Main Article Content

Eka Sri Wahyuni
Khoiriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengembangan soft skill pada santri yang berperan sebagai abdi ndalem di Pondok Pesantren Zuyudul Faroh Jorongan Leces Probolinggo.  Soft skills, yang mencakup kemampuan sosial dan emosional seperti komunikasi efektif, kerja sama tim, kepemimpinan, manajemen waktu, empati, dan etika sosial, semakin dianggap penting dalam dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena secara mendalam dan holistik. Subjek penelitian meliputi tiga kelompok individu yang dianggap memiliki peran penting dalam proses pendidikan, yaitu santri yang berperan sebagai abdi ndalem, pengurus pesantren, ustadz/ustadzah yang terlibat dalam pengembangan soft skill. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan waktu, pengembangan soft skills ini memberikan dampak positif pada perkembangan pribadi santri, meningkatkan rasa percaya diri, keterampilan komunikasi, kepemimpinan, manajerial, dan empati. Pengembangan soft skills juga berkontribusi dalam menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan terintegrasi, menjadikan Pondok Pesantren Zuyudul Faroh sebagai lembaga pendidikan yang relevan dalam membentuk generasi yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan kehidupan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyuni, E. S. ., & Khoiriyah. (2025). PENDIDIKAN SOFT SKILLS SANTRI SEBAGAI ABDI NDALEM DI PONDOK PESANTREN ZUYUDUL FAROH KABUPATEN PROBOLINGGO. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.950
Section
Articles

References

Ahmad, A., Khan, T., Dwivedi, S., & Kausar, F. (2013). Introducing Medical Humanities--Use of Humour for Teaching Ethics. International Journal of User-Driven Healthcare, 3(4), 30–36. https://doi.org/10.4018/ijudh.2013100105

Ariratana, W., Sirisookslip, S., & Ngang, T. K. (2015). Development of Leadership Soft Skills Among Educational Administrators. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 186, 331–336. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.016

Asrol, S., Hesthria, N., & Rizki, O. S. (2023). Role of Pesantren in Improving Sociopreneurs of the Community Around Pesantren in Palembang City. Peradaban Journal of Economic and Business, 2(1), 43–56. https://doi.org/10.59001/pjeb.v2i1.56

Bustanul Arifin, Ali Imron, Achmad Supriyanto, & Imron Arifin. (2022). Pendidikan Karakter berbasis budaya pada Pondok Pesantren Nurul Hakim Kediri Lobar. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 2(4), 73–88. https://doi.org/10.55606/cendikia.v2i4.452

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital: pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

De Freitas, A. P. N., & Almendra, R. A. (2021). SOFT SKILLS IN DESIGN EDUCATION, IDENTIFICATION, CLASSIFICATION AND RELATIONS: PROPOSAL OF A CONCEPT MAP. DS 110: Proceedings of the 23rd International Conference on Engineering and Product Design Education (EPDE 2021). https://doi.org/10.35199/EPDE.2021.11

Dedih, U. (2019). Adolescent Moral Development in Families. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 63–76. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2313

Fauzi, A. (2023). Internalisasi Nilai Khidmah Himpunan Alumni Santri Lirboyo ( HIMASAL ) Provinsi Lampung Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Agama Islam yang telah mengakar dan menjadi budaya khas masyarakat Islam di Indonesia . Setelah masuknya Walisongo ke bum. 2, 263–278.

Gumilang, R., & Nurcholis, A. (2018). PERAN PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 42. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.2113

Haerani, R., Rosdiana, R., Ansor, A. S., Hadiyana, R. W., Asrori, K., Farida, R. D. M., & Irianto, J. (2022). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BAGI SANTRI DARUL FALAH SERANG, BANTEN. MINDA BAHARU, 6(2), 154–162. https://doi.org/10.33373/jmb.v6i2.4557

Hidayat, A., Hanif, A., & Bustamam, R. (2022). Pendidikan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 67. https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i2.7472

Izfanna, D., & Hisyam, N. A. (2012). A comprehensive approach in developing akhlaq. Multicultural Education & Technology Journal, 6(2), 77–86. https://doi.org/10.1108/17504971211236254

Kango, A., Perdana, D. A., & Biya, S. R. (2021). Developing Ethics for “Santri” Empowerment: The Case of the Pesantren al-Falah of Gorontalo, Indonesia. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 5(1), 27–52. https://doi.org/10.14421/jpm.2021.051-02

Laila, N., Dahlia, D., Nadlir, M. A., & Mustofa, A. (2023). DEVELOPING THE ENTREPRENEURIAL SOUL OF SALAFI STUDENTS AT USHULUDDIN ISLAMIC BOARDING SCHOOL. Khidmatan, 1–11. https://doi.org/10.61136/khid.v3i1.51

Lesasunanda, R. A., & Malik, A. (2024). Peningkatan Kualitas Guru Melalui Literasi Digital di MAN 1 Sumbawa Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1904–1915.

