DAMPAK PEMANASAN GLOBAL DAN UPAYA PENGEN-DALIANNYA MELALUI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP DAN PENDIDIKAN ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.51700/attadbir.v1i2.207Keywords:
Pemanasan Global, Lingkungan, Pendidikan IslamAbstract
Pemanasan global adalah kenaikan suhu bumi atau meningkatnya temperature suhu rata-rata atmosfer, laut dan daratan bumi. Penyebabnya adalah efek rumah kaca yang lebih dari kondisi normal di atmosfer bumi. Dampak dari pemanasan global adalah perubahan iklim, seperti naiknya permukaan laut, yang berakibat pada tenggelamnya pulau-pulau kecil. Naiknya suhu laut juga mengakibatkan hasil perikanan akan menurun. Naiknya suhu udara akan meningkatkan berkembangnya penyakit. Peningkatan curah hujan akan meningkatkan banjir dan longsor, juga perubahan musim tanam dan peningkatan penguapan serta peningkatan intensitas badai tropis akan menyebabkan rawan transportasi.
Sebagai upaya mengendalikan, mengurangi dan mengantisipasinya adalah dengan melestarikan lingkungan hidup yang dapat dilakukan oleh semua pihak baik pemerintah, masyarakat dan lembaga pendidikan atau sekolah melalui pendidikan lingkungan hidup dan pendidikan Islam.
Pemerintah khusunya kementerian lingkungan hidup telah berinovasi melalui program adiwiyata yang dilakukan disekolah-sekolah atau lembaga-lembaga pendidikan. Sedangkan pendidikan Islam dapat dilakukan melalui kegiatan ko-kurikuler, intra-kurikuler dan ekstra-kurikuler. Semuanya bertujuan untuk menanamkan dan menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter siswa. Karakter siswa adalah karakter dalam melestarikan lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya. Peduli lingkungan tersebut dapat dilakukan dengan cara reduce, reuse dan recycle. Seluruh aktifitas dan proses pembelajaran pendidikan Islam harus terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup sebagaimana diajarkan oleh nabi Muhammad saw dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud. Dalam hadits tersebut nabi Muhammad saw “melarang menebang pohon yang memberikan manfaat kepada makhluk disekitarnya”.
Downloads
References
Ahsan Muzadi, Siti Mutholingah, Integrasi Pendidikan Berwawasan Lingkungan Hidup (Green School) Melalui Pembelajaran PAI di Sekolah, www.google.com., diakses 2 Maret 2020
Agus P. Sari, Nasrullah Salim, dan Moekti H. Soejachmoen, Menuju Ketahanan Energi Nasional Yang Nerkelanjutan: Komentar Pelangi Kepada Dewan Perwakilan Rakyat Mengenai Draft RUU Energi,Jakarta: 13 April 2004,
Ansorudin Sidik, Muhammad, Pengembangan Wawasan IPTEK Pondok Pesantren, Jakarta:Amzah, 2000
Departeman Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, Jakarta: Al-Fatih, 2013
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PTGramedia Pustaka Utama, 2008
IlmuGeografi.com, 7 Upaya Menanggulangi Pemanasan Global – Penyebab dan Dampaknya, www.google.com., diakses 2 Maret 2020
Ipo Astria, Mega Kusuma Putri, Peran Siswa Pada Program Adiwiyata Dalam Mengurangi Pemanasan Global Di Sma Negeri 4 Kabupaten Lahat, www.google.com
Makalah Tentang Kencing di Air yang Tenang, www.google.com., dikases 2 Maret 2020
Pan Mohamad Faiz, Perubahan Iklim dan Perlindungan Terhadap Lingkungan Suatu Kajian Berperspektif Hukum Konstitusi.,3 April 2006
Panduan Adiwiyata Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Panduan Adiwiyata sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan). Jakarta Timur: Kementrian Lingkungan Hidup, 2011
Perlu kesadaran bersama atasi pemanasan global, https://sains.kompas.com/read/2008/02/13/2143217/ l, diakses 2 Maret 2020
Virna Puspa Setyorini, 12 Juni 2007, Koran Pelita: Pemanasan Global dan 50 Juta Hektar Kebun Jarak. Jakarta.
Wahdi’s Blog,Pemanasan Global dan Dampak Yang Ditimbulkannya, pada 25 Desember 2007, http://wahdisblog.blogspot.com/search/label/global,
Zar, Sirajudin Konsep Penciptaan Alam dalam Pemikiran Islam, Sains dan Al Quran, (Rajawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta) Oktober, 1994.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Baktiar Leu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


