Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Burnout di SDN 011 Sangatta Utara

Penulis

  • Laura Paramita UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nur Kholik Afandi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.768

Kata Kunci:

Burnout, Guru Pendidikan Agama Islam, Strategi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi burnout di SDN 011 Sangatta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan partisipan terdiri dari guru-guru PAI yang mengajar di sekolah tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa burnout di kalangan guru PAI di SDN 011 Sangatta Utara dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk beban kerja yang tinggi, tuntutan dari orang tua siswa, serta kurangnya dukungan dari manajemen sekolah. Meskipun guru telah menerapkan berbagai strategi, mereka masih menghadapi tantangan signifikan, seperti kurangnya pelatihan dalam manajemen stres dan tuntutan tinggi dari orang tua serta kurikulum yang kaku. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas strategi yang diterapkan, lembaga pendidikan perlu menyediakan pelatihan yang relevan dan dukungan yang memadai bagi guru PAI. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pemangku kepentingan pendidikan dalam merancang program pengembangan profesional yang lebih baik dan mendukung kesejahteraan mental guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfarisi, M. A., & Pratisti, W. D. (2024). Hubungan Strategi Koping, Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecerdasan Emosi Dengan Burnout Pada Guru. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Amanat, W. (2024). A Survey Study on the Problems Faced by Preschool Teachers in Curriculum Implementation. Al-Mahdi Research Journal (MRJ), 5(5), 1–8.

Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional & Call Pape, Banjarmasin, 13, 103–110.

Claessens, B. J. C., van Eerde, W., Rutte, C. G., & Roe, R. A. (2007). A Review of the Time Management Literature. Personnel Review, 36(2), 255–276. https://doi.org/10.1108/00483480710726136

Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.115

Đorđević, M., Glumbić, N., Memisevic, H., Brojčin, B., & Krstov, A. (2022). Parent-teacher interactions, family stress, well-being, and parental depression as contributing factors to parental involvement mechanisms in education of children with autism. International Journal of Developmental Disabilities, 68(6), 838–849. https://doi.org/10.1080/20473869.2021.1896962

Folkman, Susan, Lazarus, R. S. (2020). Stress: Appraisal and Coping BT - Encyclopedia of Behavioral Medicine (M. D. Gellman (ed.); pp. 2177–2179). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-39903-0_215

Granziera, H., Martin, A. J., & Collie, R. J. (2023). Teacher well-being and student achievement: a multilevel analysis. Social Psychology of Education, 26(2), 279–291. https://doi.org/10.1007/s11218-022-09751-1

Griva, K., & Joekes, K. (2003). UK teachers under stress: Can we predict wellness on the basis of characteristics of the teaching job? Psychology and Health, 18(4), 457–471. https://doi.org/10.1080/0887044031000147193

Hakanen, J. J., Bakker, A. B., & Schaufeli, W. B. (2006). Burnout and Work Engagement Among Teachers. Journal of School Psychology, 43(6), 495–513. https://doi.org/10.1016/j.jsp.2005.11.001

Hamzah, W. (2019). Pengaruh Beban Kerja dan Dukungan Sosial Terhadap Kelelahan Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 336–343. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4789

Harne, B. P., Tahseen, A. A., Hiwale, A. S., & Dhekekar, R. S. (2019). Survey on Om Meditation: Its Effects on the Human Body and Om Meditation as a Tool for Stress Management. Psychological Thought, 12(1). https://doi.org/10.23668/psycharchives.2695

Hobfoll, S. E. (1989). Conservation of Resources: a New Attempt at Conceptualizing Stress. American Psychologist, 44(3), 513. https://doi.org/10.1037/0003-066X.44.3.513

House, J. S. (2020). Social Support and Social Structure. Sociological Forum, 2(1), 135–146. https://doi.org/10.1007/BF01107897

Indra, R., Lian, G. C., Putri, J. A. I., Valencia, L., Santoso, Y. E. S. U., & Yosua, I. (2021). Gambaran Stres Kerja dan Koping Guru SMA saat Pembelajaran Daring Selama Pandemi. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 1(01), 63–86. https://doi.org/10.35814/mindset.v1i01.2577

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, H., & Mustabsyirah, M. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37. https://doi.org/10.53621/jider.v4i1.282

Karasek Jr, R. A. (1979). Job demands, job decision latitude, and mental strain: Implications for job redesign. Administrative Science Quarterly, 285–308. https://doi.org/10.2307/2392498

Kartika, I., & Arifudin, O. (2024). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 5(2), 171–187.

Kyriacou, C. (2001). Teacher Stress: Directions for future research. Educational Review, 53(1), 27–35. https://doi.org/10.1080/00131910120033628

Matthew B. Miles, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage Publications.

Mubarok, R. (2024). Management Innovation in Building Independence Educational Institutions. Jurnal El-Hamra: Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.62630/elhamra.v9i1.176

Mubarok, R., Nursalim, E., & Hasan, H. (2024). Eksplorasi Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Madrasah dalam Mendorong Peningkatan Mutu Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 480–494. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3419

Mufidah, N. (2021). Analisis Burnout Syndrome Dalam Pembelajaran Fikih Kelas X Pada Era Covid-19 Di SMK Muhammadiyah Bumiayu. Purwokerto.

Pramana, I. B. G. A. Y., & Pratiwi, N. I. (2023). Pelatihan Manajemen Stres Kepada Guru SMPN 4 Banjar, Buleleng-Bali. Jurnal Abdimas Mandiri, 7(3), 162–168. https://doi.org/10.36982/jam.v7i3.3340

Putri, D. R. (2021). Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Burnout Guru Di Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 7 Sungai Penuh. Institut Agama Islam Negeri Krinci.

Rosyidah, A. (2024). Peran Self Esteem terhadap Burnout Guru. Humanitas (Jurnal Psikologi), 8(1), 102–112. https://doi.org/10.28932/humanitas.v8i1.8057

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2023). Self-Determination Theory BT - Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (F. Maggino (ed.); pp. 6229–6235). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-031-17299-1_2630

Schoeps, K., Tamarit, A., de la Barrera, U., & González Barrón, R. (2019). Effects of Emotional Skills Training to Prevent Burnout Syndrome in Schoolteachers. Ansiedad y Estrés, 25(1), 7–13. https://doi.org/10.1016/j.anyes.2019.01.002

Setyowati, L., Fahiroh, S. A., & Resmadewi, R. (2021). Perbedaan Tingkat Burnout Ditinjau Dari Kepribadian Pada Guru Inklusi Di Sekolah Dasar Inklusi Surabaya. ARCHETYPE, 4(2). https://doi.org/10.3651/aj.v4i2.10824

Stein, F. (2001). Occupational stress, relaxation therapies, exercise and biofeedback. Work, 17, 235–245.

Susanto, M. F., & Suminar, D. R. (2022). Studi Literatur Pengaruh Musik Instrumentalterhadap Kondisi Burnout Syndrome Pada Dosen Perguruan Tinggi. Jurnal Syntax Fusion, 2(02), 287–297. https://doi.org/10.54543/fusion.v2i02.161

Syaâ, M. (2020). Implikasi Kejenuhan (Burnout) Belajar Terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 2 Diwek Jombang. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 10(1), 105–116.

Wusthoa, J., & Fadilah, F. (2024). Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka Belajar di Kelas X SMAN 20 Gowa. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(3), 21–30. https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i3.5403

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.70

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Paramita, Laura, dan Nur Kholik Afandi. “Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Burnout Di SDN 011 Sangatta Utara”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (November 29, 2024): 1-13. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/768.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)