Main Article Content

Mashun
Fizian Yahya

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu wadah untuk mengaktualisasikan pola kepemimpinan. Perubahan pondok pesantren sangat ditentukan oleh pemimpinnya atau Kyainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kepemimbinan berbasis struktural dan kepemimpinan modern berbasis nilai-nilai islam. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis. Penelitian ini menggunakan subyek pondok pesantren Cendekia Darul Lutfiyah Murni NW Aikmel yang mengelola pendidikan dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berbasis struktural dimulai dari Mudir atau Kyai, wakil mudir, seketaris Mudir, dan pengurus harian. Kedua kepemimpinan modern berbasis nilai-nilai agama yang diterapkan adalah kepemimpinan demokratis dengan prinsip musyawarah, kepemimpinan transformasional dengan perinsip keadilan dan pembinaan, kepemimpinan partisipatif dengan prinsip persaudaraan, kepemimpinan adaptif dengan prinsip mengikuti perkembangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mashun, M., & Yahya, F. (2025). KEPEMIMPINAN ISLAM MODERN DI PONDOK PESANTREN CENDEKIA DARUL LUTFIAH MURNI NW AIKMEL. At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 166-173. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i2.1251
Section
Articles

References

Aziz, A. (2021). Pendidikan Pesantren dan Tantangan Modernitas. Jakarta: Prenadamedia Group.

Akhmad, F. (2021). “Model Kepemimpinan Profetik Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 45-60.

Azra, A. (2004). Jaringan ulama: Timur Tengah dan kepulauan Nusantara abad XVII & XVIII. Kencana

Geertz, C. (1960). The Religion of Java. Chicago: University of Chicago Press.

Kuntowijoyo. (1999). Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.

Maimunah, U. (2024). “Religiusitas Kontekstual dalam Pesantren: Perspektif Gender dan Budaya.” Jurnal Islam dan Budaya, 9(1), 88–102.

Mulyasa, E. (2018). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zamroni, A. (2022). “Revitalisasi Kearifan Lokal dalam Manajemen Pesantren Modern.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(1), 55–69.

Departemen Agama RI. (1975). Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Balitbang Depag RI.

BPS NTB. (2022). Statistik Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat 2022. Mataram: BPS NTB.

Dinas Pendidikan Lombok Timur. (2023). Laporan Tahunan Kinerja Madrasah dan Pesantren. Selong: Disdik Lotim.

Hidayat, R., & Sari, M. (2022). Transformasi Kepemimpinan Pesantren di Era Digital. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), 45–58. https://doi.org/10.24042/jmpi.v10i1.12345

Setiawan, A. (2023). Kepemimpinan Transformasional dalam Organisasi Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kepemimpinan dan Pendidikan, 5(2), 67–80. https://doi.org/10.21093/jkpi.v5i2.98765

Ridwan, R. (2022). Pola Pembinaan Karir Guru Pondok Pesantren Cendekia Darul Lutviyah Murni Nw Aikmel Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Mandala Education, : 27 April 2022.

Rodiatul Hasanah. (2025) Kepemimpinan Kyai Di Pesantren: Strategi Menanamkan Nilai Keagamaan Di Tengah Arus Modernisasi. Ihtirom Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 4 No. 1 Edisi April 2025

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mufid, A. (2023). “Tipelogi Kepemimpinan Pesantren Dalam Menghadapi Tantangan Modernisasi”. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2) 120-134.