MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA POJOK BACA DI RA SUNAN GIRI DAN KB SUNAN GIRI DESA NGEBRUK
Main Article Content
Abstract
Minat baca merupakan keinginan, kemauan dan dorongan dari diri sendiri untuk membaca, minat yang mendorong kita agar kita dapat merasakan ketertarikan dan senang terhadap aktivitas membaca dan mendapatkan pengetahuan yang luas dalam kegiatan membaca. UNESCO menyebutkan Indonesia berada pada urutan kedua dari bawah terkait literasi dunia. Rendahnya minat baca ini membuat banyak inovasi yang bermunculan seperti ide pembuatan pojok baca. Pembuatan pojok baca dimaksudkan untuk menanamkan minat baca pada anak khususnya di Desa Ngebruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat siswa membaca usia KB dan RA. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara dan Dokumentasi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agustina, N., Ramdhani, I. S., & Enawar, E. (2022). Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Terhadap Minat Baca Kelas 4 SDN Bojong 04. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1999-2003.
Amelia, C., & Pratiwi, I. (2020). PKM Pojok Baca Untuk Meningkatkan Literasi Siswa Di UPT Sekolah Dasar. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 146-151.
Artana, I. K. (2016). Upaya Menumbuhkan Minat Baca pada Anak. Acarya Pustaka, 2(1), 1–13.
Demmu, K.-K. (2013). Meningkatkan Minat Membaca Anak Usia Sekolah. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 1(1), 12–19.
Desnawita, D., & Yulinda, D. (2018). Minat Baca Pada Psikologis Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar (Sd) 01 Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(1), 11. https://doi.org/10.31958/alfuad.v2i1.1205
DESY, H. (2021). Mengembangkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Paud Hasanuddin Majedi Banjarmasin. Jambura Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.37905/jjll.v1i2.9227
Elendiana, M. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 54–60. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.572
Faiz, A. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 58-66.
Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.22634
Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the quality of children’s bilingual story books. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 46–60.
Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. M., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan Budaya Literasi melalui Kegiatan Pojok Baca di SD Muhammadiyah Plus Malangjiwan Colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1).
Irna. (2019). Menumbuhkan Minat Baca Anak Usia Dini Melalui Implementasi Literasi Keluarga. Fascho Kajian Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 1(1), 15–34.
Kurniawan, H., & Ikomi, P. (n.d.). Mengembangkan Minat Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Literasi Perpustakaan Di Tk Masyithoh 25 Sokaraja. 1–12.
Kurniawan, W., & Sutopo, A. (2021). Implementasi Pojok Baca Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa MI Muhammadiyah Kartasura. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37-42.
Lestari, A. T., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2020). Pengembangan media storybook pic-popberbasis budaya lokal Palembang untuk meningkatkan perilaku prososial anak usiadini. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 91–102.