Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Rotating trio exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Klari Karawang

Penulis

  • Nanda Agustin Universitas Singaperbangsa karawang
  • Debibik Nabilatul Fauziah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Neng Ulya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1072

Kata Kunci:

Kata Kunci: Model Rotating Trio Exchange (RTE), Kemampuan Kognitif, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Klari Karawang pada kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental dengan rancangan pretest dan posttest group design. Dengan populasi sebanyak 412 siswa dan sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak 80 siswa. Peningkatan kemampuan kognitif siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 19,63, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 17,22. Untuk melihat pengaruh penggunaan model rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,4330 memiliki kategori sedang dengan persentase 43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwan, M. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1-19.

Cahyani, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (Rte) Berbasis Elpsa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Peserta Didik.

Faizah, S. (2022). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. March 2020. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85

Hairuddin, C. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah.

Husairi, H. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BAHASA ARAB MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI NW 1 KEMBANG KERANG. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 10–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.103 (Original work published January 12, 2021)

Monita, I. (2020). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Kemmapuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Sidomulyo Lampung Selatan.

Muhammad, Y. (2021). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IX Menggunakan Pembelajaran Matematika Sistem Daring di MTS Al-Mawasir Padang Kalua.

Muharomah, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187–195. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.864

Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel model pembelajaran Cooperative Learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01–06.

Rachman Habibur, Ismail Fajri, A. W. M. (2023). Penerapan Model Rotating Trio Exchange. 3(3), 409.

Silberman, M. L. (2018). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Penerbit Nuansa Cendekia.

Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-07-28

Cara Mengutip

Agustin, N., Nabilatul Fauziah, D. ., & Ulya, N. (2025). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Rotating trio exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Klari Karawang. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 163-174. https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1072

Terbitan

Bagian

Artikel