Main Article Content

Khairu Ramadani
Nurul Hidayah
Abdul Wahid

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih lanjut mengenai profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan terintegrasi antara kompetensi dan nilai keislaman. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode kepustakaan, jadi dalam hal ini peneliti melakukan penelitian yang bersumber dari beberapa sumber bacaan mulai dari buku, jurnal ilmiah dan kabar berita terbaru yang beredar pada kejadian atau peristiwa pada saat ini. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan jika profesionisme guru dalam perspektif pendidikan ini guru memiliki beberapa kompetensi diantaranya yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Selain itu guru harus memiliki upaya berkelanjutan dalam pengembangan keterampilan dan guru dapat melakukan perubahan dengan menyesuaikan zaman pada saat ini. Sedangkan profesionalisme guru dalam perspektif pendidikan islam ini diantaranya yaitu guru memiliki karakter yang jujur, sabar, memiliki kompetensi yang dapat diandalkan serta berilmu pengetahuan yang luas. Sedangkan profesionalisme guru dalam perspektif integrasi kompetensi dan nilai keislaman guru harus mengintegrasikan holistik antara kompetensi formal dengan nilai keislaman yang mendalam, guru berperan sebagai murobi tidak hanya mentransfer ilmu tapi juga menanamkan etika dan akhlak mulia yaitu nilai-nilai keislaman, untuk mendukung integrasi tersebut maka dibutuhkan sistem pendidikan dan kebijakan kelembagaan yang mendukung untuk mewujudkan profesionalisme guru yang terintegrasi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ramadani, khairu, Hidayah, N. ., & Wahid, A. (2025). PROFESIONALISME GURU DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM: INTEGRASI KOMPETENSI DAN NILAI KEISLAMAN. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 123-133. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i2.1057
Section
Articles

References

Darajat, Z. (1992). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.

Hamzah, A. (2020). , Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Literasi Nusantara Abadi.

Hanun, F. (2021). Implementasi Penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam di LPTK UIN Serang Banten. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 270.

Hasibuan, A. T., & Dkk. (2023). Professionalisme Guru di MI di Era Kebebasan (Merdeka Belajar). MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 1, 151.

Idhar, & Ihwan. (2020). Profesionalisme Guru PAI Dalam Menanamkan Akhlak Mulia Peserta Didik. Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 31–32.

Isdianto. (2020). Bahasa dan Teknologi. Bahas.

Joko. (2020). Strategi MGMP Sekolah Menengah Pertama dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di Tengah Berbagai Kendala. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 109–128.

Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers.

Maulana, I., & Dkk. (2023). Meningkatkan Profesional Guru Dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 5(1), 2.

Milyasari, & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6(1), 43.

Miramadhani, A., & Dkk. (2024). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 2(3), 258.

Musfah, J. (2015). Redesain Pendidikan Guru (Dalam Penerapan Teori dan Praktik). Prananda Media Group.

Rozak, A. (2020). Profesionalisme Guru Perspektif Islam. Fikrah: Journal of Islamic Education, 75–77.

Sarip. (2022). Kasi PAI Sampaikan Kriteria GPAI Profesional. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang.

Siahaan, A., & Tohar Bayoangin. (2014). Manajemen Pengembangan Profesi Guru.

Sulani. (1982). Petunjuk dalam Mencetak Generasi Muslim. Al-Ma’rif.

Susanto. (2020). Pengenalan Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Ulandari, & Santaria. (2020). Strategi Pengembangan Profesionalitas Guru Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Kelola: Journal Of Islamic Education Management, 5(1), 57–68.

Wulandari, Y. (2024). Kemenag Dorong Peningkatan Kesejahteraan Guru PAI, Pemerintah Siapkan Skema Baru Sertifikasi Guru. Direktorat Pendidikan Agama Islam.