MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE GRUP INVESTIGATION

Penulis

  • Ulfa Nurhakikah STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB
  • Hayaturrayyan STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v1i2.266

Kata Kunci:

Hasil Belajar,Group Investigation, kecepatan

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi kecepatan menggunakan model Cooperative Tipe Grup Investigationdi kelas VB MI NW Kalijaga. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kuantitatif, karena data ini menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran data dan penampilan hasil.Subjek penelitian adalah siswa kelas V MI NW Kalijaga dan sampel sampel penelitian kelas VB MI NW Kalijaga sebanyak 14 siswa.Hasil penelitian ini terlihat dari hasil belajar siswa, pada prasiklus masih banyaknya siswa yang belum tuntas berdasarkan KBM (73%), pada pra siklus hanya ada lima siswa yang tuntas (35,7%) dengan nilai rata – rata 56,8, nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 30.Pada siklus satu ada peningkatan menjadi tujuh orang siswa siswa (50%) yang tuntas KBM, nilai rata-rata 63,2, nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 30. Pada perbaikan pembelajaran siklus dua dari 14 siswa yang tuntas KBM meningkat lagi menjadi 10 siswa (89%), nilai rata-rata 75,6, nilai tertinggi 98 dan nilai terendah 40.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Cantik , Nimas laraswati (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelaja Ran Group Investigation Pada Siswa Kelas III Sd Negeri 3 Kalikotes”. ( Klaten )

Joko, Iswahyudi, Suprayitno. Solichatun (2016) “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Group Investigation Materi Debit Air Siswa Kelas VI Zakariya SD Muhammadiyah Sukorejo Tahun 2016”. ISBN : 978-602-61599-6-0.

M. Munira (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA PMDS Putri Palopo. ( Palopo)

Slavin, E. Robert. 2005. Cooperative learning:Theory, research and practice. Londong:Allymand Bacon. Hlm 10

Saodih ,Nana Sukmadinata. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,).

Subana , M.Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia, ( Bandung; Pustakan Setia)

Sutama. (2007). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Pengembangan Kreativitas Mahasiswa”. Varidika/Vol. 19, No. 1, pp. 1-14.

Syahban Arham (2020), Pendidikan Jasmani dan Rohani, di akses di https://www.arhamsyahban.com/2020/04/ptk-pendidikan-jasmani.html pada hari rabu, 10 november 2021

Team pustaka phonix. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Cet. III; Jakarta: PT. Media Pustaka Phonix,).

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widayanti , Anny. Penggunaan Metode Pembelajaran Group Investigation Untuk Pengajaran Matematika. Bangun Rekaprima Vol.05/1/April/2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-23

Cara Mengutip

Nurhakikah, Ulfa, dan Hayaturraiyan Hayaturraiyan. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KECEPATAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE TIPE GRUP INVESTIGATION”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 2 (Agustus 23, 2021): 96-108. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/266.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)