PENGARUH METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN
DOI:
https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v3i2.531Kata Kunci:
Metode, Tutor Sebaya, Hasil Belajar, Hitung CampuranAbstrak
Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menganalisis masalah berdasarkan data yang ada untuk menemukan hubungan sebab akibat dalam suatu penelitian. Tujuan penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode tutor sebaya (Peer Teaching) terhadap hasil belajar siswa MI Madinatul Ulum khususnya pada materi operasi hitung campuran. Metode tutor sebaya (Peer Teaching) merupakan salah satu metode yang baik untuk diterapkan pada mata pelajaran matematika. Metode ini diyakini mampu memberikan solusi terhadap permasalahan siswa yang kurang mampu memahami penjelasan yang disampaikan guru dalam kegiatan pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode quasy eksperimen dengan design nonequivalent control group design dalam hal pendekatan dua langkah, pendekatan dua langkah digunakan untuk membandingkan pendekatan dua langkah sebelum dan sesudah perlakuan (treatment). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada siswa kelas VI MI Madinatul Ulum pada materi operasi hitung campuran dimana kelas VI A sebagai kelas kontrol dan kelas VI B sebagai kelas eksperimen ditemukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. sebesar 17% pada kelas eksperimen. Persentase tersebut diketahui lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan menggunakan uji statistik yang menunjukkan bahwa t hitung > ttabel yaitu 4,08 > 1,68 dengan taraf signifikan 95%, sehingga hipotesis awal dapat diterima. Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah kelulusan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu 17 siswa kelas eksperimen dengan persentase 68% lulus KKM, sedangkan kelas kontrol sebanyak 4 siswa yang lulus KKM dengan persentase 16%.
Unduhan
Referensi
Buchori, Mochtar. 1994. Spektrum Problematika Pendidikan Di Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif (Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis) . Jakarta: Rineka Cipta.
Machali, Imam. 2012. Kepemimpinan Pendidikan Dan Pengembangan Karakter. 1st ed. edited by A. Arifun. Yogyakarta: Pedagogia.
Pribadi, Benny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. 1st ed. edited by H. Yuliarti S. Jakarta: Dian Rakyat.
Santosa, Sedya and Deni Indrawan. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Penggunaan Strategi Make A Match Di Sekolah Dasar.” Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan 7(1):65–76.
Sutikno, Sobry. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Upaya Kreatif Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Berhasil. Lombok: Holistica.
Ulya, Himmatul. 2016. “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving.” JURNAL KONSELING GUSJIGANG 2(1).
Diterbitkan
Versi
- 2023-09-01 (2)
- 2023-09-01 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad asrori ma'sum, Zuni Humairoh, Faridah Yasmin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
License Terms
Karya dalam Jurnal AL-Muta`aliyah dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) dengan ketentuan sebagai berikut:
1) Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini.
2) Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
3) Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.