Main Article Content

iswandi iswandi
Novialdi Novialdi
Syofrianisda Syofrianisda

Abstract

Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam  dengan model integratif di madrasah ibtidaiyah memungkinkan peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan bermakna tentang   perkembangan peradaban Islam. Maka materi Sejarah Kebudayaan Islam Sejarah Kebudayaan Islam diintegrasikan dengan disiplin ilmu lain, seperti Geografi, Ekonomi, dan Bahasa Arab. Integrasi antar mata pelajaran membantu peserta didik melihat keterkaitan antara Sejarah Kebudayaan Islam dengan konteks sosial, ekonomi, dan budaya pada masa perkembangan peradaban Islam, berbasis  ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembelajaran integratif mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan analitis dalam mengkaji perkembangan Sejarah Kebudayaan Islam. Mereka     tidak hanya menghafal fakta-fakta sejarah, tetapi juga mampu menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan Sejarah Kebudayaan Islam. Melalui model pembelajaran integratif, peserta didik tidak hanya memperoleh pengetahuan, tetapi juga mengembangkan keterampilan, seperti kemampuan komunikasi, kerja sama, dan pemecahan masalah dalam konteks interdisipliner. Metode penelitian ini Pembahasan ini mengunakan Penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan mengabungkan beberapa pendapat ahli untuk ditarik kesimpulan, Penilaian pembelajaran integratif Sejarah Kebudayaan Islam dilakukan secara komprehensif. Maka guru untuk memperoleh gambaran yang utuh tentang capaian pembelajaran peserta didik madrasah ibtidaiyah. Penerapan model pembelajaran integratif pada Sejarah Kebudayaan Islam membutuhkan perencanaan yang matang, kolaborasi antar guru mata pelajaran, dan kesiapan sumber daya pembelajaran yang penuh  mendukung. Model ini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islamdan memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik madrasah ibtidaiyah. Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran integratif pada Sejarah Kebudayaan Islam dapat membantu peserta didik memperoleh pemahaman yang lebih holistik dan kontekstual tentang perkembangan Sejarah Kebudayaan Islam madrasah ibtidaiyah.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
iswandi, iswandi, Novialdi, N., & Syofrianisda, S. (2024). Konsep Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan Model Integratif yang Realistis di Madrasah Ibtidaiyah. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.51700/alifbata.v4i2.729
Section
Article

References

Cummings, T. G. dan W. C. G. (2018). Organization Development and Change. Jurnal.

D. Kurniawan. (2018). Pembelajaran Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian. Alfabeta Bandung.

D.A, N. dan M. L. T. (2018). Competing By Design: The Power Of Organizational Architecture. York, Ny: Oxford University Press, 2

Drak, S. M. A. R. J. L. (2018). Integrated Curriculum As An Effective Way To Teach 21st Century Capabilities. Asia Pacific Journal Of Educational Research. Jurnal.

E. Rahmawati. (2018). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 8(Pendidikan dan Kebudayaan).

Iswandi. (2023). Sejarah Pendidikan Islam : Surau, Pondok Pesantren dan Isu-Isu Kontemporer. Cv. Azka Pustaka.

Natajaya, I. N., & Yudana, I. M. (2014). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus Pada Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Marga Tabanan). Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(1). https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ap/article/view/1238

Nugroho, W. S., & Cendana, W. (2023). Model Pengkajian Kolaboratif Tipe STAD (Divisi Pencapaian Tim Siswa) di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 6(4). https://doi.org/10.22460/collase.v6i4.17539

Nurdyansyah, M. P. E. F. F. M. P. (2016). Buku Model Pembelajaran Inovatif. In Nizamial Learning Center. Nizamial Learning Centre.

N. Suryani. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed. Inovasi Pendidikan, 8(Pendidikan).

R. Hidayat. (2018). Pengembangan Pembelajaran Terpadu Model Connected. Jurnal Pendidikan, 19(Pendidikan).

Sanjaya, W. (2018). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jurnal.

Syarifuddin, A. (2018). Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Integrasi-InterkoneksiPembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Integrasi-Interkoneksi. Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Sofyan, A., Efendi, R. firdausi E. N. F. N. S. L. I. M. D. A. A. A. N. I. P. V. M. N. F. D., & Kristiana, K. I. N. B. S. M. A. (2022). Strategi Pembelajaran di MI. In Jurnal Cermin (Vol. 1, Issue 2).

Sukmawati, H. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif (COOPERATIVE LEARNING). Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 5(2), 164–170.

Syamsuddin Nasution. (2013). Sejarah Peradaban Islam. Yayasan Pusaka Riau.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1).

Ubaidillah, Y. L., Husna, M. A., & Farda, U. J. (2022). PENGEMBANGAN MACROMEDIA ADOBE FLASH CS 6 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SKI DI MTS AL-ASROR SEMARANG. Jurnal PROGRESS: Wahana Kreativitas Dan Intelektualitas, 10(2). https://doi.org/10.31942/pgrs.v10i2.7632

Winarno. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar.