY, H. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227

Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572

Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634

Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the quality of children’s bilingual story books. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 46–60.

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).

Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34.

Kurniawan, H., & Ikomi, P. (n.d.). Mengembangkan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Tk Masyithoh 25 Sokaraja. 1–12.

Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.

Lestari, A. T., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2020). Pengembangan media storybook pic-popberbasis budaya lokal Palembang untuk meningkatkan perilaku prososial anak usiadini. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 91–102.