Penggunaan Alat Peraga Tangga Satuan Berat dengan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 26 Cakranegara. Berdasarkan hasil observasi yang peneliti temukan bahwa pada proses pembelajaran guru belum menggunakan alat peraga sebagai penunjang proses pembelajaran khususnya pada materi satuan berat dan masih cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini mengakibatkan siswa kurang tertarik dengan pelajaran matematika yang membuat hasil belajar siswa belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan perbaikan dengan menggunakan alat peraga tangga satuan berat yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan matematika. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas III SDN 26 Cakranegara berjumlah 34 siswa. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus: setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi dengan analisis data kuantitatif yang dirincikan melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga tangga satuan berat dalam pembelajaran matematika kelas III SDN 26 Cakranegara dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 56,2 dan siklus II mengalami peningkatan rata-rata nilai 70,9 dengan ketuntasan belajar pada siklus I 47% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andhin Dyas Fioiani. (2018). Pengukuran Modul 2 Pendalaman Materi Matematika, Modul Pendidikan Profesi Guru.
Asep Eka Nugraha. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa melalui Penggunaan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya, Vol. 2, No. 1, Juni.
Erma Susanti. (2016). Keefektifan Metode Demonstrasi Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hail Belajar Siswa Kelas VIII Materi Tekanan Di SMP PGRI 16 Brangsong Tahun Pelajaran 2014/2015, Skripsi, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo, Semarang.
Harsikah. (2016). Penggunaan Alat Peraga pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Vol. 2, No.3, Desember.
Karso. (2018). Pendidikan Matematika 1, Jakarta: Universitas Terbuka.
Mohammad Faisul Basir. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Mengkonversi Satuan Volume Menggunakan Media Jembatan Zebra Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Vi Di Mi Darun Najah Kentong Glagah Lamongan Tahun Pelajaran 2014-2015, Skripsi, FTK UIN Sunan Ampel, Surabaya.
Mulyono Abdurrahman. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Nuraini. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghitung Berat Benda Menggunakan Tangga Konversi Satuan Berat, Skripsi, PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah, Sidoardjo.
Rahmat Hidayat dan Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya, Medan:Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia LPPI.
Randi Eka Putra dan Nevya Clara. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi, Vol. 5, No. 1.
Rostina Sundaya. (2014). Media Pembelajaran Matematika, Bandung:Alfabeta.
Saiful Bahri, Mataram: 20 Oktober 2022.
Sanjiwani, Putu Amrytha, Dewi Shinta, and Umi Fahmida. (2020). Asupan Zink Dan Tingkat Kecerdasan Anak Sekolah Dasar Di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Media Gizi Mikro Indonesia, Vol. 12, No.1.
Siti Annisah. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika, Vol.11, Nomor 1.
Slameto, Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas, PGSD & PPS-MP, FKIP UKSW Salatiga.
Sobry Sutikno. (2019). Metode dan Model-model Pembelajaran, Lombok : Holistica.
Sobry Sutikno. (2021). Strategi Pembelajaran, Indramayu: Penerbit Adab.
Sukardi. (2013). Metode Penelitian Tindakan Kelas:Implementasi Dan Pengembangannya Jakarta:Bumi Aksara.
Suryani. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Demonstrasi di SD Negeri 019 Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu, Vol. 2, Nomor. 4.