Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Di Sd Negeri Pondok Ranji 02

Penulis

  • Putri Ramadani Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah
  • Lu’luil Maknun Universitas Islam Negeri Jakarta Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i1.395

Kata Kunci:

Pemanfaatan, Internet, Sumber Pembelajaran

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap terkait dengan pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran, yang dilakukan di SD NEGERI PONDOK RANJI 02. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumen kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif. Data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumen. Hasil penelitian tentang bagaimana Pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran  SD NEGERI PONDOK RANJI 02 , Bentuk pemanfaatan internet sebagai sumber pembelajaran  SD NEGERI PONDOK RANJI 02 yang dilakukan oleh guru dan siswa adalah dengan penugasan oleh guru, siswa diberikan tugas untuk mencari, mempelajari, dan mengungkapkan pada saat pembelajaran untuk memperkaya keterbatasan materi yang ada pada buku dan lembar kerja anak yang digunakan pada saat pembelajaran dan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul pada saat diskusi, keinginan anak yang tinggi untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber yang didapat melalui browsing dan searching di internet.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bustari, M. (2005). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Rangka Peningkatan Mutu Sekolah. In Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1). 47–54.

Sulkifli1 , Kaharuddin2 , Firdaus3. PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN SISWA SMA YASPIB BONTOLEMPANGAN Equilibrium: Jurnal Pendidikan Sosiologi Vol. VII. Issu 2. Juli-Desember 2019

Rediana Setiyani. (2010). PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR VOL 5 NO 2

Direno, J., & Yulia, H. (2016). Pemanfaatan Internet oleh Guru dalam Melaksanakan Standar Proses Pembelajaran: Studi di SMP Negeri 2 Susukan, 101, 0–16. https://repository.uksw.edu/handle/123456789/13936

Hamka, H. (2015). Penggunaan Internet Sebagai Media Pembelajaran Pada Mahasiswa Iain Palu. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 12(1), 95. https://doi.org/10.24239/jsi.v12i1.383.95-119

Hartono, R., Syahrudin, H., & Rosyid, R. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Media Internet Terhadap Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(7). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/16078

Rahmi Andrianingsih1, Dea Mustika. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, Indonesia(1) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar Siswa di Kelas Rendah Sekolah Dasar Volume 6 Issue 6 (2022) Pages 6164-6172 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Suharmanto, A., & Sunarso, S. (2017). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di SMA Negeri 1 Sleman. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Dan Hukum, 5, 24–41. https://doi.org/10.36412/ce.v1i1.496

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Zainuddin, Z. (2011). Pemanfaatan Media Internet Dalam Belajar dan Implikasinya Dalam Pendidikan. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1), 61–69. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jckrw/article/view/2216

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-27

Cara Mengutip

Ramadani, Putri, dan Lu’luil Maknun. “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran Di Sd Negeri Pondok Ranji 02”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 1 (Februari 27, 2023): 18 - 25. Diakses Desember 22, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/395.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)