Pengaruh Belief Dan Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belief dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs. Darul Mahmudien Nw Montong Gamang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Darul Mahmudien Nw Montong Gamang yang berjumlah 100 siswa dengan sampel berjumlah 80 siswa. Variabel penelitian ini yaitu belief dan self confidence sebagai variabel bebas dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur belief dan self confidence dan tes untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, sebelum dilakukan uji analisis terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara belief dan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebesar 88,6%.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E.,Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers ofMathematics. The Arithmetic Teacher, 29(5), 59. https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059
Chibita Waranegara, Dahsyatnya Rasa Percaya Diri (Jawa Tengah: Desa Pustaka Indonesia, (2019)
Eni Purwati, dkk., Analisis Masalah Psikologi Siswa Madrasah Tsanawiyah Berbasis Sistem Informasi Online dalam Pendidikan Islam, (Sidoarjo: Zifatama Jawara), h. 37.
Firmansyah, Muhammad Arie. (2017). “Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika terhadap Hasil Belajar”. Jurnal Pendidikan Matematika 1(1): 55-68.
Hannula, M. S., Maijala, M., & Pehkonen, E. (2004). Development of Understanding Self-Confidence in Mathematics; Grade 5-8. Group for Psychology of Mathematics Education. Vol. 3, pp 17-24.
Hendriana, H, and U Soemarmo. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama
Herry Pribawanto Suryawan, (2020). Pemecahan Masalah Matematis, (Yogyakarta: Sanata Dharma University Press anggota APPTI
Khairunnisa, S., & Evendi, E. . (2023). Analysis of Mathematical Problem-Solving Ability in View of the Self-Confidence of Tsanawiyah Madrasah Students in Mataram, Indonesia. Journal of Math Tadris, 3(1), 39–53. https://doi.org/10.55099/jurmat.v3i1.72
Indah Pratiwi. Efek Program Pisa Terhadap Kurikulum Di Indonesia Pisa Effect On Curriculum In Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 4, Nomor 1, Juni 2019
Isharyadi, ratri dan Hera Deswita. (2017). Pengaruh Mathematical Beliefs Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA. Pythagoras
Jackson Pasini Mairing, Pemecahan Masalah Matematika ………, hlm 35
Mairing, J. P. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Cara Siswa Memeperole Jalan Untuk Berpikir Kreatif Dan Sikap Positif. Cetakan Pe.edited by cv. Alfabeta. Bandung
Muh. Ekhsan Rifai. (2018). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dalam Kecemasan Matematika, (Sukoharjo: CV Sindunata)
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Neuman, W. L. (20 14). Social Research Methods: Qualitative and Quantit ativ e
Ap proa ches: Pearson New International E diti on. Pearson Education Limited
Neuman, W. L. (20 14). Social Research Methods: Qualitative and Quantit ativ e
Ap proa ches: Pearson New International E diti on. Pearson Education Limited
Neuman, W. L. (20 14). Social Research Methods: Qualitative and Quantit ativ e
Ap proa ches: Pearson New International E diti on. Pearson Education Limited
Neuman, W. L. (20 14). Social Research Methods: Qualitative and Quantit ativ e
Ap proa ches: Pearson New International E diti on. Pearson Education Limited
Neuman, W.L. (2011) Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. 7th Edition, Pearson, Boston.
Senja Noviani Dewi dkk, (2018). “Hubungan antara Self Confidence terhadap Matematika dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Lingkaran”, Vo. 7, Nomor 2, hlm. 196
Septiani, Elinda Sri, and Elis Nurhayati. (2019). “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Peserta Didik Melalui Model Problem Based Learning (PBL).” Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers: 168–75.
Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability And Self-Confidence Of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education,
Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.
Wilson, L.A. (2019). Quantitative Research. In: Liamputtong, P. (eds) Handbook of Research Methods in Health Social Sciences. Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-5251-4_54