Integrasi Manajemen Strategis dan Kebijakan Penyelenggaraan Sekolah Dasar Inklusi dalam Mengatasi Burnout pada Implementasi Kurikulum Merdeka
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan memberikan interpretasi mengenai integrasi manajemen strategis dan kebijakan penyelenggaraan sekolah inklusi, strategi mengatasi burnout guru dalam implementasi kurikulum merdeka, dan dampak dari kebijakan dan manajemen strategis terhadap kesejahteraan guru. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi penting untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang responsif, termasuk bagi siswa dengan kebutuhan khusus. Kebijakan inklusi meliputi penerapan kurikulum fleksibel, metode pengajaran bervariasi, dan penyediaan sumber daya memadai. Hal tersebut mendorong kolaborasi pemangku kepentingan dan pelatihan profesional bagi guru. Sementara burnout guru disebabkan oleh beban kerja tinggi, tekanan memenuhi standar akademik, dan kurangnya dukungan manajerial. Strategi yang dapat diterapkan untuk mengatasi burnout termasuk pengembangan dukungan sosial, pelatihan profesional berkelanjutan, fleksibilitas waktu, serta evaluasi berkala. Strategi tersebut dapat menciptakan lingkungan yang mendukung guru, meningkatkan kesejahteraan, dan kualitas pendidikan. Kebijakan dan manajemen strategis berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan guru, yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Kebijakan yang mendukung kesejahteraan, seperti jam kerja wajar dan pengembangan karir, terbukti meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja. Hubungan sosial yang baik antara guru, siswa, dan orang tua juga berkontribusi terhadap kesejahteraan guru.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Abdullahi, A. Z., Anarfo, E. B., & Anyigba, H. (2020). The impact of leadership style on organizational citizenship behavior: does leaders’ emotional intelligence play a moderating role? Journal of Management Development, 39(9/10), 963–987.
Absari, G. W. (2023). Burnout Pada Guru Sekolah Luar Biasa Di SLB PGRI Plosoklaten. IAIN Kediri.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Akhyar, Y. (2024). Implimentasi Program Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(2), 155–168.
Alhadi, A., Nuryani, P., Rohimah, S., & Andriani, O. (2024). Analisis Landasan Yuridis dalam Pendidikan Inklusi. Jurnal Ventilator, 2(1), 1–6.
Banks, J. A. (2010). Multicultural Education: Characteristics and goals. Multicultural Education: Issues and Perspectives, 7, 3–32.
Darling-Hammond, L. (2017). Effective teacher professional development. Learning Policy Institute.
Darmawati, A. A., Kusumawati, D., & Aslamiyah, L. S. (2024). Pendekatan Pembelajaran Individu untuk Anak Berkebutuhan Khusus dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal of Learning and Educational Technology, 1(1), 8–15.
Dasor, Y. W. (2024). Analisis Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 8(1), 39–47.
Demerouti, E., & Bakker, A. B. (2011). The job demands-resources model: Challenges for future research. SA Journal of Industrial Psychology, 37(2), 1–9.
Fionita, W., & Nurjannah, E. (2024). Implementasi Pendidikan Inklusif Sebagai Perubahan Paradigma Pendidikan di Indonesia. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 302–311.
Fitriana, H. N. (2024). Penerapan Manajemen Strategik Menggunakan Analisis SWOT di SMP Muhammadiyah 1 Berbah Sleman. Bustanul Ulum Journal of Islamic Education, 2(1), 21–39.
Gea, M. A. (2024). Peran Quality Time Keluarga Dalam Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Perspektif Yohanes 9: 2-3. Jurnal Teologi Injili Dan Pendidikan Agama, 2(3), 202–215.
Hakanen, J. J., Bakker, A. B., & Schaufeli, W. B. (2006). Burnout and Work Engagement Among Teachers. Journal of School Psychology, 43(6), 495–513. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2005.11.001
Hansen, J. H., Carrington, S., Jensen, C. R., Molbæk, M., & Secher Schmidt, M. C. (2020). The Collaborative Practice of Inclusion and Exclusion. Nordic Journal of Studies in Educational Policy, 6(1), 47–57. https://doi.org/10.1080/20020317.2020.1730112
Harefa, D., Harefa, S. E., & Herlina, E. S. (2023). Tantangan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pendidikan Inklusif di Semua Tingkatan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(3).
Hisbollah, H., Budiyanto, B., & Mudjito, M. (2022). Model Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar Inklusi Kabupaten Bojonegoro. GRAB KIDS: Journal of Special Education Need, 2(1), 10–20.
Ingersoll, R. M. (2001). Teacher turnover and teacher shortages: An organizational analysis. American Educational Research Journal, 38(3), 499–534.
Irawan, M. Ary, M. Rasyid Ridlo, A. M. (2022). Manajemen Strategik Pendidikan Inklusif Sekolah Menegah Atas. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 5(1), 18–27. https://doi.org/10.31539/alignment.v5i1.3473
Kusumaningrum, H., Hakim, A. R., Rajab, A. R. N., & Kiram, R. F. (2024). Implementasi Model Manajemen Strategik Sumber Daya Manusia Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 115–127.
