PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Karakter sering disamaankan dengan ahlak, yaitu cara berpikir atau Prilaku seseorang sebagai ciri khas dalam diri pribadi. Dengan karakter orang akan menampakan keaslian seseorang. Peran orang tua sangat penting sekali dalam hal pendidikan, karena orang tua merupakan guru sekaligus contoh bagi anak-anak. Tiga hal yang perlu ditanamkan kepada peserta didik yaitu pengetahuan moral, perasaan moral, dan perilaku moral. Jika ketiga hal tersebut tertanam dalam diri peserta didik maka akan terbentuk karakter baik. karakter yang baik terdiri dari mengetahui hal yang baik, menginginkan hal yang baik, dan melakukan hal yang baik, kebiasaan dalam cara berpikir, kebiasaan dalam hati, dan kebiasaan dalam tindakan. Adapun dalam lingkungan pendidikan formal (sekolah) Ada beberapa hal yang menjadi penyebab penyimpangan karakter, Metode pembelajaran menitik beratkan kepada nilai-nilai kognitif, sedangkan nilai-nilai afektif diabaikan, menghafal lebih diutamakan dibandingkan memahami serbuan budaya asing yang begitu dahsyat sehingga mampu menghancurkan benteng moral dan agama para generasi kita sehingga perlu ada pengontrolan kepada budaya asing yang masuk dilingkungan peserta didik.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
chairiyah. (2014). Pendidikan karakter dalam Dunia Pendidikan. LITERASI, IV(1), 42-51.
Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Kualitatif : Rekonstruksi Pemikiran Dasar Natural Research. Malang: Literasi Nusantara.
Jalil, A. (2012). Karakter Pendidikan Untuk Membentuk Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, VI(2), 176-192.
Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Koesoema, A. D. (2007). Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: PT Grasindo.
Lickona, T. (1995). Educating For Character. New York: A Bantam Books.
Munir, M., & Mahmudi, A. (2018, November 22). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri sekolah menengah pertama dengan pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, V(2), 147-158.
Munir, M., & Sholehah, H. (2021). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Covid-19. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, V(2), 71-76.
Sjarkawi. (2006). Pembentukan Kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.
Most read articles by the same author(s)
- Muhammad Munir, Hijriati Sholehah, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA PADA MATERI GEOMETRI , ALIFBATA: Journal of Basic Education : Vol. 1 No. 2 (2021): Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
- Muhammad Munir, Hijriati Sholehah, PENGARUH PROFESIONALITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS IV MI NW KARANG BARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021 , ALIFBATA: Journal of Basic Education : Vol. 1 No. 1 (2021): Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
- Muhammad Alwan, Husairi Husairi, Muhammad Munir, Strategi Penguatan Moderasi Beragama Pada Sekolah Dasar , ALIFBATA: Journal of Basic Education : Vol. 4 No. 1 (2024): ALIFBATA 2024