UPAYA SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN BUDAYA LITERASI SAINS DI SD NEGERI DEMANGAN YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.104Kata Kunci:
Upaya Sekolah, Budaya Literasi sainsAbstrak
Literasi sains merupakan hal fundamental untuk dimiliki oleh siswa sebagai bekal dalam menghadapi perkembangan sains dan teknologi yang semakin canggih. Seyogyanya para lembaga pendidik dan tenaga kependidikan dapat menumbuhkan budaya literasi sains kepada siswa sejak usia sekolah dasar. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk memaparkan upaya sekolah dalam menumbuhkan budaya literasi sains di SD Negeri Demangan Yogyakarta.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus.Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara langsung, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, untuk menumbuhkan budaya literasi sains, sekolah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kemampuan literasi sains siswa seperti: membaca, eksperimen, melestarikan lingkungan, sosialisasi dan simulasi tanggap bencana gempa bumi, dan outdoor study. Agar kegiatan literasi sains berjalan lancar sekolah menyediakan fasilitas seperti: pembangunan gazebo, pembuatan pojok baca, bahan bacaan, lahan untuk penghijauan, alat peraga pembelajaran IPA.
Unduhan
Referensi
Ali, Gufran Ibrahim. (2017).Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Biro Komunikasi dan layanan Masyarakat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas. Saatnya Tingkatkan Kualitas. https://www.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 18Desember 2020. Pukul 20.10 WITA
Depdikbud. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Randy, Muhammad Fananta, dkk, (2017). Materi Pendukung Literasi Sain: Gerakan Letarasi Nasional.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Samatowa, Usman. (2011). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.
Soewandi, Slamet. (2008). Persepektif Pembelajaran Berbagai Bidang Studi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Toharudin, Uus, dkk. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hayaturrayyan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



