Main Article Content

Muhammad Deni Andria
Hemawati
Rahmi Utami

Abstract

Belajar merupakan proses dimana penambahan pemahamana dari yang tidak tahu menjadi tahu. Dalam belajar, pengetahuan seseorang akan meningkat seiring proses pembelajarannya. Berpikir kritis juga terdapat dalam proses belajar, hal ini di karenakan apabila peserta didik dapat berpikir secara kritis, maka dapat memahami dan menyelesaiakan berbagai masalah yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep tauhid kepada peserta didik di MAS Al-Maksum Stabat. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan mewawancarai beberapa guru dan peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta Al-Maksum Stabat. Sasaran dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dan juga beberapa peserta didik kelas XII. Hasil-hasil yang di peroleh pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkataknan keterampilan pemecahan masalah dan mampu membuat peserta didik berpikir kritis mengenai konsep tauhid para peserta didik. Para peserta didik antusias mengikuti pembelajaran dan menyambut penerapan model pembelajaran ini dengan sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Deni Andria, M., Hemawati, & Utami, R. . (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Tauhid kepada Peserta Didik di MAS Al-Maksum Stabat. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 100-111. https://doi.org/10.51700/attadbir.v4i2.869
Section
Research Articles

References

Fathurrohman. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Metakognitif Siswa. Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 278–288.

Hakim, A. (2020). Perencanaan Sistem Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Indonesia. Scholastica: Jural Pendidikan Dan Kebudayaan, 2 (2)(November), 155–167.

Hasbi, M. (2022). Konsep Tauhid sebagai Solusi Problematika Pendidikan Agama bagi Siswa Madrasah. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 14(02), 3.

Jaya, F. (2019). Buku Perencanaan Pembelajaran-full.pdf. In 2019 (p. 152).

Jumanti, E. (2016). Strategi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Anak di MTSN 2 Tanjung Jabung Timur. Pendidikan, 4(1), 1–23. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v5i1.645

Khairudin, A. (2022). Kepemimpinan Pendidikan Islam (A. Tanjung, Ed.; I, p. 138). Umsu Press.

Muhammad Arsad Nasution, D. M. H. &. (2021). Pelaksanaan Aqiqah Ditinjau Dari Fiqih Syafi’iyah. Jurnal El-Thawalib, 2(2), 1–13. https://doi.org/10.24952/el-thawalib.v2i2.3482

Mutallib, A. (2014). Implementasi Pembelajaran Berbasis masalah untuk Meningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.51

Najari, M., Herisiswan, H., & Putra, W. S. (2023). PENGUATAN PERAN SERTA KELUARGA DAN MASYARAKAT TENTANG PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA DI DESA KWALA BEGUMIT KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT PROVINSI SUMATERA UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9281–9285. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20417

Nasrulloh, M. E. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam PAI Sebagai Upaya Mencegah Perkelahian Siswa. Andragogi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.33474/ja.v2i1.4856

Putra, W. S., & Wanda, K. (2023). PENERAPAN PEMBELAJARAN MEDIA PUZZLE MAKER BERBASIS ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 986–992. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20656

Redhana, I. W. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk. 46(June).

Rokhmawati, Mahmawati, D., & Yuswandari, K. D. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Meningkatkan Mutu Pendidik). Joedu: Journal of Basic Education, 02(01), 4.

Santosa, J. (2019). Pendidikan Agama Islam. In Banjarbaru: Grafika Wangi Kalimantan (Vol. 2, Issue 1705045066).

Saputra, H. (2023). Pemelajaran Berbasis Masalah (Prolem Based Learning). Jurnal Pendidikan, April, 262.

Siregar, M. S., Usman, N., & Niswanto, N. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Literature Review Manajemen Pendidikan). Jurnal Pendidikan West Science, 1(11), 701–712. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i11.762

Supriono, I. A., & Rusdiani, A. (2019). Implementasi Kegiatan Menghafal Al-Qur’an Siswa Di Lptq Kabupaten Siak. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 54–64. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5281

Syaifullah, Kamalludin, & Triwoelandari, R. (2021). Efektivitas Dakwah Dalam Meningkatkan Pemahaman Tauhid. Rayah Al-Islam, 5(02), 388–402. https://doi.org/10.37274/rais.v5i02.470

Syarif, I., & Syaparuddin, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Iv. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 48–60. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.40

Syarifah, Saepul Anwar, Heru Saiful Anwar, Alwi Yusron, D. (2022). Implementasi Sistem Pendidikan Tauhid Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPIT Bias Yogyakarta. Sustainable, 5(2), 457–465.