Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDIT Qurrata Aini Baitussalam

Penulis

  • Shofiatul Mustafidah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Muhammad Fahri Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abrista Devi Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1017

Kata Kunci:

Augmented Reality, hasil belajar, media pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media        pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di        SDIT Qurrata Aini Baitussalam. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan      membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan   bahwa siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran AR         memperoleh nilai tes hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di            kelas kontrol. Uji statistik menggunakan Independent Samples T-Test dilakukan            untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar antara kedua kelas. Sebelum   pengujian hipotesis, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov mengonfirmasi bahwa             data terdistribusi normal, memenuhi asumsi untuk uji parametik. Hasil uji     menunjukkan nilai t hitung yang signifikan (-10,123) dengan p-value sebesar 0,000        (p < 0,05). Nilai p yang jauh di bawah tingkat signifikansi 0,05 dan nilai absolut t     hitung yang melebihi nilai t tabel (sekitar 3,623) menunjukkan adanya perbedaan        yang signifikan antara rata-rata hasil belajar IPA pada kedua kelas. Dengan   demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Auliani Nursyafitri, A., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa. 5(5), p-ISSN.

https://doi.org/10.46799/jsa.v5i5.1161

Dewi, T. N., Popiyanto, Y., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2, 212–219. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.157

Fadilah STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, A. D., Rizki Nurzakiyah STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, K. D., Atha Kanya STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, N. D., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17. https://doi.org/10.55606/jsr.vli2.938

Jahi, M., Irfan, M., Rahman, A., & Hermuttaqien, B. P. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.56393/kognisi.v4i1.2115

Nirmala Mboa, M., Ajito, T., St Theresia Kupang, S., Kota Lama, K., Kupang, K., & Tenggara Timur, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 06(02), 12296–12301.

Suhelayanti. Z, Syamsiah. R. Ima. P. T. Y. Rezeki. K. W. Rewini. S. Nita. N. Hadi. S. T. Julhim. A. D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Penerbit Yayasan Kita Menulis.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Mustafidah, S., Fahri, M. ., & Devi, A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDIT Qurrata Aini Baitussalam. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 140-149. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1017

Terbitan

Bagian

Artikel