Main Article Content

Muhammad Munir
Hijriati Sholehah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui guru yang ada di MI NW Karang Baru dalam melaksanakan tugasnya dan menjalankan profesionalitasnya dalam proses belajar mengajar, (2) untuk memperoleh gambaran tentang prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui terdapat pengeruh profesionalitas guru dalam proses belajar mengajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa di MI NW Karang Baru.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif, adapun instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif dan teknik analisis infrensial untuk menguji normalitas data, uji regresi linier sederhana, uji korelasi product moment dan determinasi


Hasil penelitian dari profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa di MI NW Karang Baru. Pada perhitungan statistic korelasi product moment diperoleh rhitung =  0,927 sedangkan Harga rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,423. Setelah dikorelasikan  rhitung dan rtabel maka rhitung lebih besar dari pada rtabel = 0,927 > 0,423. Demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa, berdasarkan perhitungan didapat tingkat keslahan a =0,05;db=n-2 = 22-2 =20 sehingga didapat Ftabel  = 4,35 ternyata   Fhitung > Ftabel atau 18,83 > 4,35. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh profesionalitas guru terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI NW Karang Baru

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Munir, M. ., & Sholehah, H. (2021). PENGARUH PROFESIONALITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KELAS IV MI NW KARANG BARU TAHUN PELAJARAN 2020/2021. ALIFBATA: Journal of Basic Education, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.84
Section
Research Articles (Peer Review)