MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 AIKMEL KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB
DOI:
https://doi.org/10.51700/attadbir.v2i01.302Keywords:
manajemen kelas, proses belajar mengajar, pendidikan agama islamAbstract
Pendidikan sangatlah penting dalam peningkatan mutu, sehingga diperlukanlah peningkatan pendidikan yang berkaitan dengan peningkatan proses belajar-mengajar. Oleh karena itu, diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan belajar-mengajar dapat tercapai. Dalam manajemen kelas, guru harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas, dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar-mengajar yang efektif di dalam kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar pendidikan agama Islam dan mengetahui faktor pendukung serta faktor penghambat manajemen kelas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar pendidikan agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan teknik dokumen. Analisis data menggunakan analisis data secara induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas dalam meningkatkan proses belajar-mengajar pendidikan agama Islam sudah berjalan dengan baik tetapi belum maksimal. Faktor pendukung manajemen kelas berasal dari guru, fasilitas dan peserta didik, faktor penghambatnya adalah adanya kegiatan sekolah yang mengorbankan jam pelajaran, kelas yang mendapat jam terakhir, peserta didik kurang aktif dan kurang disiplin dalam mengerjakan tugas dan peserta didik yang sering keluar masuk kelas dengan alasan ke kamar kecil.
Downloads
References
Al-Qur’an Hafalan Terjemahan & Tjawid “Al Hufaz”. Bandung: Cordoba. 2020.
Burhanudin Gesi dkk. “Manajemen dan Eksekutif”, Jurnal manajemen, 3 no. 2 (Oktober 2019 ) : 53. 10 September 2021, http://jurnal Universitas Muhammadiyah Kupang.
Dokumentasi data siswa SMP Negeri 1 Aikmel Lombok Timur pada Senin 11 April 2021.
Fahmi, 2017, Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran PAI. Tesis, Makassar: Universitas UIN Alauddin Makassar.
Herry Krisnandi dkk, 2019, Pengantar Manajemen, Jakarta: LPU-UNAS.
Muldiyana Nugraha. “Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran”, Jurnal Tarbawi 4 no. 01 (juni 2018) : 27-44. 11 juli 2021. http:// jurnal.uin.banten ac.id/indeks.php/tarbawi.
Mona Zahara, 2017, Implementasi Manajemen Kelas dalam Proses Pembelajaran. Skripsi, Lampung: Universitas Raden Intan Lampung, Muhammadiyah Surakarta.
Mulyasa, 2019, Manajemen Pendidikan Karakter, jakarta: Perpustakaan Nasional.
Mulyasa, 2009, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M. Zaki Kamil. 2010, Manajemen Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Skripsi, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Novan Ardy Wiyani. 2016, Manajemen Kelas, Jogyakarta: Ar-Ruz Media.
Sandu Siyoto & Ali Sodik. 2015, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2019, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: ALFABETA.
Sulaiman. 2017, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Banda Aceh: Anggota IKAPI.
Syaiful Sagala. 2017, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Umar Sidiq & Moh. Miftachul Choiri. 2019, Metode Pendidikan, Ponorogo: CV. Nata Karya.
Wawancara dengan Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Aikmel dengan bapak Yusuf, S,Pd pada Kamis, April 2021.
Wawancara dengan guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 1 Aikmel dengan bapak Abdul Haris, S,Pd pada Kamis, April 2021.
Wawancara dengan tata usaha SMP Negeri 1 Aikmel dengan ibu Sukmawati, S,Pd pada kamis, April 2021.
Wawancara dengan siswa SMP Negeri 1 Aikmel dengan Sugeng Prayogi, M. Farid Ar-Rosid, M. Rosip Fikri dan Nikmah Ziaul Hasani pada Kamis, April 2021.
Wojowasito, S. 1972, Kamus Bahasa Indonesia, Malang: C.V Pengarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Niayah niayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


