MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS WIRDULLATIFAH NW BANJAR MANIS
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v1i2.267Kata Kunci:
Hasil Belajar, Inkuiri, Akidah AkhlakAbstrak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi taubat, taat, istiqamah dan ikhlas menggunakan model direct instruction di kelas VII/1 MTs Wirdullatifah NW Banjar Manis. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan metode pembelajaran berbasis inkuiri. Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas menggunakan metode pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang semula pada pra siklus dari 7 siswa hanya ada dua siswa yang tuntas (28,6%) dengan nilai rata-rata 66,85, nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50. Dari pra siklus tersebut setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I ada peningkatan menjadi 4 siswa yang tuntas KBM, nilai rata-rata 73,28%, nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 55. Pada perbaikan pembelajaran siklus II keseluruhan 7 siswa tuntas KBM 100%, nilai rata-rata 83,57%, nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 75.
Unduhan
Referensi
Dahlia, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Palu: Edukasi Mitra Grafika.
Gordon, T. (1984). Guru Yang Efektif, Cara Mengatasi Kesulitan Dalam Kelas. Jakarta: CV Rajawali.
Maisaroh, & Rostrieningsih. (November 2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 8 No. 2.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sudjana, N. (1989). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Penerbit PT. Remaja.
Surakhmat, W. (1980). Metodologi Pengajaran Nasional. Bandung: Penerbit Jemmars.
Wiyono, B. (2009). Teori Hasil Belajar. Jakarta: Gramedia.
Zamria. (Juli 2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Melalui Metode Cooperative Script Untuk Siswa MTs.N 1 Baubau. Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, Vol. 1 No. 1.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Muhammad Syafirin, Muhamad Tarmizi Tahir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.