Penerapan Materi PAI dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Batik Ecoprint di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.783Kata Kunci:
Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, Batik EcoprintAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Batik Ecoprint di Sekolah Dasar Negeri Cikaso. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan partisipasi aktif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Batik Ecoprint berperan dalam mengembangkan tiga dimensi utama Profil Pelajar Pancasila, yaitu gotong royong, kemandirian, dan kreativitas. Proses pembelajaran ini menekankan kolaborasi antar siswa, pengembangan regulasi diri, dan eksplorasi kreativitas dalam menciptakan karya orisinal. Materi PAI diterapkan dengan menanamkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari pengamalan ajaran Islam. Melalui proyek ini, siswa tidak hanya belajar tentang kewirausahaan, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai Islami dan kebangsaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi PAI dalam proyek kreatif efektif membentuk karakter peserta didik yang beriman, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran ekologis
Unduhan
Referensi
Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Pengunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu (1st ed.). Rajawali Pers.
KEPUTUSAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 211 TAHUN 2011 TENTANG PEDOMAN PENGEMBANGAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH, Pub. L. No. 211 (2011).
Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Cross-Border, 4(1), 114–126.
J Moleong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.
Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.
Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya.
Nabila, S., Purnamasari, J., Sudrajat, Khalifah, T., & Idah Paridah. (2023). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B dan Fase C Kelas 4, 5, dan 6 Tema Kewirausahaan Batik Ecoprint. SD Negeri Cikaso.
Nurhantara, Y. R., & Ratnasari Dyah Utami. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 736–746. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5142
Penyusun, T. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam. Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Penyusun, T. (2024). Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14145044257945-Pengertian-dan-Penerapan-Profil-Pelajar-Pancasila
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan : Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Sifaunajah, A., & Tulusiawati, C. (2020). Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–20.
Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Alfabeta.
Suhardi, S. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Demensi Profil Pancasila. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 468–476.
Zazuli, A. I., & Hidayah, F. F. (2020). MEMBANGUN DESA EKONOMI MANDIRI MELALUI BATIK ECOPRINT DI REJOSARI KABUPATEN KUDUS. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tatik Khalifah, Muhammad Ikhsan Ghofur

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.