MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE GRUP INVESTIGATION
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v1i2.266Kata Kunci:
Hasil Belajar,Group Investigation, kecepatanAbstrak
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi kecepatan menggunakan model Cooperative Tipe Grup Investigationdi kelas VB MI NW Kalijaga. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kuantitatif, karena data ini menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data dan penampilan hasil.Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NW Kalijaga dan sampel sampel penelitian kelas VB MI NW Kalijaga sebanyak 14 siswa.Hasil penelitian ini terlihat dari hasil belajar siswa, pada prasiklus masih banyaknya siswa yang belum tuntas berdasarkan KBM (73%), pada pra siklus hanya ada lima siswa yang tuntas (35,7%) dengan nilai rata – rata 56,8, nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 30.Pada siklus satu ada peningkatan menjadi tujuh orang siswa siswa (50%) yang tuntas KBM, nilai rata-rata 63,2, nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 30. Pada perbaikan pembelajaran siklus dua dari 14 siswa yang tuntas KBM meningkat lagi menjadi 10 siswa (89%), nilai rata-rata 75,6, nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 40.
Unduhan
Referensi
Cantik , Nimas laraswati (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelaja Ran Group Investigation Pada Siswa Kelas III Sd Negeri 3 Kalikotes”. ( Klaten )
Joko, Iswahyudi, Suprayitno. Solichatun (2016) “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Group Investigation Materi Debit Air Siswa Kelas VI Zakariya SD Muhammadiyah Sukorejo Tahun 2016”. ISBN : 978-602-61599-6-0.
M. Munira (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PMDS Putri Palopo. ( Palopo)
Slavin, E. Robert. 2005. Cooperative learning:Theory, research and practice. Londong:Allymand Bacon. Hlm 10
Saodih ,Nana Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,).
Subana , M.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, ( Bandung; Pustakan Setia)
Sutama. (2007). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Pengembangan Kreativitas Mahasiswa”. Varidika/Vol. 19, No. 1, pp. 1-14.
Syahban Arham (2020), Pendidikan Jasmani dan Rohani, di akses di https://www.arhamsyahban.com/2020/04/ptk-pendidikan-jasmani.html pada hari rabu, 10 november 2021
Team pustaka phonix. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Cet. III; Jakarta: PT. Media Pustaka Phonix,).
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Widayanti , Anny. Penggunaan Metode Pembelajaran Group Investigation Untuk Pengajaran Matematika. Bangun Rekaprima Vol.05/1/April/2019.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ulfa Nurhakikah kikah, Hayaturraiyan Hayaturraiyan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.