Penerapan Materi PAI dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Batik Ecoprint di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.783Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, Batik EcoprintAbstract
This research explores the integration of Islamic Religious Education (PAI) in the Project to Strengthen the Pancasila Student Profile through Batik Ecoprint. The study examines how the values of Pancasila and Islamic teachings can be combined to foster students' character development, creativity, and environmental awareness. The Batik Ecoprint project serves as an innovative educational approach that not only introduces students to traditional arts but also aligns with ecological consciousness and moral values emphasized in PAI. This qualitative research employs a case study method to analyze the project's implementation, highlighting its effectiveness in promoting religious values, cultural preservation, and environmental sustainability. The findings indicate that the integration of PAI with local cultural elements, such as Batik Ecoprint, contributes to shaping well-rounded students who embody the Pancasila profile with a strong foundation in religious principles
Downloads
References
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Pengunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu (1st ed.). Rajawali Pers.
KEPUTUSAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 211 TAHUN 2011 TENTANG PEDOMAN PENGEMBANGAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH, Pub. L. No. 211 (2011).
Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Cross-Border, 4(1), 114–126.
J Moleong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya.
Nabila, S., Purnamasari, J., Sudrajat, Khalifah, T., & Idah Paridah. (2023). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B dan Fase C Kelas 4, 5, dan 6 Tema Kewirausahaan Batik Ecoprint. SD Negeri Cikaso.
Nurhantara, Y. R., & Ratnasari Dyah Utami. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 736–746. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5142
Penyusun, T. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam. Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Penyusun, T. (2024). Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14145044257945-Pengertian-dan-Penerapan-Profil-Pelajar-Pancasila
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan : Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sifaunajah, A., & Tulusiawati, C. (2020). Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–20.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Alfabeta.
Suhardi, S. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Demensi Profil Pancasila. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 468–476.
Zazuli, A. I., & Hidayah, F. F. (2020). MEMBANGUN DESA EKONOMI MANDIRI MELALUI BATIK ECOPRINT DI REJOSARI KABUPATEN KUDUS. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Tatik Khalifah, Muhammad Ikhsan Ghofur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.