MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS DI MI NW KALIJAGA

Penulis

  • Nikmatul Jannah STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB
  • Hayaturrayyan

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v1i2.269

Kata Kunci:

Meningkatkan Hasil Belajar, Numbered Head Together, Pembelajaran IPS

Abstrak

Abstrak

Pembelajaran secara konvesional (cermah), diketahui belum mampu mencamapi tujuan pembelajaran yang maksimal. Hal ini dilihat dari rendahnya hasil belajar klasikal siswa MI NW Kalijaga, berdasrkan hasil data pra siklus yang dilakuakn peneliti menunjukan hanya 30% siswa yang memahami pembelajaran dengan baik dalam pembelajaran IPS. Penelitian tindakan kelas (PTK), bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan mengetahuihasil belajar kognitif siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT)N pada mata pelajaran Tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).Adapun penelitian ini mnggunakan pendekatan kualitatif, jenis yang digunakanyaituPre-ExperimentalDesign.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B MI NW Kalijagaberjumlah 24 siswa yang terdiri dari 15 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil yang diperoleh selama pelaksanaan penelitian ini adalah terjadinya peningkatan hasil belajar dari data sebelum pelaksanaan tidakan. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sudah mencapai 64 dengan ketuntasan belajar 53% dan pada siklus II telah diperoleh kenaikan menjadi rata-rata 73 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 81%. Kesimpulan akhir yang dapa disampaikan adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mampu meningkatkan hasil belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anita Rahmawati, Erik Aditya Ismaya, Mila Roysa. (2020.). Implementasi model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dalam Journal On Education Volume 02, No. 04.

Istarani. (2011). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Miftahul Jannah Prizli, Aren Frima, Dedy Firduansyah. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv sd negeri 4 RUPIT. Dalam jurnal LJESE (Linggau Jurnal Of Elementary School Education) Vol 1, No 2. 2798-2467.

Ni Nengah Arsini, Desak Putu Parmiti, Made Sumantri. (2015). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (nht) terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv semester ii sd gugus vi kecamatan kintamanitahun pelajaran 2014/2015. Dalam e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol: 3 No: 1

Nurmahni Harahap. (2014). Hubungan antara motivasi dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division pada konsep ekosistem. Volume V Nomor 1, 2086 – 1397.

Nurul Hidayah. “Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar” dalam Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar (No. 1, Vol. 2, Juni 2015).

Rona, (2018). Implementasi Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Studi Multi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sekuduk, Kecamatan Sejangkung dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Sebabal, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas) (Tesis. UIN Sunan Ampel Surabaya)

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, hal 240.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: PT Ar-ruzz Media.

(2003)

Siti Fatimah, syamsuddin. (2021). Model pembelajaran numbered head together (nht) dalam meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik madrasah ibtidaiyah, dalam Jurnal Awwaliyah: Jurnal PGMI, Volume 4 Nomor 1.

Suhardi, Marungkil Pasaribu, Siti Nuryanti. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa kelas iv sd negeri 3 tondo, dalam Jurnal Elementary School of Education E-Journal, media publikasi ilmiah prodi pgsd Universitas Tadulako, vol. 2. No 2.

Suharsimi, Arikunto, dkk. (2010). Pendidikan Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Umi Atiyah, Mei Fita Asri Untari, Ahmad Nashir Tsalatsa. (2019). “Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa” dalam International Journal of Elementary Education No.1, Vol. 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-23

Cara Mengutip

Jannah, Nikmatul, dan Hayaturraiyan Hayaturraiyan. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN TEMATIK MUATAN IPS DI MI NW KALIJAGA”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (Agustus 23, 2021): 84-95. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/269.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)