IKLIM MADRASAH
Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram
DOI:
https://doi.org/10.51700/attadbir.v1i01.126Keywords:
iklim madrasah, motivasi kerja guru, madrasah modelAbstract
Artikel ini menjelaskan iklim madrasah, yakni faktor apa saja yang menumbuhkan motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, artikel ini menentukan informan dengan dua cara yaitu snowbolling sampling dan key person. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan prinsip redundancy of data gathering melalui observasi partisipan (Participan Observation), wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi, dan diskusi terfokus (Focus Group Disscusion). Sedangkan analisis data dilakukan melalui prosedur Cresswel, yakni memvaliditasi keakuratan informasi melalui sistem coding. Penelitian ini menemukan bahwa iklim Madrasah yang sehat ditandai dengan: kepemimpinan yang demokratis, terjalinnya komunikasi dan interaksi terbuka antar personal, dan penetapan tujuan organisasi melalui keputusan bersama. Hal-hal tersebut akan berdampak pada tumbuhnya motivasi kerja guru seperti kedisiplinan yang tinggi, semangat kerja yang maksimal, dan memiliki sikap kompetisi yang sehat. Dengan demikian, motivasi kerja guru akan berdampak pada peningktan mutu pendidikan di Madrasah.
Downloads
References
Azyumardi Azra, 2002. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta :Logos Wacana Ilmu).
Burhan Bungin, (2008), Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)
Cumbey and Alexander, 1998. The relationship of job satisfaction with organizational variables in public health nursing. Journal of Nursing Administration, 28
Davis, Keith & W. Newstrom, Jhon. (1985). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta :Erlangga.
Giddens, Anthony (1984), The Constitution of Society; Outline of the Theory of Structuration (Berkley: University of California Press), hlm. xxxiii
Ghony, Djunaidi M & Almanshur, Fauzan (2012), Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)
George R Terry, 2006. Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta,
Giddens, Anthony (1984), The Constitution of Society; Outline of the Theory of Structuration (Berkley: University of California Press),
Hasibuan, M. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gunung Agung.
Hasibuan, M. (2001). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Jones and James, 1979. Psychological climate: dimensions and relationships of individual and aggregate work environment perceptions. Organizational Behavior and Human Performance, 23
Mujib, Abdul, Mudzakir,Jusuf, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Kencana Prenada Media
Nata, A. (2010). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.
Nurdin, Asep (2005). Kontribusi Kompensasi dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru (Kajian Terhadap Guru SMP Di KabupatenBandung). Tesis (Tidak Dipublikasikan). Bandung. PPS UPI.
Robbins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi (struktur, Desain dan Aplikasi). Edisi Ketiga. Jakarta: Arca
Soltani, I., Aghahosseini, M., & Akbari, N. (2014). Employees' perspective on organizational climate and job motivation actors and their relationship with the Blood Transfusion Organization's employees, 2012. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4
Steers, Richard M. (1985). Efektifivas Organisasi. Cetakan Kedua. Jakarta: Erlangga
Supardi dan Saiful Anwar. (2002). Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: UII Press.
Thoha, Miftah.(2002). Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tovey and Adams, 1999. The changing nature of nurses’ job satisfaction: an exploration of sources of satisfaction in the 1990s. Journal of Advanced Nursing, 30
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1.
Yoo, S. J., Huang, W.-H., & Lee, D. Y. (2012). The impact of employee’s perception of organizational climate on their technology acceptance toward e-learning in South Korea. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal (KM&EL), 4(3), 359-378. Zhang, J., & Liu, Y. (2010). Organizational climate and its effects on organizational variables: An empirical study. International Journal of Psychological Studies, 2(2)
Wahjosumidjo. (1992). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal at Tadbir: Journal of Islamic Education Management (IEM)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


