Main Article Content

Eva Zulfa
Halimatuzzahrah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip Total Quality Management dalam lembaga pendidikan Islam dan dampaknya terhadap peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan mengkaji berbagai literatur terkait Total Quality Management, manajemen pendidikan, dan implementasinya dalam konteks pendidikan Islam. Latar belakang penelitian ini berangkat dari tantangan yang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tengah berbagai keterbatasan, baik dalam hal sumber daya manusia, fasilitas, maupun manajerial. Penelitian ini membahas lima prinsip utama Total Quality Management, yaitu pendekatan berbasis proses, perbaikan berkelanjutan, partisipasi total, kepemimpinan yang kuat, dan fokus pada pelanggan, serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diintegrasikan dalam pengelolaan lembaga pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip Total Quality Management dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pengajaran, administrasi, serta fasilitas pendidikan, meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti resistensi terhadap perubahan dan keterbatasan sumber daya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zulfa, E. ., & Halimatuzzahrah. (2025). PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 21-31. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.841
Section
Articles

References

Adillah, Z. (2019). Tqm Dalam Pendidikan. Jurnal Program Studi PGMI, 5(September 2018).

Dzul Qo’dah, N. A. (2022). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DAN CITRA MADRASAH DI MTS MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i2.1116

Eferi, A. (2016). Internal dan Eksternal Dalam Penerapan Total Quality Management ( TQM ) di Lembaga Pendidikan Islam. Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education Vol., I(1).

Firdausi, L., Akhyak, A., & Efendi, N. (2023). Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan dengan Prinsip-Prinsip Crosby: Penerapan untuk Keunggulan Pendidikan. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(1).

Ginting, R., & Haryati, T. (2012). Kepemimpinan dan Konteks Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmiah CIVIS, II(2).

Hadijaya, Y., Fahada, N., Iman, M., Irwansyah, I., & Nasution, R. H. (2024). PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1). https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.700

Hermanto, M. (2019). Al-Muaddib :Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DALAM PENDIDIKAN ISLAM. | Issn Cetak, 4(2).

Ismail, F. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.591

Manajemen Pendidikan Islam, J., Baihaqi, A., & Yasin, M. (2024). KONSEP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN IMPLEMENTASI KONTEKS PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(01), 1–12. https://doi.org/10.57146/alwildan.v2i1.2033

Mubarak, M. Z., Fuad, S., & Kholid, N. (2023). Implementasi Total Quality Management Perspektif Hensler dan Brunell di Pondok Pesantren Salafiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3690

Nurhayati, A., & Kasidi, K. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Manajemen Mutu Sekolah di SMP Multazam Semarang Berbasis Pesantren. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(1). https://doi.org/10.31331/jeee.v2i1.1684

Oktarina, N. (n.d.). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Rohman, Z. dan M. I. K. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Total Quality Management (Tqm) Di Mtsn 5 Kediri. E-Theses IAIN Kediri.

Sadiran. (2018). Implementasi Kepemimpinan Manajemen Mutu Terpadu Di SMA Muhammadiyah 2 Ngawi. Al-Mabsut Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 12(2).

Safitri, D. A. (2023). Implementasi Unsur-Unsur Tqm (Total Quality Management) Di Ma Pembangunan Uin Jakarta. Skripsi, UIN Jakarta.

Setiawan, I., Zohriah, A., Uin, ), & Banten, H. (n.d.). IMPLEMENTATION OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) AT MADRASAH.

Syarif, S., Suaeb, S., & Akhyar, A. (2023). Kebijakan Pengembangan Mutu Pendidikan Islam dalam Perpektif Manajemen dan Sumber Daya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 7(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4419

YUNUS, A. A. (2020). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA MADRASAH IBTIDAIYAH KI AJI TUNGGAL KARANGAJI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJRAN 2019/2020. Thesis UNISNU Jepara.