Marqomah, M., & Ichsan, A. S. (2023). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Siswa Perspektif Psikologi melalui Pembelajaran Fiqih. Journal of Elementary Educational Research, 3(2), 131–150. https://doi.org/10.30984/jeer.v3i2.676

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102

Muniroch, S. (2023). Santri’s Concern for Ethics and Morals in Indonesian Pesantren Novel: El Shirazy’s Kembara Rindu (pp. 169–176). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-002-2_17

Mustari, M., & Maolani, D. Y. (2018). MANAJEMEN PESANTREN DALAM PEMBANGUNAN DESA. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial, 1(2), 167–192. https://doi.org/10.15575/jt.v1i2.3214

Nanda, H., Putri, S., Putri, D., Ermayda, R., & Palil, M. (2021). Study of Alumni Engagement and its Relationship to University Curriculum Reforming. Proceedings of the 3rd International Conference on Economics, Business and Economic Education Science, ICE-BEES 2020, 22-23 July 2020, Semarang, Indonesia. https://doi.org/10.4108/eai.22-7-2020.2307898

Nurmayani, M. A. (2024). Optimalisasi Kurikulum Meningkatkan Mutu Lulusan (Studi Implementasi Kebijakan Kurikulum di Pesantren). umsu press.

Nuryani, -. (2020). DAMPAK KESULITAN MENYESUAIKAN DIRI PADA SANTRI. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.469

Rahman, F., Mala, F., & Dianta, D. (2022). Analysing the Potential of Pesantren as an Agent of Inter-Religious Harmony. Religió Jurnal Studi Agama-Agama, 12(2), 193–210. https://doi.org/10.15642/religio.v12i2.2044

Samiono, B. E., Puthy, K. A., Anggraeni, Y., & Yesri, H. (2022). Peningkatan Soft Skill Pengembangan Diri di Dunia Kerja Pada Santri Rumah Gemilang Indonesia Sentra Primer. Journal of Research Applications in Community Service, 1(2), 43–50. https://doi.org/10.32665/jarcoms.v1i2.1269

Sharifnia, A. M., Green, H., Fernandez, R., & Alananzeh, I. (2024). Empathy and ethical sensitivity among intensive and critical care nurses: A path analysis. Nursing Ethics, 31(2–3), 227–242. https://doi.org/10.1177/09697330231167543

Siddiq, I. H. Al, & Saputra, M. (2019). Kyai-Santri Relations in the Election of the Governor of East Java 2018 in Foucault And Habermas Perspective. Proceedings of the 1st International Conference on Social Knowledge Sciences and Education (ICSKSE 2018). https://doi.org/10.2991/icskse-18.2019.30

Sunubi, A. H., & Bachtiar, B. (2022). Blended Learning Method in Enhancing Students’ Critical Thinking Skills: Challenges and Opportunities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(4), 6817–6824. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2163

Syafe’i, I. (2017). PONDOK PESANTREN: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097

Syamsudin, R. N., Sukardi, S., & Shiyu, H. (2018). Vocational High School Teachers’ Efforts in Equipping Graduates with Soft Skills Based on Work Demands. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(2), 303–309. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i2.19956

Syihabuddin, M., Manggala, K., Wafi, H. A., & Maulana, A. H. (2023). Interpreting the Concept of Ngalap Berkah as Pesantren Tradition in the Perspective of Santri. Santri: Journal of Pesantren and Fiqh Sosial, 4(2), 117–130. https://doi.org/10.35878/santri.v4i2.957

Syukur, T. A. (2024). Strategi Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Islam. PENERBIT KBM INDONESIA.

van Dijke, J., van Nistelrooij, I., Bos, P., & Duyndam, J. (2019). Care ethics: An ethics of empathy? Nursing Ethics, 26(5), 1282–1291. https://doi.org/10.1177/0969733018761172

Yasin, M., & Khasbulloh, M. N. (2022). Constructing Ethical Critical Thinking at Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 127–144. https://doi.org/10.15575/jpi.v8i2.19028

Yolandini, B., Suabuana, C., Muhammad, I., & Triansyah, F. A. (2023). Analysis Bibliometric: Character Education Research in Elementary Schools on One Decades. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 5485–5492. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2582