Inovasi dalam Pendidikan Berbasis Life Skills di Pondok Pesantren Modern Darul Ma’rifat Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i01.781Kata Kunci:
inovasi; life skills; pesantrenAbstrak
Penelitian ini mengkaji inovasi dalam pendidikan berbasis life skills yang diterapkan di Pondok Pesantren Modern Darul Ma'rifat di Deli Serdang. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi metode, strategi, dan program pendidikan yang diimplementasikan untuk meningkatkan keterampilan hidup santri. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren ini mengintegrasikan pendidikan agama dengan keterampilan hidup melalui kurikulum yang melibatkan kegiatan sehari-hari, seperti shalat berjamaah, pelatihan kewirausahaan, serta keterampilan vokasional dan sosial. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan keterampilan akademis santri, tetapi juga mempersiapkan mereka dengan kemampuan praktis yang relevan dengan tuntutan dunia modern. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa integrasi pendidikan agama dengan life skills merupakan strategi yang efektif untuk menciptakan santri yang mandiri, adaptif, dan siap menghadapi tantangan sosial dan ekonomi di masa depan.
Unduhan
Referensi
Abrianto, D. (2023). The Role of Children’s Character in the Perspective of Educational Philosophy. Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies (ISCIS), 2(1), 783–795.
Anggung, M., Prasetyo, M., & Al Qadri, M. (2023). Kewirausahaan Pesantren: Faktor Pendorong dan Analisis Motivasi Santri. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(1), 43–56.
Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.
Fitria, M., Rizki Gunawan, A., & Marginingsih, R. (2024). Program Kreatif Berbasis Project Berupa Media Kalam Dalam Meningkatkan Kreativitas Santri Di Tpq Desa Sukaragam. An-Nizam, 3(1), 108–114. https://doi.org/10.33558/an-nizam.v3i1.9425
Gustriani, T., Kholis, M., & Chanifudin. (2024). Pembelajaran Life Skills bagi Santri sebagai Inovasi Pendidikan di Pesantren. 5(September), 290–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/ainj.v5i3.499
Harahap, M. Y., & Mukti, A. (2023). Implementasi Falsafah Poda Na Lima Pada Santri Pondok Pesantren Modern di Kota Padangsidimpuan. Edukasi Islami …, 891–916.
Harjito, Maharani, N. U., & Septiana, I. (2015). Metode Tepat Guna Menulis Ilmiah Bagi Santri Pondok Pesantren Al Itqan dan Tholaba Barokatil Qur’an Kota Semarang. E-Dimas, 6(2).
Helmi, A. M., & Hanifuddin, H. (2023). Kontribusi Kegiatan Bahtsul Masail dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Kitab Kuning dan Berfikir Kritis Santri di Forum Musyawarah Anjang Sana Anjang Sini (FMAA) di Kabupaten Jember. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2401–2412. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.603
Herman Wicaksono. (2022). Integrasi Pesantren Dan Sekolah (Kajian Atas Pemikiran Abdurrahman Wahid). Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.32665/alaufa.v4i1.3374
Ilavarasi, I. (2024). Enhancing Workplace Productivity: A Review of Effective Communication Techniques and Their Role in Fostering Team Collaboration and Conflict Resolution. IJMRP: Nternational Journal for Multidimensional Research Perspectives, 2(4), 33–45. https://doi.org/https://doi.org/10.61877/ijmrp.v2i4.132
Imran, Z., & Tambunan, N. (2023). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Keislaman PERANAN KARAKTER ANAK DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT PENDIDIKAN. 257–264.
Ismaraidha, Harahap, M. Y., & Hannum, L. (2024). Pendidikan Karakter Religius Melalui Budaya Literasi Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Swasta Amaliyah Sunggal. Jurnal Keislaman, 7(2), 349–362.
Khotimah, S. (2022). Tantangan dan peluang pendidikan islam di pesantren pada era disrupsi. Multicultural Of Islamic Education, 6(1), 23–35.
Kusumawati, I., & Nurfuadi. (2024). Integrasi Kurikulum Pesantren Dalam Kurikulum Nasional Pada Pondok Pesantren Modern. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 2(01), 1–7. https://doi.org/10.58812/spp.v2i01.293
Lisnawati, D. (2020). Problematika dan Tantangan Santri di Era Revolusi Industri 4.0. Tsamratul Fikri | Jurnal Studi Islam, 14(1), 57. https://doi.org/10.36667/tf.v14i1.379
Mustofa, M. A., Fahrozi, R., Silviani, D., & Andaka, F. (2022). Pelatihan Kewirausahaan untuk Santri di Pesantren Hidayatullah Depok. Jurnal Peradaban Masyarakat, 2(5), 14–17.
Nurrachmi, I., Jamilah, L., Sri Imaniyati, N., Respati, T., . N., Fajar Alamsyah, I., & Zahirah binti Mohd Sidek, N. (2024). Increasing Empowerment of Islamic Boarding Schools with Entrepreneurship in Indonesia and Malaysia. KnE Social Sciences, 2024, 110–124. https://doi.org/10.18502/kss.v9i22.16686
Purwanto, E., Sumardjo, S., Hafsari, R., & Wibowo, C. T. (2020). Communication Patterns in the Development of Life Skills at the Darul Fallah Islamic Boarding School in Bogor Regency. NYIMAK: Journal of Communication, 4(2), 267–278. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/nyimak.v4i2.2875
Rahim, A. (2016). Pendidikan Berbasis Life Skill Di Pondok Pesantren. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 8(2), 171–194.
Ramdhani, M. (2015). Implementasi Pendidikan Life Skill Di Pesantren Pertanian Darul Fallah Bogor Implementation of Life Skill Education in Agriculture Boarding School. 4(c), 53–64.
Rizal, S., & Nardiyanto, N. (2020). Aktualisasi Pendidikan Life Skill Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(2), 265–286. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i2.292
Sefiyani, R., Prayogi, A., & Sari Mustika, N. H. (2024). PENGUATAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI BAHTSUL MASᾹIL. Kamaliyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 45–54.
Sholihah, A. A. (2023). Pelaksanaan Program Pendidikan Kecakapan Hidup di Pondok Pesantren An-Nuriyyah Bumiayu Brebes. Borneo Journal of Islamic Education, 3(2), 211–222. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/bjie.v3i2.7999
Suharmoko, S. (2018). Pendidikan Life Skills di Pesantren. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 10(1), 189–218. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v10i1.149
Ulfa, K., Hidayah, N., & Fernadi, M. F. (2024). Upaya Pengurus Dalam Meningkatkan KecerdasanSpiritual Santri Melalui Tradisi Membaca SuratYasin Sebelum Subuh Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Jati Agung Lampung. 07(01), 5819–5830.
Utami, R. D., Siregar, B., & Pratiwi, N. (2022). Implementasi Pembentukan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Pembiasaan di PAUD Harapan Mandiri Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 8952–8959.
Yatino, N., & Nahrawi, A. (2024). Penerapan Sistem Ekoproteksi Unit Usaha Pondok Modern Gontor Kampus 3 Darul Ma’rifat Perspektif Maqasid Syari‘ ah Nabila Yatino Putri 1* , Amirah Nahrawi 2 Abstrak. 8(1), 160–180.
Zarkasyi, A., Firmansah, D., Rahmadias, T. M., Gontor, D., Siman, J. R., & Java, E. (2024). Development of Critical Thinking Skills in Modern Islamic Boarding School Received : Revised : Accepted : Journal of Islamic Education, 9(2).
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Manshuruddin manshuruddin, Muhammad Yunan Harahap, M. Bayu Sandhya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.