Penerapan Metode Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Di MI NW Karang Baru
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i1.270Kata Kunci:
Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Aqidah AkhlakAbstrak
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. siswa kelas IV MI NW Karang Baru? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. siswa kelas IV MI NW Karang Baru?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 69,70 yang berada pada kriteria kurang baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,12 dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 14,42. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI NW Karang Baru
Unduhan
Referensi
Abdul Majid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hasil wawancara dengan Bapak Asraruddin pada tanggal 16 Oktober
https://www.researchgate.net/figure/GAMBAR-1-MODEL-SPIRAL-DARI-KEMMIS-DAN-MC-TAGGART_fig1_322634591
Muhammad Zaini. (2009). Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras
Triano. (2001). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka Publiser.
Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. (2009). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafida.
UU. (2009). Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafida
Wiji Suwarno. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Mariana Ulpa, Husairi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.