Pembelajaran PAI berbasis Multiple Intelligences

Studi di SDIT BIAS Giwangan, Yogyakarta

Penulis

  • Difa'ul Husna Universitas Ahmad Dahlan
  • Oktri Pamungkas Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.786

Kata Kunci:

pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multiple Intelligences

Abstrak

Setiap anak dilahirkan dengan potensi kecerdasan yang berbeda-beda, maka idealnya proses pembelajaran didalamnya dapat diselenggarakan dengan  menghargai setiap jenis kecerdasan siswa sesuai dengan fitrahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan bentuk evaluasi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis multiple intelligences di SDIT BIAS Giwangan. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjabarkan data yang diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, dimana data yang diperoleh didapatkan dari beberapa sumber dan dengan teknik yang berbeda-beda. Selanjutnya analisis data kemudian dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan MIR (Multiple Intelligences Research) serta penyusunan Silabus dan RPP sebagai acuan pelaksanaan proses pembelajaran; 2) Pelaksanaan pembelajarannya dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup; 3) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amstrong, T. (2013). Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Indelis.

Chatib, M. (2013). Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia. Kaifa Mizan Pustaka.

Dharin, A. (2019). Model Pendidikan Islam berbasis Multiple Intelligences di Sekolah Dasar. Didaktika Islamika : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1).

Gardner, H. (2013). Multiple Intelligences. Daras Books.

Gunawan. (2016). Petunjuk Pelaksanaan Tahapan-Tahapan Pembelajaran. Rineka Cipta.

Hidayat, A. R. (20018). Pengembangan Multiple Intelligences di SDIT Harapan Bunda Purwokerto. IAIN Purwokerto.

Hidayati, T. N. (2016). Inovasi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Jurnal An-Nur : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1).

Hoer, T. R. (2007). Buku Kerja Multiple Intelligences. Kaifa.

Husna, D., Salsabila, U. H., & Ichsan, Y. (2020). Pendidikan Islam Berbasis Multiple Intelligence. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Kadafi, U. (2015). Pendidikan Agama Islam itu Pendidikan Praktis. Teras Ilmu.

Muhaimin. (2009). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Rajawali Pres.

Munir, M., Sholehah, H., & Rusmayadi, M. (2022). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR. JOURNAL OF ALIFBATA: Journal of Basic Education (JBE), 2(1), 31–36. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i1.285

Putri, W. (2018). Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences. Al-Ikhtibar ; Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(8).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Wahyudi, D., & Alafiah, T. (2016). Studi Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Madarris: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 8(2).

Wahyuni, S., & Tiurnauli. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multiple Intellgences di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 4.

Yaumi, M. (2012). Pembelajaran Berbasis Multiple intelligences. Dian Rakyat.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2024-11-29

Cara Mengutip

Husna, Difa’ul, dan Oktri Pamungkas. “Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences : Studi Di SDIT BIAS Giwangan, Yogyakarta ”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 4, no. 2 (November 29, 2024): 14-25. Diakses Desember 21, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/786.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)