Ethnomathematics-Based Learning in Improving Students' Creative Thinking Abilities
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1297Keywords:
Etnomatematika, Kemampuan Berpikir Kreatif, Kesebangunan, Rumah Adat BimaAbstract
Integrasi antara matematika dengan budaya lokal memberikan perspektif baru dalam pengajaran yang lebih kontekstual dan dekat dengan pengalaman kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII di SMPN 1 Bolo melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kreatif pada materi kesebangunan dan wawancara semi-terstruktur, lalu dianalisis berdasarkan empat indikator berpikir kreatif menurut Munandar: kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis etnomatematika memunculkan variasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Subjek dengan kesiapan kognitif lebih baik menunjukkan kelancaran dan keluwesan berpikir yang kuat serta potensi keaslian solusi. Namun, hampir seluruh subjek masih lemah dalam aspek elaborasi, khususnya dalam mengembangkan penjelasan secara rinci.
Downloads
References
D’Ambrosio, U. (2001). Etnomatematika: Elo entre a tradição e a modernidade. Autêntica Editora. www.autenticaeditora.com.br
Fatmawiyanti, J. (2018). Telaah kreativitas. Universitas Airlangga, October, 0–21. https://www.researchgate.net/publication/328217424_TELAAH_KREATIVITAS
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata (tidak ada nama belakang, tetap satu nama), Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Y. Novianti (Ed.), PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI (Pertama). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Hafiza, H., Hairida, H., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Ulfah, M. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 9 Pontianak pada Materi Sistem Koloid. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4681–4693. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2707
Herianto, Sumiati, & Jusmiana, A. (2021). Pengaruh Pendekatan Etnomatematika Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. … Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1–16. https://www.e-journal.my.id/pedagogy/article/view/1526%0Ahttps://www.e-journal.my.id/pedagogy/article/download/1526/1238
John W. Creswell and Timothy C. Guetterman. (2019). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research, 6th ed. Pearson.
Kusaeri, A., Pardi, H. H., & Quddus, A. (2019). Culture and mathematics learning: Identifying students’ mathematics connection. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 12(1), 82–93. https://doi.org/10.20414/betajtm.v12i1.264
Kusaeri, A., & Pardi, M. H. H. (2019). Matematika dan Budaya Sasak: Kajian Etnomatematika di Lombok Timur. Jurnal Elemen, 5(2), 125–139. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1044
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis : A Methods Sourcebook (Third edit). SAGE Publication.
Munandar, Utami. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta:Rineka cipta
Munandar, Utami. (1985). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.
Murni, S., Pardi, M. H. H., & Evendi, E. (2025). Eksplorasi Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Bekel Suku Sasak. Journal of Math Tadris, 5(1), 26–42. https://doi.org/10.55099/jurmat.v5i1.184
Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA OPEN-ENDED DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.
Rohviana, B. A., & Pardi, M. H. H. (2024). Etnomatematika Pada Budaya Sasak di Rumah Adat Bale Tani Desa Rembitan Sebagai Sumber Belajar Matematika. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 5(2), 197–207.
Uloli, R. (2021). Berpikir Kreatif Dalam Penyelesaian Masalah. In RFM Pramedia Jember (p. 202). RFM Pramedia.
Yulianingsih, Asti (2021) Etnomatematika: konsep geometri pada struktur rumah adat suku Bima. Undergraduate thesis, UIN Mataram
Walle, J. A. Van De. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah: Pengembangan Pengajaran. In Matematika Sekolah Dasar dan Menengah: Pengembangan Pengajaran (Vol. 30, p. 104). Erlangga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irma Yanty Wulandari, M. Habib Husnial Pardi, Baiq Rofina Arvy

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



