Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SDIT Qurrata Aini Baitussalam
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1017Kata Kunci:
Augmented Reality, hasil belajar, media pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SDIT Qurrata Aini Baitussalam. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan membandingkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran AR memperoleh nilai tes hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa di kelas kontrol. Uji statistik menggunakan Independent Samples T-Test dilakukan untuk menguji signifikansi perbedaan hasil belajar antara kedua kelas. Sebelum pengujian hipotesis, uji normalitas Kolmogorov-Smirnov mengonfirmasi bahwa data terdistribusi normal, memenuhi asumsi untuk uji parametik. Hasil uji menunjukkan nilai t hitung yang signifikan (-10,123) dengan p-value sebesar 0,000 (p < 0,05). Nilai p yang jauh di bawah tingkat signifikansi 0,05 dan nilai absolut t hitung yang melebihi nilai t tabel (sekitar 3,623) menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil belajar IPA pada kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Augmented Reality berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa.
Unduhan
Referensi
Auliani Nursyafitri, A., & Hanifah, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa. 5(5), p-ISSN.
https://doi.org/10.46799/jsa.v5i5.1161
Dewi, T. N., Popiyanto, Y., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 2, 212–219. https://doi.org/10.69693/ijim.v2i3.157
Fadilah STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, A. D., Rizki Nurzakiyah STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, K. D., Atha Kanya STAI KHEZ Muttaqien Purwakarta, N. D., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Sulis Putri Hidayat STAI DR. KHEZ Muttaqien Purwakarta. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 01–17. https://doi.org/10.55606/jsr.vli2.938
Jahi, M., Irfan, M., Rahman, A., & Hermuttaqien, B. P. F. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Berbantuan Assemblr Edu terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.56393/kognisi.v4i1.2115
Nirmala Mboa, M., Ajito, T., St Theresia Kupang, S., Kota Lama, K., Kupang, K., & Tenggara Timur, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 06(02), 12296–12301.
Suhelayanti. Z, Syamsiah. R. Ima. P. T. Y. Rezeki. K. W. Rewini. S. Nita. N. Hadi. S. T. Julhim. A. D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Penerbit Yayasan Kita Menulis.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Shofiatul Mustafidah, Muhammad Fahri, Abrista Devi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



