Implikasinya Pendidikan Karakter Peserta Didik Dalam Q.S Al Hujurat Ayat 1-5 Menurut Tafsir Ibnu Katsir
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v3i1.389Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Q.S al-Hujurat, Ibnu KatsirAbstrak
Akhlak yang melanda sebagian peserta didik di tanah air. Salah satu indikator terjadinya krisis tersebut adalah karena maraknya pemeritaan di media massa terkait dengan perilaku tidak sopan yang dilakukan oleh peserta didik di sejumlah lembaga pendidikan di tanah air, persoalan ini menunjukkan bahwa pengamalan terhadap sikap akhlak bagi peserta didik menjadi sangat penting dalam pendidikan Islam. Oleh karena itu peserta didik harus memiliki sikap atau akhlak yang baik kepada pendidik, dengan adanya sikap yang baik yang dimiliki oleh peserta didik dan pendidik diharapkan tujuan pendidikan Islam itu dapat tercapai dengan baik. Adapun yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana interaksi peserta didik dengan pendidik dalam QS al-Hujurat ayat 1-5 dan diwujudkannya dalam pendidikan Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepustakaan library research (studi pustaka) yaitu pendalaman, penelahan dan pengidentifikasian pengetahuan yang ada dalam kepustakaan (sumber bacaan buku-buku referensi atau hasil penelitian lain) yang berhubungan dengan pembahasan yang diteliti. Paada pembahahasan ini adalah metode yang digunakan yaitu metode deduktif. Dari hasil yang penulis perlihatkan menunjukkan bahwa akhlak peserta didik dengan pendidik memiliki sikap santun santun seperti yang terdapat dalam isi surat Al-Hujurat ayat 1-5 yaitu, peserta didik tidak boleh meniru pada saat sedang berjalan bersama pendidik, kecuali meminta izin, ketika kita sedang Berbicara dengan pendidik, kita tidak dibenarkan bersuara keras seperti halnya berbicara sesama kita, melainkan dengan suara yang lembut lembut dan penuh dengan rasa takut.
Unduhan
Referensi
Akhdhiyat, B. A. (2009). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Al-Qur‟an, L. p. (2007). Al-Qur'an Al Karim dan Terjemahan. Bogor: Kementrian Agama.
Hasbullah. (1997). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Islam, l. P. (2010). Abuddin Nata. Jakarta: Rajawali.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Mulyasa, E. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mursi, M. S. (2004). Seni Mendidik Anak. Jakarta : Pustaka Al-Kautsar.
Nata, A. (2012). Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers.
Suharto, T. (2014). Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Islami, Diana, et al. Implikasi Q . S . Al-Hujurat Ayat 1-5 Terhadap Etika Komunikasi. pp. 249–55
Yusuf, K. M. (2015). Tafsir Tarbawi Pesan-Pesan Al-Qur‟an Tentang Pendidikan,. Jakarta: Amzah.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 andyrezky Andy Riski Pratama, Charles Charles

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



