Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Rotating trio exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Klari Karawang
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v5i2.1072Kata Kunci:
Kata Kunci: Model Rotating Trio Exchange (RTE), Kemampuan Kognitif, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh model pembelajaran rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 4 Klari Karawang pada kelas VIII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII J sebagai kelas kontrol pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan desain quasi eksperimental dengan rancangan pretest dan posttest group design. Dengan populasi sebanyak 412 siswa dan sampel yang diambil dalam penelitian sebanyak 80 siswa. Peningkatan kemampuan kognitif siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata hasil pretest dan posttest kelas eksperimen sebesar 19,63, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 17,22. Untuk melihat pengaruh penggunaan model rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif siswa dapat dilihat dari hasil perhitungan uji N-gain menunjukkan bahwa rata-rata nilai N-gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,4330 memiliki kategori sedang dengan persentase 43%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran rotating trio exchange terhadap kemampuan kognitif siswa.
Unduhan
Referensi
Alwan, M. (2020). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS. Jurnal Al-Muta’aliyah, 1-19.
Cahyani, M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (Rte) Berbasis Elpsa Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kecerdasan Spasial Peserta Didik.
Faizah, S. (2022). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. March 2020. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Hairuddin, C. (2020). Peranan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam meningkatkan Interaksi Pembelajaran di Sekolah.
Husairi, H. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BAHASA ARAB MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI NW 1 KEMBANG KERANG. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 10–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.103 (Original work published January 12, 2021)
Monita, I. (2020). Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Kemmapuan Kognitif Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMPN 2 Sidomulyo Lampung Selatan.
Muhammad, Y. (2021). Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IX Menggunakan Pembelajaran Matematika Sistem Daring di MTS Al-Mawasir Padang Kalua.
Muharomah, A., Farida, F., & Putra, R. W. Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Pembelajaran Rotating Trio Exchange (RTE). J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 187–195. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.864
Putri, K. M. F., Ranti, L. R., & Ringkat, G. H. F. (2024). Artikel model pembelajaran Cooperative Learning. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 01–06.
Rachman Habibur, Ismail Fajri, A. W. M. (2023). Penerapan Model Rotating Trio Exchange. 3(3), 409.
Silberman, M. L. (2018). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Penerbit Nuansa Cendekia.
Tabrani, & Amin, M. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 200–213.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nanda Agustin, Debibik Nabilatul Fauziah, Neng Ulya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