Leverett, P., D’Costa, S., & Baxa, M. (2022). The Impact of Student: Teacher Relationships on Black Middle School Boys. School Mental Health, 14(2), 254–265. https://doi.org/10.1007/s12310-022-09504-7
Mansur, A. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Minat Belajar Siswa SD Plus An-Nur Gurah. IAIN Kediri.
Mubarok, R., & Ghony, M. D. (2024). Empowerment of Local Communities in the Survival of Multicultural Values: Case Study in Tana Toraja Village, East Kutai. Asian Journal of Education and Social Studies, 50(7), 663–677. https://doi.org/10.9734/ajess/2024/v50i71496
Mukti, H., Arnyana, I. B. P., & Dantes, N. (2023). Analisis Pendidikan Inklusif: Kendala dan Solusi dalam Implementasinya. Kaganga: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 761–777.
Munfiatik, S., & Mubarok, R. (2023). Implementasi Manajemen Waktu Dalam Inovasi Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran PAI. JURNAL ILMU PENDIDIKAN & SOSIAL (SINOVA), 1(3), 123–134.
Pambudi, A. Y., Syafi’i, I., Kartikasari, D. W., Yarkhasy, A., Bulqiyah, H., Prayogo, L. M., Widodo, M., Apriono, D., Sukisno, S., & Syahrial, M. F. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembuatan PTK bagi Guru SDN Karangasem Kecamatan Jenu. Seminar Nasional Paedagoria, 3, 1–8.
Parashakti, R. D., & Ekhsan, M. (2022). Peran Burnout sebagai Mediasi pada Pengaruh Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 5(1), 365–373.
Parker, G., Tavella, G., & Eyers, K. (2022). Burnout: A guide to Identifying Burnout and Pathways to Recovery. Routledge.
Phytanza, D. T. P., Nur, R. A., ST, M. P., Hasyim, M. P., Mappaompo, M. A., Rahmi, S., Oualeng, A., PAK, M. T., Silaban, P. S. M. J., & Suyuti, M. P. (2022). Pendidikan Inklusif: Konsep, Implementasi, dan Tujuan. CV Rey Media Grafika.
Purnomo, S. S., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2023). Urgensi Manajemen Strategik dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan Islam. Journal on Education, 5(4), 17129–17135.
Putnam, R. D. (2000). Bowling Alone: The Collapse and Revival of American Community. Simon & Schuster.
Putra, R. A., Suriansyah, A., & Metroyadi, M. (2024). Hubungan Iklim Kerja, Motivasi Kerja dan Komitmen Kerja terhadap Kepuasan Kerja Guru SD Negeri Terakreditasi A di Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 7(1), 364–375.
Putra, S., Yulaekah, Y., Syaifuddin, M., & Andriani, T. (2023). Manajemen Strategi Pengembangan Kurikulum dan Interaksi Edukatif. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(3), 605–613.
Ramadani, H., Hakim, M. S., Ayunda, Z., & Mustika, D. (2024). Optimalisasi Pendidikan Inklusi Di Sekolah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 1–14.
Romadhon, M., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Kebijakan pendidikan inklusi sebuah solusi di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115.
Safitri, Dian, Moh Toharudin, D. S. (2022). Analisis Strategi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Guru Non PNS. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 19(8).
Safitri, D., Dewi, R., Jati, D. K., Rahmah, S., Dewi, R. N. K., Putri, D. A., Budianti, S. A., Pratiwi, D. A., & Aslamiah, A. (2024). Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri Karang Mekar 9. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1202–1216.
Savitri, S. (2019). Pengaruh Burnout dan Self Esteem terhadap Kinerja Guru. Jurnal Inovasi, 18(1).
Sihite, L. L. (2024). Mengatasi Burnout Strategi Untuk Menghadapi Kelelahan Dan Kehabisan Energi. Circle Archive, 1(4).
Sitorus, E. R. B. (2023). Proses Perumusan Strategi Analisis Formulasi Implementasi dan Evaluasi serta Model-Model Perumusan Strategi seperti Matriks BCG (Boston Consulting Group) Matriks Space dan Lainnya di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan, 3, 49–54.
Skinner, B., Leavey, G., & Rothi, D. (2021). Managerialism and Teacher Professional Identity: Impact on Well-Being Among Teachers in the UK. Educational Review, 73(1), 1–16.
Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61–71.
Sutanto, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar: Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Indonesia. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(1), 69–76.
Thomas L. Wheelen, J. D. H. (2010). Strategic Management and Business Policy: Achieving Sustainability (12 (ed.)). Pearson Prentice Hall.
Tony Booth, M. A. (2002). Index for Inclusion: Developing Learning and Participation in Schools. Centre for Studies on Inclusive Education (CSIE).
Tulak, A. M., Gasong, D., & Baan, A. (2024). Efektivitas Kompetensi Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Sopai. Indonesian Research Journal on Education, 4(3), 832–839.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211.
Xristara-Papadopoulou, A. (2024). The Impact of Teacher Burnout on Student Outcomes. International Journal of Interdisciplinary Cultural Studies, ISSN: 2327-008XE-ISSN: 2327-2554, 19(1), 17–42.
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66.
Yulistiyanto, D., Fahmid, S., & Renna, R. (2021). Mengoptimalkan Manajemen Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar. Didaktikum, 21(2).