Edukasi Karir Global bagi Siswa SMK dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Berkarir di Bidang Keperawatan

Authors

  • Maryuni Maryuni Universitas Binawan Jakarta
  • Apriana Rahmawati Universitas Binawan Jakarta
  • Agung Setiyadi Universitas Binawan Jakarta
  • Septiani Septiani Universitas Binawan Jakarta
  • Irwanti Gustina Universitas Binawan Jakarta
  • Dinni Randayani Lubis Universitas Binawan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i1.979

Keywords:

Karir Internasional, Keperawatan, Motivasi

Abstract

Salah satu bidang yang memiliki peluang besar di tingkat internasional adalah keperawatan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hanya 5% siswa SMK yang berhasil mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Rendahnya minat untuk berkarir di luar negeri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kurangnya motivasi serta kurangnya pemahaman mengenai langkah-langkah untuk bekerja di luar negeri. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah Service Learning (SL) yaitu pelayanan kepada masyarakat dengan proses pembelajaran yang dilakukan oleh tim pengabdi dari perguruan tinggi. Pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi beberapa tahapan yang dirancang untuk memastikan keberhasilan penyuluhan yaitu pre-test, sosialisasi, dan post-test. Hasil penelitian ini terjadi peningkatan pada hasil post-test sebanyak 97% siswa termotivasi untuk berkarir di luar negeri. Hasil ini menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan, seperti penyuluhan atau pembekalan terkait karir keperawatan di luar negeri memberikan dampak positif terhadap motivasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, L. (2022). Gambaran Persepsi Siswa SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar dan SMKS Kesehatan PGRI Denpasar Terhadap Keperawatan Anestesiologi [Institut Teknologi dan Kesehatan Bali]. https://repository.itekes-bali.ac.id/medias/journal/LuhApriani.pdf

BP2MI. (2023, February 9). PENGUMUMAN PENDAFTARAN CALON KANDIDAT PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) PERAWAT PROGRAM G TO G DI JERMAN BATCH III TAHUN 2023. https://www.bp2mi.go.id/gtog-detail/jerman/pengumuman-pendaftaran-calon-kandidat-pekerja-migran-indonesia-pmi-perawat-program-g-to-g-di-jerman-batch-iii-tahun-2023

Husniawi. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Tenaga Kerja Indonesia Untuk Bekerja ke Luar Negeri (Studi pada Calon Tenaga Kerja Indonesia di Kabupatem Lombok Timur, NTB). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(2), 485–494. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i2.20134

Itayani, D. (2012). Hubungan antara Minat Sosial Service dan Motivasi Menjadi Perawat dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Keperawatan tahun 2012.

Iwasaki, N. M. A. (2019). Gambaran Minat dan Motivasi Mahasiswa Keperawatan STIKES Bali Tingkat III Untuk Mengikuti Program Bekerja di Luar Negeri [Institut Teknologi dan Kesehatan Bali]. https://repository.itekes-bali.ac.id/medias/journal/NI_MADE_AIRI_IWASAKI.pdf

Kementrian Kesehatan RI. (2022). Tenaga Kesehatan Indonesia Banyak Diminati Negara Lain. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20220420/0639686/tenaga-kesehatan-indonesia-banyak-diminati-negara-lain/

Meyshera, V. A., & Hamdan, S. R. (2023). Pengaruh Motivasi Akademik terhadap Kematangan Karir. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 541–549.

Moradimokhles, H., & Hwang, G.-J. (2022). The effect of online vs. blended learning in developing English language skills by nursing student: an experimental study. Interactive Learning Environments, 30(9), 1653–1662. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1739079

Perdana, I. P. A., & Valentina, T. D. (2022). Faktor-Faktor Yange Memengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar: Literature Review. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(12), 16897–16916. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i12.10417

Putra, R. K., & Affandi, G. R. (2023). Hubungan Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Siswa Kelas XII SMK YPM 8 Sidoarjo. Web Of Scientist: International Scientific Research Journal, 2(3). https://doi.org/10.47134/webofscientist.v

Putu Wiadyana Waisnawa, I., Basit, M., Gaghauna, E. E., & Tasalim, R. (2024). Motivasi Belajar Dengan Minat Kerja di Luar Negeri Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 14(2), 927–932. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/PSKM

Rhamandani, W., & Meinawati, L. (2023). Pengaruh Self-efficacy Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik SMK Bakti Indonesia Medika. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).

Syarip, S. M., Suherman, A., & Yayat. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa Teknik Perbaikan Bodi Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 250–255. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15197

Sunardi, S. (2020). Global Era Education" Globalization of Global Education or Islamic Education". Journal of Islamic and Social Studies (JISS), 1(1), 59-74.

Widianingsih, N. P., Wati, N. M. N., & Sari, N. A. M. E. (2021). Gambaran Motivasi Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Peluang Kerja ke Luar Negeri. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 7(1), 6–12.

World Health Organization. (2022). Nursing and Midwifery.

Yossina Warsida, R., Setiawan, Y., & Harsiwie, R. I. P. (2023). PMI Tenaga Keperawatan: Bagaimana Menangkap Peluang di Pasar Global? Jurnal Ketengarakerjaan, 18(3), 228–242. https://doi.org/10.47198/naker.v18i3.214

Published

2025-06-03

How to Cite

Maryuni, Maryuni, Apriana Rahmawati, Agung Setiyadi, Septiani Septiani, Irwanti Gustina, and Dinni Randayani Lubis. “Edukasi Karir Global Bagi Siswa SMK Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Berkarir Di Bidang Keperawatan”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 1 (June 3, 2025): 65-71. Accessed December 9, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/979.

Issue

Section

Articles