Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika

(Studi Kasus Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah, Lombok)

Penulis

  • Feni Apriliana Universitas Islam Negeri Mataram
  • Erpin Evendi* Universitas Islam Negeri Mataram
  • Fadrik Adi Fahrudin Universitas Islam Negeri Mataram
  • M. Habib Husnial Pardi Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v5i1.909

Kata Kunci:

Integrasi, Nilai-nilai Islam, Pembelajaran Matematika, Madrasah

Abstrak

Riset ini berfokus pada nilai-nilai Islam yang diterapkan dalam pembelajaran Matematika sekaligus menggambarkan bagaimana nilai-nilai tersebut diintegrasikan dalam kegiatan pembelajaran Matematika di MA Miftahul Ishlah secara mendalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun sumber data penelitian ini yaitu kepala sekolah serta guru Matematika kelas X MA Miftahul Ishlah, dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, sampai proses penarikan kesimpulan, dengan menggunakan ketekunan pengamat dan triangulasi sebagai teknik pengecekan keabsahan data.

Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah menggunakan nilai keIslaman dalam Pembelajaran Matematika. Nilai-nilai Islam yang dimaksud, diantaranya nilai syukur, nilai etika dan nilai moral, serta nilai sosial. Nilai syukur diintegrasikan dengan pembiasan pada kegiatan pendahuluan dan penutup melalui pembacaan do'a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan pembelajaran. Nilai etika dan moral diintegrasikan pada kegiatan inti melalui penugasan dan penemuan dengan sikap jujur, tanggung jawab, adil dan teladan. Sedangkan nilai sosial diintegrasikan pada pembelajaran berbasis nonformal melalui kegiatan tutor sebaya yang dilaksanakan di luar jam pelajaran reguler. Penggunaan ayat Al-Qur'an dan Istilah/contoh/ilustrasi pada pembelajaran Matematika, ketika materi yang disampaikan berkaitan dengan literasi numerik dan penyusunan soal belum terintegrasi keislaman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Feni Apriliana, Universitas Islam Negeri Mataram

Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Erpin Evendi*, Universitas Islam Negeri Mataram

Dosen dan Peneliti di Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Minat penelitiannya adalah agama, evaluasi pendidikan dan pendidikan Matematika
Orcid ID: https://orcid.org/0000-0002-8040-4130

 

Fadrik Adi Fahrudin, Universitas Islam Negeri Mataram

Dosen dan Peneliti di Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Minat penelitiannya adalah pendidikan Matematika. 

M. Habib Husnial Pardi, Universitas Islam Negeri Mataram

Dosen dan Peneliti di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Minat penelitiannya adalah spiritual, nilai-nilai pendidikan agama, ethnomatematika. Afiliasi: Universitas Islam Negeri Mataram

Referensi

Arif, I. S. (2016). Psikologi positif: Pendekatan saintifik menuju kebahagiaan. PT Gramedia Pustaka Utama.

Aviola, N., Hayati, S., Pebria, W., Annisa, A., &, & Imamuddin, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Matematika Terintegrasi Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa. KOLONI, 2(2), 195–204.

Djawa, Y., & Aksan, S. M., &Azmar, A. (2023). Pengaruh Implementasi Nilai-nilai Islam Melalui Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Negeri Di Pulau Morotai. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(1), 31–37. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1year2023page31-37

Fitrah, Muh., & Kusnadi, D. (2022). INTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEMBELAJARKAN MATEMATIKA SEBAGAI BENTUK PENGUATAN KARAKTER PESERTA DIDIK. JURNAL EDUSCIENCE, 9(1), 152–167. https://doi.org/10.36987/jes.v9i1.2550

Harapah, R. (2020). Pengaruh Etika dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Kelas X SMA Negeri 6 Padangsimpuan. Jurnal Education and Development, 8(4), 551–551.

Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (2023). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science Journal, 19(1), 15.

Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Z., Nurdin, S., &, & Andryadi, A. (n.d.). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2).

Iska, Z. N. (2006). Psikologi Pengantar Pemahaman Diri Dan Lingkungan. Kizi Brother’s.

Ivanovich, A. (2003). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Pusat Penelitian Sosial Ekonomi. Litbang Pertanian, 27(10), 179–188.

Khaira, N., Bahri, S., &, & Idri, K. (2021). Pembelajaran Matematika Terintegrasi Nilai KeIslaman Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 89–100.

Lickona, T. (2012). Education For Caracter. PT Bumi Aksara.

Mahdalifa, A. S. (2018). Hubungan Sosial Antar Siswa Terhadap Hasil Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas SDN NO. 46 Songing Kecamatan Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Marhamah, L. M. (2022). Hubungan Syukur dengan Prestasi Akademik Pada Siswa SMK Gajah Mada Jombang. UIN Sunan Ampel.

Maulana, W., & Insaniyah, S. A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Humanis Dalam Kurikulum Pendidikan Multikultural: Tantangan Dan Peluang. ARRIYADHAH, 20, 39-48.

Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (Ed. Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Mudjia, R. (2017). Studi Kasus Dalam penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Nufus, H., Fadhila, M., &, & Hairina, Y. (2022). Peran Kebersyukuran Terhadap Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa. In Seminar Nasional Psikologi Dan Ilmu Humaniora (SENAPIH), 191–202.

Pasaribu, K. M., Soraya, F., &, & Amazihono, O. (2021). Hubungan Moral Siswa Dengan Hasil Belajar PKn SMP Kelas VII GKPI Padang Bulang Medan TA 2020/2021. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 131–136.

Puspita Faadhilaha, D., Pardi, M. H. H., & Evendi, E. (2024). Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika: (Studi Kasus MTs Putri Al-Ishlahuddiny Kediri). Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 49–63. https://doi.org/10.51700/mutaaliyah.v4i2.877

Rajabalinejad, M., Dongen, L. Van, & Ramtahalsing, M. (2020). Teori dan Dasar-dasar Integrasi Sistem. Keselamatan Dan Keandalan. Keselamatan Dan Keandalan, 39:1, 83–113. https://doi.org/10.1080/09617353.2020.1712918

Referensi. (n.d.). Integrasi Nilai-nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Salafudin, S. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. Jurnal Penelitian, 12(2), 223–243. https://doi.org/10.28918/jupe.v12i2.651

Silvatama, M. A., Kamila, N. N., Wijayanto, A., Sari, E., &, & Kholil, M. (2023). Penguatan Sikap Religius Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Bermuatan Nilai Islam. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 211–221.

Ulumuddin, A. (2021). Integrasi Nilai-nilai Islam Dalam Sistem Pembelajaran Di SMP Islam Terpadu Tunas Cendekia Mataram. UIN Mataram.

Umar, J. (2015). Peranan Nilai Sosial Dalam Pengembangan Pendidikan Umum. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(2), 1–18.

Widyaningrum, R. (2022). Matematika Berkonteks Islam. Lakeisha.

Yustinaningrum, B., Lubis, N. A., Gradini, E., Firmansyah, F., &, & Fitri, A. (2020). Integrasi Nilai Islami dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Matematika Di MTs Negeri 3 Aceh Tengah. Ournal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(2), 205–214. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i2.1031

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-22

Cara Mengutip

Apriliana, Feni, Erpin Evendi*, Fadrik Adi Fahrudin, dan M. Habib Husnial Pardi. “Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika: (Studi Kasus Madrasah Aliyah Miftahul Ishlah, Lombok)”. Jurnal al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 5, no. 1 (Februari 22, 2025): 1-14. Diakses Desember 22, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/almutaliyah/article/view/909.

Terbitan

Bagian

Articles (Peer Reviewed)