Penerapan Materi PAI dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Batik Ecoprint di Sekolah Dasar

Penulis

  • Tatik Khalifah SD Negeri Cikaso
  • Muhammad Ikhsan Ghofur UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.783

Kata Kunci:

Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, Batik Ecoprint

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Batik Ecoprint di Sekolah Dasar Negeri Cikaso. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan partisipasi aktif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Batik Ecoprint berperan dalam mengembangkan tiga dimensi utama Profil Pelajar Pancasila, yaitu gotong royong, kemandirian, dan kreativitas. Proses pembelajaran ini menekankan kolaborasi antar siswa, pengembangan regulasi diri, dan eksplorasi kreativitas dalam menciptakan karya orisinal. Materi PAI diterapkan dengan menanamkan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga lingkungan sebagai bagian dari pengamalan ajaran Islam. Melalui proyek ini, siswa tidak hanya belajar tentang kewirausahaan, tetapi juga menginternalisasi nilai-nilai Islami dan kebangsaan. Penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi PAI dalam proyek kreatif efektif membentuk karakter peserta didik yang beriman, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran ekologis

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Pengunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu (1st ed.). Rajawali Pers.

KEPUTUSAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 211 TAHUN 2011 TENTANG PEDOMAN PENGEMBANGAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH, Pub. L. No. 211 (2011).

Husaini, H. (2021). Hakikat Tujuan Pendidikan Agama Islam Dalam Berbagai Perspektif. Cross-Border, 4(1), 114–126.

J Moleong, L. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan karakter sebagai upaya wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Majid, A., & Andayani, D. (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004. Remaja Rosdakarya.

Nabila, S., Purnamasari, J., Sudrajat, Khalifah, T., & Idah Paridah. (2023). Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B dan Fase C Kelas 4, 5, dan 6 Tema Kewirausahaan Batik Ecoprint. SD Negeri Cikaso.

Nurhantara, Y. R., & Ratnasari Dyah Utami. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Berbasis Merdeka Belajar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 736–746. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5142

Penyusun, T. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Pendidikan Agama Islam. Departemen Pendidikan Nasional Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Penyusun, T. (2024). Pengertian dan Penerapan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/id/articles/14145044257945-Pengertian-dan-Penerapan-Profil-Pelajar-Pancasila

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan : Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Sifaunajah, A., & Tulusiawati, C. (2020). Pengembangan Kerajinan Batik dengan Teknik Ecoprint bersama Organisasi Karang Taruna dan IPNU-IPPNU Desa Barongsawahan. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16–20.

Sugiyono. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif. Alfabeta.

Suhardi, S. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Demensi Profil Pancasila. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 468–476.

Zazuli, A. I., & Hidayah, F. F. (2020). MEMBANGUN DESA EKONOMI MANDIRI MELALUI BATIK ECOPRINT DI REJOSARI KABUPATEN KUDUS. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 3.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Khalifah, Tatik, dan Muhammad Ikhsan Ghofur. “Penerapan Materi PAI Dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Batik Ecoprint Di Sekolah Dasar”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (November 29, 2024): 26-34. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/783.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)