Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-09-01. Baca versi terbaru.

PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN

Penulis

  • Muhammad asrori ma'sum Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Zuni Humairoh Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang
  • Faridah Yasmin Institut Agama Islam Bani Fattah Jombang

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i2.531

Kata Kunci:

Metode, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Hitung Campuran

Abstrak

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menganalisis masalah berdasarkan data yang ada untuk menemukan hubungan sebab akibat dalam suatu penelitian. Tujuan penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya (Peer Teaching) terhadap hasil belajar siswa MI Madinatul Ulum khususnya pada materi operasi hitung campuran. Metode tutor sebaya (Peer Teaching) merupakan salah satu metode yang baik untuk diterapkan pada mata pelajaran matematika. Metode ini diyakini mampu memberikan solusi terhadap permasalahan siswa yang kurang mampu memahami penjelasan yang disampaikan guru dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperimen dengan design nonequivalent control group design dalam hal pendekatan dua langkah, pendekatan dua langkah digunakan untuk membandingkan pendekatan dua langkah sebelum dan sesudah perlakuan (treatment). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VI MI Madinatul Ulum pada materi operasi hitung campuran dimana kelas VI A sebagai kelas kontrol dan kelas VI B sebagai kelas eksperimen ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. sebesar 17% pada kelas eksperimen. Persentase tersebut diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji statistik yang menunjukkan bahwa t hitung > ttabel yaitu 4,08 > 1,68 dengan taraf signifikan 95%, sehingga hipotesis awal dapat diterima. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah kelulusan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 17 siswa kelas eksperimen dengan persentase 68% lulus KKM, sedangkan kelas kontrol sebanyak 4 siswa yang lulus KKM dengan persentase 16%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Buchori, Mochtar. 1994. Spektrum Problematika Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis) . Jakarta: Rineka Cipta.

Machali, Imam. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Dan Pengembangan Karakter. 1st ed. edited by A. Arifun. Yogyakarta: Pedagogia.

Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. 1st ed. edited by H. Yuliarti S. Jakarta: Dian Rakyat.

Santosa, Sedya and Deni Indrawan. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Penggunaan Strategi Make A Match Di Sekolah Dasar.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 7(1):65–76.

Sutikno, Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistica.

Ulya, Himmatul. 2016. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving.” JURNAL KONSELING GUSJIGANG 2(1).

Diterbitkan

2023-09-01

Versi

Cara Mengutip

ma’sum, Muhammad asrori, Zuni Humairoh, dan Faridah Yasmin. “PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 3, no. 2 (September 1, 2023). Diakses Desember 22, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/531.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)