Jejak Sejarah Sosial Pendidikan Islam Anak di Indonesia
Kajian Nilai Edukatif Antar Zaman
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v5i2.1140Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Anak, Sejarah Sosial, Nilai Edukatif, IndonesiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi transformasi pemikiran pendidikan Islam anak di Indonesia serta nilai-nilai edukatif yang menyertainya dalam lintasan sejarah. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis isi dan analisis sejarah, data dikumpulkan dari literatur klasik dan kontemporer, dokumen pendidikan, serta pemikiran tokoh pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam anak bersifat dinamis dan kontekstual. Pada masa pra-kolonial, nilai yang ditekankan mencakup moralitas dan spiritualitas berbasis komunitas. Masa kolonial menampilkan integrasi nilai keislaman dan nasionalisme. Era pasca-kemerdekaan menandai formalisasi pendidikan dengan fokus karakter dan tanggung jawab sosial. Sedangkan era kontemporer menonjolkan inklusivitas, digitalisasi, dan moderasi beragama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam anak tetap berakar pada nilai fundamental Islam, namun mampu beradaptasi dengan dinamika sosial budaya
Unduhan
Referensi
Ahmad Rifa’i, M. T. Dr. Ir., Zahra, F., Abdurrahman, A., & Saad, M. (2021). Manajemen Pengembangan Kurikulum Berorientasi Pada Pembentukan Karakter. Trilogi Jurnal Ilmu Teknologi Kesehatan Dan Humaniora. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i2.2708
Akrim, A. (2023). The Philosophy of Islamic Education Based on Moderation Diversity in Indonesia. International Educational Research. https://doi.org/10.30560/ier.v6n2p22
Al Fithri, Q. A., Maula, A. R., Wafi’ Azizah, N. A., & Diana, A. E. (2024). Inovasi Kelembagaan Pendidikan Islam Perspektif KH. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Di Era Modern. Jurnal Intelektual Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman. https://doi.org/10.33367/ji.v14i2.5564
Anas, I., & Iswantir, I. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. Tadbiruna. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.828
Aprily, N. M. (2019). Pendidikan Karakter Di Pesantren: Studi Kasus Di Pondok Pesantren Cipari Kabupaten Garut. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.22236/jipd.v4i2.85
Asdaningsih, F. H., & Erviana, V. Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SD Negeri Wirosaban. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.4916
Azizah, M., Zulmuqim, Z., & Zalnur, M. (2023). Islamic education in the archipelago before independence case study: dutch colonial political policy towards islamic education in indonesia. IJIE, 1(2), 65-72. https://doi.org/10.31949/ijie.v1i2.7924
Bella, S., Irawan, M. F., & Shaleh, S. (2024). Jejak Historis Kebijakan Pendidikan Islam Di Indonesia Dalam Lintasan Sejarah. Jurnal Inovatif Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.38073/jimpi.v3i1.1599
Defnaldi, D., Yunani, Y., Warisno, A., Andari, A. A., & Anshori, A. (2023). The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia. JMKSP (Jurnal Manajemen Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan). https://doi.org/10.31851/jmksp.v8i1.10941
Djalia, S. La. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taksonomi. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2764
Fadli, S. Z., kembang Kerang1Institut, S. D. K. N., Lombok, A. I. N. H., Lombok, B. A. I. N. H., Hakim, B. A. I. N., & Barat, L. (2025). Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam Integrasi Antara Ilmu Keislaman dan Ilmu Modern di MA Darussalimin NW Sengkol Mantang.
Fahmi, F., & Firmansyah, F. (2021). Orientasi Perkembangan Pendidikan Islam Pasca Proklamasi Indonesia. Al-Liqo Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.262
Faiqoh, F. and Mahfudh, S. (2015). Model pembentukan karakter religius santri tahfidz alqur’an di pondok pesantren mathali’ul huda pusat kajen pati. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i3.246
Fauzi, M., & Safi’i, A. (2024). The Existence of Islamic Education in the National Education System in Indonesia. Cendekiawan. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v2i3.220
Firman, A. J. (2020). Model Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum Pai Di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Journal of Research and Thought on Islamic Education (Jrtie). https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1582
Haryono, A. I., Rochim, A., & Amrihani, H. A. (2023). Perspektif Redaksi Media Online Atas Pemberitaan Ramah Anak Di Surabaya. Warta Iski. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.216
Hasnah, S., Susanto, N., Syahrudin, S., Solehuddin, M., Yuniarti, E., & Irawan, I. (2023). Implementasi nilai-nilai islam dalam pendidikan jasmani dan olahraga untuk membentuk karakter ulul albab. At Ta Dib, 18(1), 18-27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909
Heny Ekawati Haryono Hidayatur Rohman Sheny Yulianty Nyangfah Nisa Septiana Odorlina Marbun Rusli Asraf Kurnia Rendra Suprobo Aji Siti Purhasanah, I. I. A. A. A. T. (2025). Perkembangan Peserta Didik: Memahami Tahapan dan Dinamika Belajar.
Imelda, A. (2018). Implementasi pendidikan nilai dalam pendidikan agama islam. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Intan Ode, M. N., & Sari, A. A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Sd Negeri Tanowali Kecamatan Tomia Kabupaten Wakatobi. Taksonomi. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v1i1.3190
Islami, K. N., Herawati, J., Roring, A. D., Febriarti, R. W., Komalasari, L. P., & Firdaus, M. H. (2024). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Program Kearifan Lokal Oleh Dinas Pendidikan Di Kabupaten Purawakarta. Inovasi Global Jurnal. https://doi.org/10.58344/jig.v2i7.123
Kurnia, A., Syafruddin, S., Hendrizal, H., Effendi, H., & Ihsan, S. F. (2024). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadis: Kajian Literatur Dan Implementasi Dalam Keluarga. Al-athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 314–324.
