Isi Artikel Utama

Yasin Syafii Azami
Abid Nurhuda
Muhamad Kusmanudin
Salsabila Syifa
Nur Muhammad Lathif

Abstrak

Pendidikan yang dikembangkan di Indonesia bertujuan menjadikan warga belajar (peserta didik) memiliki empat karakter pokok, yaitu selaku manusia beragama, manusia individu, manusia sosial, dan selaku warga negara. Dewasa ini permasalahan sosial yang sangat serius terjadi di sekitar kita adalah rusaknya tatanan nilai-nilai moral atau akhlak mulia (dekadensi moral). Madrasah Diniyah Al-Hidayah merupakan satu dari tiga komponen utama pendidikan (tri pusat pendidikan) yakni masyarakat, yang bergerak di bidang keagamaan yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk masyarakat (swadaya masyarakat) yang mana memiliki concern terhadap pentingnya pendidikan karakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kanoman Karangnongko Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, dilakukan triangulasi data baik secara metode maupun sumber lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi penguatan pendidikan karakter di Madrasah Diniyah Al-Hidayah mencakup Perencanaan pembelajaran yang yang mana mengacu pada Dasar Filosofis hingga Dasar Empiris. Kemudian pelaksanaan proses yang mana dimanifestasikan melalui pendekatan berbasis kelas, pendekatan berbasis budaya madrasah diniyah, dan pendekatan berbasis masyarakat. Terakhir adalah pembiasaan yang mana mencakup aspek Ibadah, perilaku (karakter), dan keteladanan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azami, Y. S., Nurhuda, A., Kusmanudin, M., Syifa, S., & Lathif, N. M. (2024). IMPLEMENTATION OF STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION AT MADRASAH DINIYAH AL-HIDAYAH KARANGNONGKO KLATEN, CENTRAL JAVA . Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 53–65. https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i1.626
Bagian
Article (Peer-reviewed)