Menumbuhkan Budaya Literasi Tulis Santri di Pesantren Nurunnubuwah NW Repuk Buwuh
DOI:
https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i2.1304Keywords:
Written Literacy, Santri, PesantrenAbstract
Program pengabdian ini bertujuan menumbuhkan budaya literasi tulis di kalangan santri Pesantren Nurunnubuwah NW Repuk Buwuh. Selama ini, kegiatan literasi di pesantren lebih menekankan pada tradisi membaca kitab dibandingkan menulis, sehingga kemampuan santri dalam mengungkapkan gagasan secara tertulis masih terbatas. Padahal, keterampilan menulis penting sebagai sarana dakwah, kekuatan akademik, dan ekspresi diri. Metode yang digunakan adalah pendekatan Partisipatiori Action Research (PAR) melalui beberapa tahapan, yakni identifikasi kebutuhan, pelatihan menulis, pendampingan, produksi karya, serta evaluasi. Kegiatan inti dilaksanakan pada Senin, 8 September 2025 dengan bentuk workshop menulis kreatif, esai reflektif, dan artikel populer yang diikuti oleh 65 santri. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis dan motivasi santri. Terbentuknya Kelompok Menulis Santri menjadi indikator awal berkembangnya ekosistem literasi tulis di pesantren. Dengan demikian, program ini menunjukkan bahwa literasi tulis dapat tumbuh melalui kegiatan yang terarah, kontekstual, dan berkelanjutan.
Downloads
References
Astuti, S. (2021). Strategi peningkatan literasi digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 3 Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).
Aswita, D., Nurmawati, M. P., Salamia, M. S., Sarah, S., Si, S. P., Saputra, S., ... & Ismail, N. M. (2022). Pendidikan literasi: Memenuhi kecakapan abad 21. Penerbit K-Media.
Belina, L., Ifnaldi, I., & Misriani, A. (2023). Pemberdayaan Mading Dalam Keterampilan Menulis Pantun Untuk Mewujudkan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Sdn 18 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Curup).
Kalijaga, I. K. U. S. (2019). Kreativitas Menulis Santri Di Pesantren (Studi Literasi Di Pesantren Annuqayah).
Ni'am, M. A. (2023). Implementasi budaya literasi santri di madrasah diniyyah Al-Asna pondok pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung Keling Kepung Kediri (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Tribakti).
Sangid, H. A., & Muhdi, A. (2020). Budaya Literasi di Pesantren: Belajar dari Santri Nurul Ummah Kotagede Jogja. Pustaka Ilmu.
Satria, R. (2019). Tradisi Intelektual Pesantren; Mempertahankan Tradisi ditengah Modernitas. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 7(2), 177-194.
Sunardi, S. (2019). Pendidikan Era Global “Globalisasi Pendidikan atau Pendidikan Islam Berwawasan Global”. At-Tadbir, 3(1), 370693.
Sunardi, S. (2020). Global Era Education" Globalization of Global Education or Islamic Education". Journal of Islamic and Social Studies (JISS), 1(1), 59-74.
Sunardi, & Halimatuzzahrah. (2025). PERAN PONDOK PESANTREN DARUL KAMAL NAHDLATUL WATHAN DALAM MENDORONG PEMBANGUNAN PENDIDIKAN ISLAM DI PEDESAAN. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 8(1), 59-74. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v8i1.18873
Sunardi, S., Utama, W. K., & Munir, M. (2024). Strategi Mutu Pesantren dan Tantangan Dekadensi Moral di Tengah Geliat Artificial Intelligence. Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 4(2), 102–110. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.694
Wekke, I. S. (2022). Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Penerbit Adab.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Saharudin Saharudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


