Bepikir Fungsional Calon Guru MAtematika dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Non-Linier
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v5i1.895Kata Kunci:
functional thinking, generalization, patternAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk memahami berpikir fungsional calon guru matematika dalam menyelesaikan soal pola bilangan non-linier. Proses berpikir fungsional terdiri dari tahap entry, attack, dan review dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis srudi kasus, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara berbasis tugas. Penelitian ini melibatkan 18 partisipan dari mahasiswa program studi Tadris Matematika di Universitas Islam Negeri Mataram, dari 18 partisipan dipilih 2 partisipan sebagai subjek karena memiliki jawaban yang benar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua calon guru matematika menggunakan representasi yang berbeda untuk mengungkapkan ide dan berpikir fungsionalnya dalam menyelesaikan soal pola bilangan non-linier. Mereka memulai proses generalisasi dengan aksi relating, di mana mereka menghubungkan jumlah menara dengan jumlah batang korek api yang diketahui. Kontribusi penelitian ini memberikan wawasan baru tentang bagaimana berpikir fungsional calon guru matematika yang dapat menjadi dasar untuk mengembangkan strategi pembelajaran, proses pembelajaran yang lebih efektif dan menyiapkan calon guru yang professional.
Unduhan
Referensi
Badawi, A., Agoestanto, A., Matematika, J., & Semarang, U. N. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Dalam Matematika Pada Siswa SMP Kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3).
Blanton, M. L., & Kaput, J. J. (2011). Functional Thinking as a Route Into Algebra in the Elementary Grades. https://doi.org/10.1007/BF02655895.J.J.
Debrenti, E. (2015). Visual Representations In Mathematics Teaching: An Experiment With Students. Acta Didactica Napocensia, 8(1).
Development, T., Induction, M., Scheme, P., Instruction, D., & Campbell, S. (2001). The Development of Mathematical Induction as a Proof Scheme: A Model for DNR-Based Guershon Harel University of California , San Diego Running Head: Mathematical Induction. 185–212.
Ellis, A. B. (2007). A taxonomy for categorizing generalizations: Generalizing actions and reflection generalizations. In Journal of the Learning Sciences (Vol. 16, Issue 2). https://doi.org/10.1080/10508400701193705
Faseha, H., Evendi, E., & Nugraha, Y. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam memecahkan masalah perbandingan berdasarkan langkah polya. Journal Of Math Tadris (jMt), 01(01), 40–54.
Kaput, J. J., Carraher, D. W., & Blanton, M. L. (2008). Algebra In The Early Grades.
Kutbi, M., Putra, E. D., Et, A., & Marsidi. (2022). Identifikasi Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. 2(1), 185–205.
Markworth, K. A. (2010). Growing and Growing: Promoting Functional Thinking With Geometric Growing Patterns.
Mason, J., Burton, L., & Stacey, K. (2010). Thinking Mathematically.
Pang, J., & Sunwoo, J. (2022a). An analysis of teacher knowledge for teaching functional thinking to elementary school students. Asian Journal for Mathematics Education, 1(3), 306–322. https://doi.org/10.1177/27527263221125112
Pang, J., & Sunwoo, J. (2022b). An analysis of teacher knowledge for teaching functional thinking to elementary school students. Asian Journal for Mathematics Education, 1(3), 306–322. https://doi.org/10.1177/27527263221125112
Pinto, E., & Cañadas, M. C. (2017). Functional thinking and generalisation in third year of primary school To cite this version: HAL Id: Hal-01914666. 471–479.
Rahmah, N. H., & Masduki, M. (2023). PRE-SERVICE MATHEMATICS TEACHERS’ ALGEBRAIC THINKING IN SOLVING MATHEMATICS PROBLEMS BASED ON ADVERSITY QUOTIENT. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 172. https://doi.org/10.31000/prima.v7i2.8714
Siregar, A. P., Juniati, D., & Sulaiman, R. (2017). Profil Berpikir Fungsional Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. 2(2), 144–152.
Suryowati, E. (2021). Proses berpikir fungsional siswa SMP dalam menyelesaikan soal matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 109–119.
Syawahid, M. (2022). Elementary students’ functional thinking in solving context-based linear pattern problems. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 15(1), 37–52. https://doi.org/10.20414/betajtm.v15i1.497
Taranova, T. N., Misherina, I. V., Pashina, S. A., Bukreeva, I. V., Lysenko, N. A., & Nedopovs, I. I. (2023). Development of expert thinking of future teachers. SHS Web of Conferences, 164, 00131. https://doi.org/10.1051/shsconf/202316400131
Tarida, L., Budiarto, M. T., & Lukito, A. (2024). State of the art of functional thinking, scaffolding, problem solving and self efficacy (a systematic mapping study). 020017. https://doi.org/10.1063/5.0194597
Wijayanti, E. W. (2020). PROSES BERPIKIR SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FUNGSI DITINJAU DARI PERBEDAAN JENIS KELAMIN. 9(3), 504–508.
Wilkie, K. J., & Clarke, D. (2014). Developing Students ’ Functional Thinking in Algebra through Different Visualisations of a Growing Pattern ’ s Structure. 2008, 637–644.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Musratul Azizi, Al Kusaeri, M. Syawahid

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.