EVALUASI METODE SOROGAN DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING MENGGUNAKAN MODEL CIPP: STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ALLUQMANIYYAH YOGYAKARTA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi metode sorogan dalam pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Alluqmaniyyah Yogyakarta, dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Model CIPP digunakan untuk menganalisis berbagai aspek pembelajaran, mulai dari konteks dan kebutuhan, input seperti sumber daya dan kurikulum, proses pelaksanaan pembelajaran, hingga produk atau hasil yang dicapai oleh santri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai strategi penelitian. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pengajar dan santri, observasi langsung proses pembelajaran sorogan, serta analisis dokumentasi terkait kurikulum dan materi pembelajaran Kitab Kuning. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran komprehensif mengenai efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap Kitab Kuning, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi metode ini. Evaluasi ini akan memberikan rekomendasi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Alluqmaniyyah Yogyakarta, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan pesantren secara keseluruhan.
Kata kunci: Metode Sorogan, Kitab Kuning, Model CIPP, Evaluasi Pembelajaran, Pondok Pesantren
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Referensi
Agustian, I., Mufidah, N., Setiawan, H., Suklani, S., & Setiawan, H. (2023). Manajemen Evaluasi Kinerja Guru di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo. COMSERVA Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(9), 1873–1882. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.567
Amalia, U. N. N., & Wildan, S. (2023). Evaluasi Kurikulum dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. ALSYS, 3(4), 363–373. https://doi.org/10.58578/alsys.v3i4.1302
Apdoludin, A. (2022). Model Temuan Untuk Pembelajaran Kitab Kuning di Pesantren. NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(1), 134–152. https://doi.org/10.51311/nuris.v9i1.330
Braun, V., & Clarke, V. (2022). Thematic Analysis: A Practical Guide. QMiP Bulletin, 1(33), 46–50. https://doi.org/10.53841/bpsqmip.2022.1.33.46
Du, Z. (2023). CIPP Model Applied Research in Online Evaluation of Online Teaching of Internet Marketing. Curriculum and Teaching Methodology, 6(11). https://doi.org/10.23977/curtm.2023.061115
Fakhrurrazi, F., & Sebgag, S. (2020). Methods of Learning Kitab Kuning for Beginners in Islamic Boarding School (Dayah). Nazhruna Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 296–310. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i3.838
Herdha, R., Kurniawan, R. F., Gading, W., Muttaqin, M. I., & Amalia, K. (2024). Evaluasi Program Pendidikan. TSAQOFAH, 4(4), 3039–3044. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i4.3143
Kasmaini, K., Hamzah, S., & Winarto, H. (2023). CIPP Evaluation Model: Online In-service Teachers Training Program Conducted at English Language Education Study Program of Bengkulu University. ENGLISH FRANCA Academic Journal of English Language and Education, 7(1), 105. https://doi.org/10.29240/ef.v7i1.5871
Khoiriyah, T. E., Hakiman, H., & Aminudin, A. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual di Sekolah Dasar Alam. Attadrib Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 62–71. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i2.147
Latifah, U. (2022). The Inhibitory Factor of Santri Participate Learning Kitab With Sorogan Method During Pandemic Until Post-Pandemic. Santri Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 3(1), 31–50. https://doi.org/10.35878/santri.v3i1.332
Maba, A. P., Pratiwi, B. D., Cahyani, A. I., & Yusuf, M. (2020). THE SOROGAN VERSION OF ACADEMIC MOTIVATION SCALE (AMS-VS) FOR ISLAMIC BOARDING SCHOOL STUDENTS. Jurnal Psikologi, 19(4), 402–416. https://doi.org/10.14710/jp.19.4.402-416
Sudrajat, M., Gustiawati, S., & Angelina, P. R. (2023). Peran Guru Ngaji dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Sorogan di Kampung Hanjuang Cisarua Bogor. TSAQOFAH, 3(6), 1003–1010. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i6.1679
Sulton, A., Sirait, S., & Arif, M. (2022). The Educational Philosophy of Traditional Pesantren Roudlotul Muhsinin Al-Maqbul: Integrating Future Education Values. Cendekia Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 1(1), 33–48. https://doi.org/10.21154/cendekia.v1i1.3821
Syukron, A., Samsudi, S., & Kustiono, K. (2020). Pendidikan Diniyah Formal : a Formal Curriculum for Pesantren in Indonesia. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(2), 63–71. https://doi.org/10.15294/ijcet.v9i2.36645