Kustati, M., Sepriyanti, N., & Kurnia, A. (2024). Rekonstruksi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Moderasi Beragama: Tinjauan Literatur. Mauriduna: Journal of Islamic Studies, 5(2), 332–350.
Latifah, L. (2024). History of Islamic Education in Indonesia. Historical. https://doi.org/10.58355/historical.v3i2.94
Lubis, K. (2022). Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2054
Nasir, M., & Sunardi, S. (2025). Reorientasi Pendidikan Islam Dalam Era Digital: Telaah Teoritis Dan Studi Literatur. Al-Rabwah, 19(1), 056-064.
Ngizudin, M. (2025). Pengaruh Pemikiran Tokoh Pembaharuan Muhammad Abduh Dan Rasyid Ridha Terhadap Perkembangan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.55606/jurripen.v4i2.5337
Novrandianti, N., Firdaus, E., & Anwar, S. (2024). Pendidikan Islam Di Indonesia: Dari Awal Penyebaran Islam Hingga Era Reformasi Pendidikan. Ulumuddin Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v14i2.2645
Munawwaroh, N. and Zafi, A. (2021). Implementasi pendidikan islam anak dari orang tua lulusan pondok pesantren. Tarbawi Jurnal Pendidikan Islam, 18(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1141
Prasetya, J. (2018). Konsep Pendidikan Islam Muhammad Abduh Serta Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia. Ta Allum Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.2.381-402
Putra, F. H., Muhammad, M. Y., & Degei, O. (2024). Strategi Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak Remaja Dalam Menghadapi Pergaulan Bebas Di Desa Ciawi Kabupaten Bogor. Karimahtauhid. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11992
Putra, H. P., & Hayeesama-ae, S. (2022). Ibnu Miskawaih: Philosophical Thoughts on Moral Education and Its Relevance to Contemporary Islamic Education. Potensia Jurnal Kependidikan Islam. https://doi.org/10.24014/potensia.v8i1.16864
Rahmayanti, R., Andajani, K., & Anggraini, A. E. (2023). Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas v Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5203
Ramadhan, F. S., Anggoro, N., Prakosa, I., & Pramono, M. (2024). Pendidikan Islam Di Indonesia Dalam Kajian Ilmu Sejarah: Perkembangan, Pengaruh, Dan Eksistensi Terhadap Kehidupan Masyarakat Indonesia. Chronologia. https://doi.org/10.22236/jhe.v6i1.14208
Rani, A. N., Ardiansyah, A., Nurhakim, N., & Faridi, F. (2023). Dynamics of Islamic Educational Institutions in Indonesia: Boarding Schools and Madrasah. Fikrotuna Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam. https://doi.org/10.32806/jf.v12i01.6376
Rizqia, M., & Dimyati, A. (2024). Dynamics of Islamic Education in Indonesia. Cendekiawan. https://doi.org/10.61253/cendekiawan.v2i3.219
Rohimah, Y. (2023). Implementation of Religious Moderation Program in Pai Curriculum Development. Al-Iltizam Jurnal Pendidikan Agama Islam. https://doi.org/10.33477/alt.v8i1.3859
Salwadila, T. (2021). Sistem dan kebijakan pemerintah terhadap pendidikan islam pada era reformasi. Sindang Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 158-163. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1196
Sari Mujiono, D. M., & Sutrisno, S. (2022). Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Islam (Al-Qur’an Dan Hadis). Jambura Early Childhood Education Journal. https://doi.org/10.37411/jecej.v4i2.1375
Setiani, F. and Arifin, Z. (2021). Nilai edukatif tokoh burlian dalam novel si anak spesial karya tere liye: tinjauan sosiologi sastra sebagai bahan ajar cerita inspiratif. Enggang Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra Seni Dan Budaya, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.37304/enggang.v2i1.2843
Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, Dan Masyarakat Dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757
Sugiana, A. (2019). Islamic Education Perspective Imam Al-Ghazali and Its Relevance With Education in Indonesia. Jurnal Tarbiyah. https://doi.org/10.30829/tar.v26i1.400
Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216
Sunardi, S. (2020). Global Era Education" Globalization of Global Education or Islamic Education". Journal of Islamic and Social Studies (JISS), 1(1), 59-74.
Sunardi, S., Utama, W. K., & Munir, M. (2024). Strategi Mutu Pesantren dan Tantangan Dekadensi Moral di Tengah Geliat Artificial Intelligence. Jurnal Manajemen & Budaya, 4(2), 102-110.
Suprapto, S. (2020). Integrasi moderasi beragama dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama islam. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 18(3), 355-368. https://doi.org/10.32729/edukasi.v18i3.750
Syarbaini, S. and Triadi, Y. (2021). Penanaman nilai-nilai agama islam pada anak usia dini. Journal of Basic Education Research, 2(1), 20-23. https://doi.org/10.37251/jber.v2i1.131
Thonthowi, M. I. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i1.2653
Yusra, Y., Iswantir, M., & Emeliazola. (2024). Signifikansi Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Era 4.0. An-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v3i3.120
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zulkifli Zulkifli, Duski Samad, Firdaus Sutan Mamad, Asraf Kurnia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.