Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa pada Pembelajaran PKN Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok di MI Miftahul Athfal

Penulis

  • Khaidir Fadil Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Mutiara Muslimah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Kholil Nawawi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v5i1.875

Kata Kunci:

Keaktifan Belajar, Pembelajaran Pkn, Metode Kerja Kelompok

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran PKN melalui penerapan metode kerja kelompok metode peneltian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa berjumlah 37 orang, sumber data penelitian diperoleh dari data kualitatif berupa data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif berupa data tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat terlihat dari keaktifan siswa yang mengalami peningkatan yang pada siklus I terdapat siswa yang aktif atau dalam kategori baik sebanyak 20 orang (54 %) dan siswa yang kurang 17 orang dengan rata-rata keaktifan belajar siswa (65,4%). Pada siklus II keaktifan belajar siswa meningkat dengan terdapat siswa yang aktif 32 orang (86%), siswa yang cukup aktif 5 orang. Berdasarkan uraian dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Kerja Kelompok dalm pembelajaran PKn kelas V MI Miftahul Athfal 03

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bella Reza, D., Subhi, I., Tinggi, S., Tarbiyah Kota, I., Alam, P., Selatan, S., & Author, C. (2024). PENGARUH1METODE1KERJA1KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 8 PAJAR BULAN. Journal Binagogik, 11(2), 55–62. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd

Dina Oktavia, Irma Tussa’diah Hasibuan, Khoirun Nisa, & Maulidayani Maulidayani. (2023). Pendekatan Sistem Pembelajaran Di UPT SMP Negeri 27 Medan. Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(1), 255–263. https://doi.org/10.58192/wawasan.v2i1.1537

Elma Sofiana. (2023). UPAYA GURU MENANAMKAN SIKAP SOSIAL TOLERANSI DI KELAS IV MIN 2 KOTA MATARAM. Global Education Trends, 1(1). https://doi.org/10.61798/get.v1i1.36

Fadil, K. (2023). Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Peran Guru Dalam Penanaman Sikap Anti Bullying Verbal Dalam Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. 6, 123–133.

Fadil, K., Fahri, M., Nurpajriah, S., Program, ), Guru, S. P., Ibtidaiyah, M., Islam, A., Ibn, U., & Bogor, K. (2024). PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR. In Communnity Development Journal (Vol. 5, Issue 1).

Fadil, K., Hakim, F., & Rusmana, I. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT EL MA’MUR KOTA BOGOR (Vol. 5).

Fadila Husna. (2024). Citizenship Education (PKn) Group Study to Increase Students’ Interest in Learning. International Journal of Students Education, 292–295. https://doi.org/10.62966/ijose.vi.783

Karnia, N., Agung, L., & Dwi Lestari. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2). https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603

Lottung Siregar, R. (2021). MEMAHAMI TENTANG MODEL, STRATEGI, METODE, PENDEKATAN, TEKNIK, DAN TAKTIK. HIKMAH, Jurnal Pendidikan Islam, 10.

Mirja, H. (2022). MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 2 MANDAU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE. Perspektif Ilmu Pendidikan, 36(2), 129–133. https://doi.org/10.21009/PIP.362.4

Munir, M., & Sholehah, H. (2022). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA SEKOLAH DASAR. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 28–32. https://doi.org/10.51700/almutaliyah.v2i2.359

Munir, M., Sholehah, H., & Rusmayadi, M. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 2(1), 31–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.285

Ngadha, C., Nanga, B., Ledu, M. G. G., Dhiu, M. I., & Lawe, Y. U. (2023). PENERAPAN METODE DISKUSI UNTUK MENGAKTIFKAN PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3 SD DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1532

Ngaisah, S., Yadi, F., Pratama, A., & FKIP Universitas PGRI Palembang, P. (n.d.). PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR CAKRAM WARNA KELAS IV SD.

Pamuji, A. (2024). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIII SMPN 1 Wagir, Kabupaten Malang (Vol. 1, Issue 2). https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Paramita, L., & Afandi, N. K. (2024). Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Burnout di SDN 011 Sangatta Utara. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 1–13. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.768

Putri, F. M., & Safrizal. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VI Sekolah Dasar Nageri 12 Baruh-Bukit. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(1), 66–77. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i1.1346

Putrianingsih, S. (2021). PERAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KUALITAS PENGAJARAN. Inovatif, 1(7).

Rahim, A. (2023). Penerapan Metode Belajar Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa… PENERAPAN METODE BELAJAR KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS V SDN 2 DUNGINGIS KECAMATAN DAKO PAMEAN. In Jurnal Teknologi Pendidikan Madako (Vol. 2, Issue 1).

Reniwurwarin, H., Syahrul Kahar, M., Rusani, I., & Riski, W. O. (2023). ANALISIS PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA. In KAMBIK: Journal of Mathematics Education (Vol. 1, Issue 1).

Rizky, N., Kanza, F., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (n.d.). ANALISIS KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN STEM PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI ELASTISITAS DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 2 JEMBER.

Rora Rizki Wandini, Dedek Alwina Sipahutar, & Indi Rahmawati. (2022). Merubah Pandangan Siswa yang Menganggap Pembelajaran PKn Membosankan Menjadi Pembelajaran PKn Yang Menyenangkan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4).

Saufi, M., Sembiring, D., Safar, Muh., Syahrul, M., & Magalhaes, A. D. J. (2023). The Application of Group Work Method to Increasing Student Learning Activity in the Learning Process. Journal on Education, 5(4), 11833–11837. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2140

Yamin, M. (n.d.). Kiat Membelajarkan Siswa (Vol. 2020). Gaung Persada Press.

Zalsabilah Idris, A., Andriani, R., Pendidikan dan keguruan, J., & Pgmi Stai Ddi Maros, M. (2024). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn dalam Memenuhi Tujuan dan Fungsi Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar (Vol. 2, Issue 02).

Zuriah, N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan berbasis Polysynchronous di Era New Normal. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6(1), 12–25. https://doi.org/10.21067/jmk.v6i1.5086

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-22

Cara Mengutip

Fadil, Khaidir, Mutiara Muslimah, dan Kholil Nawawi. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran PKN Melalui Penerapan Metode Kerja Kelompok Di MI Miftahul Athfal”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 1 (Februari 22, 2025): 36-46. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/875.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)