Optimalisasi Pembelajaran Fiqih dengan Model STAD di Madrasah Tsanawiyah
Implementasi Pragmatik untuk Menghadapi Tantangan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.770Keywords:
Pembelajaran Fiqih, Model STAD, Pragmatik, BelajarAbstract
This study was conducted with the aim of finding out the concept of pragmatism, and how a teacher behaves pragmatically to solve learning problems in students using the STAD learning model, especially in fiqh learning in Madrasah Tsanawiyah. The method used in this study is a literature study with the hope of obtaining suitable and relevant theories to support the arguments from the results of the research conducted. Then the next is the result of the research that has been carried out, including; Pragmatism comes from the word pragma (Greek) which means action, deed. Pragmatism is a school of philosophy that holds that the criterion of the truth of something is whether something has usefulness for real life. Learning problems are certain conditions experienced by students and hinder the smooth process carried out by individuals to obtain a new change in behavior as a whole. One way that can and is suitable to be used as a solution to learning problems is to use an interactive learning model, namely the Student Teams Achievement Division (STAD) learning model.
Downloads
References
Wiradarma, Komang Suardi, Ni Ketut Suarni, and Ndara Tanggu Renda. "Analisis hubungan minat belajar terhadap hasil belajar daring IPA siswa kelas III sekolah dasar." Mimbar PGSD Undiksha 9.3 (2021): 408-415.
Asmedy, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 108–113. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.41
Konsep Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah. (2023). Al-Gazali Journal of Islamic Education, 2(1), 75-91. https://staialgazalibulukumba.ac.id/jurnal/index.php/AJIE/article/view/36
Wulandari, I., & Kunci, K. (2022). Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement division) dalam pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17-23.
Jalaluddin dan Idi, Abdullah. 2002. Filsafat Pendidikan Manusia Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Gaya Media Pratama
Kejarcita.id. 2023. 7 Masalah yang Dihadapi Siswa di Sekolah dan Cara Mengatasinya
Kochhar.2008. Pembelajaran Sejarah, (Teaching of History). Jakarta: Gramedia
Topan, M. (2021). Pragmatisme Dalam Pendidikan Di Indonesia: Kritik Dan Relevansinya. Al-Idrak: Jurnal Pendidikan Islam dan Budaya, 1(1), 16-26.
Sifa, M. R. A., Syaripudin, T., & Hendriani, A. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meningkatkan keterampilan kerjasama siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 120-130. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i2.30024
Ramayulis dan Nizar, Samsul. 2000. Filsafat Pendidikan Islam Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. Jakarta: Kalam Mulia
Redaksi Guru Inovatif. 2022. Mengenal STAD, Metode Pembelajaran Interaktif dan Komunikatif. guruinovatif.id
Gandhi, Teguh Wangsa. 2011. Filsafat Pendidikan (mazhab-mazhab Filsafat Pendidikan). Yogyakarta; Ar-Ruzz Media
Uyoh Sadullah. 2008. Pengantaran Filsafat Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fe Muhammad Muzahab Badar Ar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.