Perspekif Guru Terhadap Pembelajaran yang Efektif dalam Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Penulis

  • Putri ramadani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i01.517

Kata Kunci:

Perspektif guru , pembelajaran efektif, IPAS, Sekolah dasar

Abstrak

Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis Perspektif guru terhadap pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPAS (IPA dan Sosial) di Sekolah Dasar. peneliti merasa perlu meneliti lebih lanjut mengenai persepsi guru sekolah dasar terhadap pembelajaran yang efektif pada mata pelajaran IPAS yang terdapat pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sekolah dasar memberikan respon yang positif terhadap mata pelajaran IPAS yang terdapat pada Kurikulum Merdeka. Pembelajaran yang efektif IPAS dianggap berdampak positif karena dapat mengurangi beban guru dalam mengejar materi sehingga guru memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi bebagai model dan metode pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa guru dinilai telah siap untuk melaksanakan pembelajaran IPAS di sekolah dasar, yang dibuktikan dengan perencanaan, implementasi dan penilaian yang telah disusun secara matang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Putri ramadani, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dan, Universitas Islam Negeri Jakarta.
Author’s contact detail: Jl. Ir H. Juanda No.95, Ciputat, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412

Referensi

Angggraini, L. M., Wahyuni, P., Wahyuni, A., Dahlia, A., Abdurrahman, & Alzaber. (2021). Pelatihan Pengembangan Perangkat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bagi Guru-Guru di Pekanbaru. Community Education Engangement Journal, 2(2), 62–73.

Anwar, R. N. (2020). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 99– 109.

Arifin, S., Kartono, K., & Hidayah, I. (2019). The Analysis of Problem Solving Ability in Terms of Cognitive Style in Problem Based Learning Model with Diagnostic Assessment. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 147–156.

Azahari, A. R., Sion, H., Kartiwa, W., & Qadariah, A. (2022). Mutu Pengelolaan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Universitas Palangka Raya. Equity in Education Journal (EEJ), 4(2), 111–117. https://ejournal.upr.ac.id/index.php/eej/article/view/2447/2221

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33.

Hatim, M. (2018). Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 140–163.

Hikmasari, P., Kartono, K., & Mariani, S. (2018). Analisis Hasil Asesmen Diagnostik dan Pengajaran Remedial pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Problem Based Learning. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 400–408.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-12

Cara Mengutip

ramadani, Putri. “Perspekif Guru Terhadap Pembelajaran Yang Efektif Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar ”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 01 (Desember 12, 2024): 20-25. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/517.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)