Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Di Sd Negeri Pondok Ranji 02
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i1.395Kata Kunci:
Pemanfaatan, Internet, Sumber PembelajaranAbstrak
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap terkait dengan pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran, yang dilakukan di SD NEGERI PONDOK RANJI 02. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumen kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumen. Hasil penelitian tentang bagaimana Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran SD NEGERI PONDOK RANJI 02 , Bentuk pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran SD NEGERI PONDOK RANJI 02 yang dilakukan oleh guru dan siswa adalah dengan penugasan oleh guru, siswa diberikan tugas untuk mencari, mempelajari, dan mengungkapkan pada saat pembelajaran untuk memperkaya keterbatasan materi yang ada pada buku dan lembar kerja anak yang digunakan pada saat pembelajaran dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat diskusi, keinginan anak yang tinggi untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber yang didapat melalui browsing dan searching di internet.
Unduhan
Referensi
Bustari, M. (2005). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Rangka Peningkatan Mutu Sekolah. In Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). 47–54.
Sulkifli1 , Kaharuddin2 , Firdaus3. PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN SISWA SMA YASPIB BONTOLEMPANGAN Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi Vol. VII. Issu 2. Juli-Desember 2019
Rediana Setiyani. (2010). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR VOL 5 NO 2
Direno, J., & Yulia, H. (2016). Pemanfaatan Internet oleh Guru dalam Melaksanakan Standar Proses Pembelajaran: Studi di SMP Negeri 2 Susukan, 101, 0–16. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/13936
Hamka, H. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95. https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.383.95-119
Hartono, R., Syahrudin, H., & Rosyid, R. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16078
Rahmi Andrianingsih1, Dea Mustika. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar Volume 6 Issue 6 (2022) Pages 6164-6172 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Suharmanto, A., & Sunarso, S. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 5, 24–41. https://doi.org/10.36412/ce.v1i1.496
Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654
Zainuddin, Z. (2011). Pemanfaatan Media Internet Dalam Belajar dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1), 61–69. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/2216
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Putri ramadani, Lu’luil Maknun

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.