Main Article Content

Silvia Ariani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami manajemen strategi yang diterapkan di Pondok Pesantren Babussalam dalam meningkatkan kompetensi santri, dimulai dari tahap formulasi, kemudian implementasi, hingga evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan  dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahw Ponpes Babussalam telah menerapkan manajemen strategi secara efektif. Hal ini terlihat dari: pertama, formulasi strategi, yang meliputi perumusan visi, misi, dan analisis lingkungan, yang kemudian diterjemahkan menjadi strategi yang jelas; kedua, implementasi strategi, melalui berbagai program dan kegiatan yang disusun sesuai kurikulum dan kebutuhan santri; dan ketiga, evaluasi strategi, yang dilakukan dengan dua metode yaitu evaluasi program dan evaluasi hasil. Evaluasi ini bertujuan untuk menilai efektivitas program dalam meningkatkan kompetensi santri.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ariani, S. (2025). Manajemen Strategi dalam Upaya Meningkatkan Kompetensi Santri di Pondok Pesantren Babussalam. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 81-89. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.898
Section
Articles

References

Fatmawati, E. (2015). Profil Pesantren Mahasiswa. In LKiS Pelangi Aksara.

Fauzi MEI, A. (2018). Etos Bisnis Kaum Santri. In PT.Lontar DIgital Asia.

Harsoyo, R. (2021). Model Pengembangan Mutu Pendidikan (Tinjauan Konsep Mutu Kaoru Ishikawa). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(1).

Hasibuan, N., Hasibuan, A. D., & Mahidin, M. (2023). Good Character: the role of counseling teacher in establishing student discipline character in madrasah. KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 10(1). https://doi.org/10.24042/kons.v10i1.16467

Indriawati, Buchori, I., Acip, Sirrulhaq, S., & Solihutaufa, E. (2021). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN. Al-Hasanah : Islamic Religious Education Journal, 6(2). https://doi.org/10.51729/6246

Kamila, R., Rahman, A., & Herman, H. (2022). Manajemen Strategi Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kompetensi Santri. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah, 7(1). https://doi.org/10.15575/tadbir.v7i1.33839

Mubarok, N. (2019). Optimalisasi Penerapan Tradisi Pesantren Salaf Bagi Santri Kalong. AL-WIJDÃN Journal of Islamic Education Studies, 4(2). https://doi.org/10.58788/alwijdn.v4i2.355

Ong, K. G., & Ratih, I. (2015). ANALISA STRATEGI BERSAING PADA BAKERY DONALSON DI MAKASSAR. Agora, 3(2).

Prawiro, M. (2019). Pengertian Kompetensi: Definisi, Jenis-Jenis, dan Manfaat Kompetensi. 2019.

Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi (Teori Dan Aplikasi). Deepublish Publisher.

Sapari. (2021). Manajemen Strategi dalam meningkatkan Kompetensi santri ( Studi Kasus Pondok Pesantren Jihadul Ummah Desa Puyung Kecamatan Jonggat Lombok Tengah ). Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Mataram, Desember.

Shodiq, J., Yazid, A., Quthy, A., & Komar, A. (2023). Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Perpustakaan Di Pesantren Zainul Hasan Genggong. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3).

Syukur, F. (2018). Dinamika Pesantren dan Madrasah. In Cet. V; Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori dan Startegi. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).

Zamakhsyari, D. (2015). Tradisi Pesantren: Studi Pandangan Hidup Kyai dan Visinya Mengenai Masa Depan Indonesia. In Lp3Es.

Zarkasyi, A. S. (2005). Gontor Dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren,. In Jakarta: Rajawali Press.

غسان, د., Taniredja, T., Faridli, E. Miftah., & Harmianto, S. (2016). Pengertian Kompetensi. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(August).