Pendampingan Pembelajaran Hijaiyah Dengan Metode Wafa di TPQ Baitul Makmur dan TPQ Baiturrahim

Authors

  • Fizian Yahya STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Saharudin Saharudin IAI Hamzanwadi NW Lombok Timur
  • Dzul Himmatus Syarifah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Baiq Arihni Rohiatul Jannah STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Suriati Suriati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Zahiratun Nabila STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Saniarti Saniarti STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i1.713

Keywords:

Hijaiyah, Metode, Pendampingan, Wafa

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan santri dan santriwati di TPQ Baitul Makmur dan TPQ Baiturrahim dalam mengenal dan melafadzkan huruf hijaiyah dengan tepat melalui metode wafa. Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research dengan metode pelaksanaan meliputi observasi, pendampingan, demonstrasi. Peserta PKM berjumlah 70 orang santri dan santriwati. Evaluasi dilaksanakan setelah pembelajaran berlangsung melalui tes lisan, dengan menyuruh santri dan santriwati membaca huruf-huruf hijaiyah yang ada di Iqro’ untuk dinilai secara langsung kemampuan makhrajil hurufnya. Evaluasi dilaksanakan sebelum dan setelah kegiatan PKM dilaksanakan. Analisis data dilakukan dengan kantitatif deskriptif. Setelah dilksanakan kegiatan PKM terdapat peningkatan kemampuan santri dan santriwati dalam mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Faqih, Luthika Tsalitsa (2022) Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah melalui metode Wafa dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

M. Amir Hamzah, M. Amir Hamzah, Saifulah, & Muhammada. (2020). Pendampingan Implementasi Metode Menghafal Huruf Hijaiyah dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunanetra di SDLB Negeri Purworejo Pasuruan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–17. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/115

Muhammad Shaleh Drehem. 2021. Wafa Belajar al-Qur’an dengan Metode Otak Kanan. YAQIN: Surabaya

Nur Kholidah Nasution. Penerapan Metode Wafa Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. 2023. Abna: Journal Pf Islamic Early Chilhood Education.

Siti Aisyah, Hadma Yuliani, & Luvia Ranggi Nastiti. (2024). Pendampingan Pengenalan Penulisan Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Di TPA Nurul Ihsan Kalampangan. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 01–10. https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.774

Sunardi, S., Setiani, E., Wati, S., & Utama, W. K. (2024). Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Usia Anak di Desa Kembang Kerang Daya. MAYARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 141–148. https://doi.org/10.71382/mayara.jurn.peng.masy.v2i3.199

Syafirin, Muhammad dkk, (2021), Program Tahsin Al-Tilawah/Al-Qira’ah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak-Anak di TPQ Maqomal Mahmud NW, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1(1). https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.197

Tim Wafa, Wafa Belajar Al-Qur’an Metode Otak Kanan Ghorib Musykilat .(Surabaya: Yayasan Syafaatul Qur’an Indonesia). 41

Trikalismi. N. Pulu, Muzakki, & Saudah. (2024). Pendampingan Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Bermain Kolase Di RA Al-Hijrah Desa Hampalit. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(4), 222-227. https://doi.org/10.59837/gceeck70

Uswah Hasanah, dkk. (2020). PKM Pembinaan Taman Baca Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Tahsin Tilawah Di Kelurahan Sari Rejo Medan Polonia. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 101-111. https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5155.g4492

Zulkarnaen, Z., Nurul Habib, M., Rozi, M., Supaedi, S., Izzi, H., Riantini, R., Alfiani, R., Sriwati, S., Susilayanti, S., & Sunardi, S. (2022). BIMBINGAN DINIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DIDUSUN KELING DESAKALIJAGA TENGAH. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1),58-65. https://doi.org/10.51700/empowerment.v2i1.331

Published

2025-04-30

How to Cite

Yahya, Fizian, Saharudin Saharudin, Dzul Himmatus Syarifah, Baiq Arihni Rohiatul Jannah, Suriati Suriati, Zahiratun Nabila, and Saniarti Saniarti. “Pendampingan Pembelajaran Hijaiyah Dengan Metode Wafa Di TPQ Baitul Makmur Dan TPQ Baiturrahim”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 1 (April 30, 2025): 1-9. Accessed December 8, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/713.

Issue

Section

Articles