Beralih ke menu navigasi utama Beralih ke bagian utama Beralih ke bagian footer website

Articles

Vol 3 No 2 (2023): JURNAL AL-MUTA'ALIYAH

Kebijakan Implmentasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Jenjang Madrasah Ibtidaiyah

DOI
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i2.536
Telah diserahkan
Agustus 23, 2023
Diterbitkan
2023-09-01

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menganalisis kebijakan implementasi kurikulum merdeka belajar di jenjang Madrasah Ibtidaiyah, upaya-upaya yang dilakukan madrasah dalam menerapkan kurikulum merdeka serta faktor penghambat dalam menerapkan kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini setelah dilakukan analisis menujukkan bahwa penerapan merdeka belajar di Madrasah ibtidaiyah dilakukan dengan beberapa cara, yaitu memahami siswanya dan mengetahui peta kemampuan siswanya. Setelah menerapkan kurikulum merdeka, ada beberapa nilai positif yang dirasakan yaitu pada sistem pembelajaran dan kemampuan siswa. Penerapan Kurikulum merdeka memberikan harapan yang positif bagi satuan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan bagi guru, sehingga dalam menjalankan tugas mengajar guru fokus mengembangkan potensi siswa dan merdeka dalam urusan-urusan lain dalam kegiatan belajar mengajar seperti penguasaan bahan ajar yang terlalu banyak, kesibukan administrasi perangkat pembelajaran, sumber belajar dan hal lainnya. kebijakan penerapan kurikulum merdeka belajar di tingkat Madrasah Ibtidaiyah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah juga keadaan siswa serta materi.

Referensi

  1. Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107.
  2. Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Implementation of Kurikulum Merdeka in Elementary Scholl. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
  3. Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
  4. Anggraini, G. O., & Wiryanto, W. (2022). Analysis of Ki Hajar Dewantara’s Humanistic Education in the Concept of Independent Learning Curriculum. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(1), 33–45. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i1.41549
  5. Fadhli, R. (2022). Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. 5(2), 147–156. https://doi.org/10.31949/jee.v4i1.4230
  6. Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
  7. Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istioqmah, Roushandy Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).
  8. Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Abad-21. 2st ICIE: International Conference on Islamic Education, 2, 293–304.
  9. Kurniawan, Y. (2020). Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Lembaga Kursus Kelas Anak-Anak. “Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswaa,” 103–109.
  10. Nugrohoningsih, D. (2015). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Ananda Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(11), 1–9.
  11. Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
  12. Uswatiyah, W., Argaeni, N., Masrurah, M., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Implikasi Kebijakan Kampus Merdeka Belajar terhadap Manajemen Kurikulum dan Sistem Penilaian Pendidikan Menengah Serta Pendidikan Tinggi. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(1), 28–40. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i1.299

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.