PENERAPAN MIND MAPPING SEBAGAI MEDIA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VII MTS MANBAUL BAYAN SAKRA
Main Article Content
Abstract
Latar belakang masalah berorientasi pada penggunaan media pembelajaran yang menggunakan media berbasis komputer. Padahal tidak semua daerah di Indonesia sudah mempunyai sarana dan prasarana yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran berbasis media komputer sehingga pembelajaran terbatasi oleh adanya sarana dan prasarana tersebut. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan Mind Mapping sebagai media dapat meningkatkan kemampuan belajar IPS pada siswa kelas VII Manbaul Bayan Sakra. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan media, 2) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa, 3) untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Penelitian dilakukan melalui tiga siklus, dimana masing-masing siklus melakukan tindakan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII Mts Manbaul Bayan Sakra yang berjumlah 15 siswa. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes penilaian posttest, dengan lembar observasi aktivitas siswa sebagai pendukung. Analisis data hasil belajar siswa setelah tindakan siklus I dapat diketahui bahwa nilai rata-rata 53,57 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 25%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata 72,31 dengan ketuntasan belajar klasikal 76,92%, Hasil analisis aktivitas siswa pada tindakan siklus I diperoleh hasil 60% dengan kriteria cukup. Aktivitas siswa pada siklus II mencapai 73,33% dengan kriteria baik. Dari analisis data penelitian dengan judul Penerapan Mind Mapping sebagai Media dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar IPS pada Siswa Kelas VII Mts Manbaul Bayan Sakra dapat meningkatkan kemampuan belajar serta aktivitas siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru memanfaatkan media Mind Mapping dalam pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman siswa serta meningkatkan kemampuan belajar siswa.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map: The Ultimate Book of Mind Maps. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Rosidah, Ummu. 2009. Penerapan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tamansatriyan 2 Tirtoyudo Kabupaten Malang. Universitas Negeri Malang.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Tu’u,Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Rineka Cipta.
Wahab, Abdul Azis. 2008. Konsep Dasar LPS. Jakarta: Universitas Terbuka