Penerapan Metode Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Di MI NW Karang Baru

Penulis

  • Mariana Ulpa STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB
  • Husairi STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i1.270

Kata Kunci:

Model Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar, Aqidah Akhlak

Abstrak

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. siswa kelas IV MI NW Karang Baru? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Iman kepada kitab-kitab Allah Swt. siswa kelas IV MI NW Karang Baru?. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 69,70 yang berada pada kriteria kurang baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 84,12 dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 14,42. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI NW Karang Baru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Majid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasil wawancara dengan Bapak Asraruddin pada tanggal 16 Oktober

https://www.researchgate.net/figure/GAMBAR-1-MODEL-SPIRAL-DARI-KEMMIS-DAN-MC-TAGGART_fig1_322634591

Muhammad Zaini. (2009). Pengembangan Kurikulum Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras

Triano. (2001). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta : Prestasi Pustaka Publiser.

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003. (2009). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafida.

UU. (2009). Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.20 Tahun 2003). Jakarta: Sinar Grafida

Wiji Suwarno. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-27

Cara Mengutip

Ulpa, Mariana, dan Husairi Husairi. “Penerapan Metode Numbered Head Together Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Di MI NW Karang Baru”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (Februari 27, 2023): 32 - 41. Diakses Desember 22, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/270.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)