Pendampingan Pembelajaran Hijaiyah Dengan Metode Wafa di TPQ Baitul Makmur dan TPQ Baiturrahim
DOI:
https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i1.713Keywords:
Hijaiyah, Metode, Pendampingan, WafaAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan santri dan santriwati di TPQ Baitul Makmur dan TPQ Baiturrahim dalam mengenal dan melafadzkan huruf hijaiyah dengan tepat melalui metode wafa. Pendekatan yang digunakan adalah Participatory Action Research dengan metode pelaksanaan meliputi observasi, pendampingan, demonstrasi. Peserta PKM berjumlah 70 orang santri dan santriwati. Evaluasi dilaksanakan setelah pembelajaran berlangsung melalui tes lisan, dengan menyuruh santri dan santriwati membaca huruf-huruf hijaiyah yang ada di Iqro’ untuk dinilai secara langsung kemampuan makhrajil hurufnya. Evaluasi dilaksanakan sebelum dan setelah kegiatan PKM dilaksanakan. Analisis data dilakukan dengan kantitatif deskriptif. Setelah dilksanakan kegiatan PKM terdapat peningkatan kemampuan santri dan santriwati dalam mengenal dan melafalkan huruf hijaiyah
Downloads
References
Faqih, Luthika Tsalitsa (2022) Upaya meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyah melalui metode Wafa dalam pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
M. Amir Hamzah, M. Amir Hamzah, Saifulah, & Muhammada. (2020). Pendampingan Implementasi Metode Menghafal Huruf Hijaiyah dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunanetra di SDLB Negeri Purworejo Pasuruan. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–17. https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/Khidmat/article/view/115
Muhammad Shaleh Drehem. 2021. Wafa Belajar al-Qur’an dengan Metode Otak Kanan. YAQIN: Surabaya
Nur Kholidah Nasution. Penerapan Metode Wafa Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. 2023. Abna: Journal Pf Islamic Early Chilhood Education.
Siti Aisyah, Hadma Yuliani, & Luvia Ranggi Nastiti. (2024). Pendampingan Pengenalan Penulisan Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Di TPA Nurul Ihsan Kalampangan. Pandawa : Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(3), 01–10. https://doi.org/10.61132/pandawa.v2i3.774
Sunardi, S., Setiani, E., Wati, S., & Utama, W. K. (2024). Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Usia Anak di Desa Kembang Kerang Daya. MAYARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 141–148. https://doi.org/10.71382/mayara.jurn.peng.masy.v2i3.199
Syafirin, Muhammad dkk, (2021), Program Tahsin Al-Tilawah/Al-Qira’ah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak-Anak di TPQ Maqomal Mahmud NW, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang, 1(1). https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i01.197
Tim Wafa, Wafa Belajar Al-Qur’an Metode Otak Kanan Ghorib Musykilat .(Surabaya: Yayasan Syafaatul Qur’an Indonesia). 41
Trikalismi. N. Pulu, Muzakki, & Saudah. (2024). Pendampingan Pengenalan Huruf Hijaiyah Dengan Bermain Kolase Di RA Al-Hijrah Desa Hampalit. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(4), 222-227. https://doi.org/10.59837/gceeck70
Uswah Hasanah, dkk. (2020). PKM Pembinaan Taman Baca Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Tahsin Tilawah Di Kelurahan Sari Rejo Medan Polonia. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 101-111. https://doi.org/10.30596/ihsan.v2i1.5155.g4492
Zulkarnaen, Z., Nurul Habib, M., Rozi, M., Supaedi, S., Izzi, H., Riantini, R., Alfiani, R., Sriwati, S., Susilayanti, S., & Sunardi, S. (2022). BIMBINGAN DINIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DIDUSUN KELING DESAKALIJAGA TENGAH. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1),58-65. https://doi.org/10.51700/empowerment.v2i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fizian Yahya, Saharudin Saharudin, Dzul Himmatus Syarifah, Baiq Arihni Rohiatul Jannah, Suriati Suriati, Zahiratun Nabila, Saniarti Saniarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


