IMPLEMENTATION OF STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION AT MADRASAH DINIYAH AL-HIDAYAH KARANGNONGKO KLATEN, CENTRAL JAVA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan yang dikembangkan di Indonesia bertujuan menjadikan warga belajar (peserta didik) memiliki empat karakter pokok, yaitu selaku manusia beragama, manusia individu, manusia sosial, dan selaku warga negara. Dewasa ini permasalahan sosial yang sangat serius terjadi di sekitar kita adalah rusaknya tatanan nilai-nilai moral atau akhlak mulia (dekadensi moral). Madrasah Diniyah Al-Hidayah merupakan satu dari tiga komponen utama pendidikan (tri pusat pendidikan) yakni masyarakat, yang bergerak di bidang keagamaan yang diselenggarakan oleh masyarakat untuk masyarakat (swadaya masyarakat) yang mana memiliki concern terhadap pentingnya pendidikan karakter. Maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait implementasi Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kanoman Karangnongko Klaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu, dilakukan triangulasi data baik secara metode maupun sumber lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi penguatan pendidikan karakter di Madrasah Diniyah Al-Hidayah mencakup Perencanaan pembelajaran yang yang mana mengacu pada Dasar Filosofis hingga Dasar Empiris. Kemudian pelaksanaan proses yang mana dimanifestasikan melalui pendekatan berbasis kelas, pendekatan berbasis budaya madrasah diniyah, dan pendekatan berbasis masyarakat. Terakhir adalah pembiasaan yang mana mencakup aspek Ibadah, perilaku (karakter), dan keteladanan
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Ainscow, M. (2020). Promoting inclusion and equity in education: lessons from international experiences. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 6(1), 7–16. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1729587
Amrona, Y. L., Anggraheni, U. S., Nurhuda, A., Fajri, M. Al, & Aziz, T. (2023). HUMAN NATURE IN THE PERSPECTIVE OF ISLAMIC PHILOSOPHY. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 17(2), 204–216. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v17i2.204-216
Azami, Y. S., Nurhuda, A., Aziz, T., & Al Fajri, M. (2023). ISLAMIC EDUCATION ENVIRONMENT IN THE PERSPECTIVE OF HADITH AND ITS IMPLICATIONS FOR STUDENT DEVELOPMENT. FORUM PAEDAGOGIK, 14(2), 150–170. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/paedagogik.v14i2.8543
Azami, Y. S., Nurhuda, A., & Murjazin, M. (2023). Terminologically of Tasawuf : An Introduction. Advances in Humanities and Contemporary Studies, 4(2), 160–166. https://penerbit.uthm.edu.my/periodicals/index.php/ahcs/article/view/13666
Elpina, D., & et al. (2021). Analysis of education management policies in the standard field of facilities and infrastructure in Indonesian elementary schools. European Journal of Education Studies, 8(6), 156–165. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46827/ejes.v8i6.3812
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
J. Moelong, L. (2007). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. PT REMAJA ROSDAKARYA.
Kurniawan, R. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Terintegrasi Di Perguruan Tinggi Agama Islam. Journal Of Islamic Education Research, 2(2), 201.
Laksana, S. D. (2016). Urgensi pendidikan karakter bangsa di sekolah. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 167–184.
Marishane, R. N. (2013). Management of School Infrastructure in the Context of a No-Fee Schools Policy in Rural South African Schools: Lessons from the Field. International Journal of Education Policy and Leadership, 8(5), 1–13. https://eric.ed.gov/?id=EJ1016289
Mohammad, M. (2017). Nilai Karakter: Refleksi Untuk Pendidikan. Rajawali Pers.
Nashir, H. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya. Multi Presindo.
Ni’am, S., Nurhuda, A., & Nur’Aini, K. N. (2023). Sufism in the Perspective of Abdul Qadir Al-Jailani. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 14(02), 80–87. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/falasifa.v14i02.1452
Nurhuda, A. (2023). PROPHETIC MISSION AND ISLAMIC EDUCATION IN SURAH SABA’: 28 AND AL-ANBIYA’: 107. JURNAL HURRIAH: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 4(1), 108–116. https://doi.org/https://doi.org/10.5806/jh.v4i1.108
Nurhuda, A., Ansori, I. H., & Aziz, T. (2023). The Role of Social Media for PAI Teachers in The Student Learning Process at School: an Introduction to Education. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 127–134. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/educative.v1i3.191
Nurhuda, A., & Azizah, A. N. (2022). Pelaksanaan KKN Pasca Pandemi di Desa Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pendidikan Vokasi Raflesia, 2(2), 37–43. https://doi.org/10.53494/jpvr.v2i2.155
Nurhuda, A., Engku Ab Rahman, E. S., & Anshori, I. H. (2023). The Role of the Pancasila Student Profile in Building the Civilization of the Indonesian Nation. Journal of Learning and Educational Policy (JLEP) ISSN: 2799-1121, 3(03), 5–11.
Nurhuda, A., Fajri, M. Al, & Ab, T. E. S. bin E. (2023). The Concept of Facilities and Infrastructure Management in Schools: A Literature Review. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(3), 248–260. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i3.19655
Rachmadyanti, P. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, 3(1), 204. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2140
Sari, D. P. (2017). Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran. Islamic Conseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam IAIN Curup, 1(1), 3–5.
Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). Peran pendidikan karakter di masa remaja sebagai pencegahan kenakalan remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 176–187.
Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214
Soebahar, A. H. (2013). Kebijakan Pendidikan Islam Dari Ordonansi Guru Sampai UU Sisdiknas. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. ALFABETA.
Suryana, Y., & Rusdiana. (2015). Pendidikan Multikultural : Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa. Pustaka Setia.
Susanti, L., Khoiron, M. F. Al, Nurhuda, A., & Fajri, M. Al. (2023). The Reality of Tarbiyah, Ta’lim, and Ta’dib in Islamic Education. SUHUF, 35(2), 11–19. https://doi.org/10.23917/suhuf.v35i2.22964
Ubaidah, S. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5(11), 150–161.
Wahidin, U. (2017). Pendidikan karakter bagi remaja. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03), 256–269.
Wardiani, I., & Suryatman, H. . (2018). Peran Lingkungan Keluarga Dan Masyarakat Dalam Membentuk Kepribadian Dan Perilaku Sosial Anak Usia Smp Di Wilayah Pesisir Mundu Kabupaten Cirebon. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 7(2), 133–146. https://doi.org/10.24235/edueksos.v7i2.3165
Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik (Implementasi KTSP & UU. No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Gaung Persada Press.