STRATEGI DAKWAH DAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW
Telaah kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.360Keywords:
strategy, dakwah, education, Teacher, studentsAbstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi dakwah dan pendidikan Nabi Muhammad SAW dalam kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah karya Syaikh Yusuf Khathir Hassan al-Shuury. Penelitian kepustakaan (Library research) menjadi pilihan metode dalam pebnyusunan tulisan ini, dengan menggunakan pendekatan literature review, yaitu melakukan kajian kritis mendalam terhadap berbagai literatur strategi dan metode dakwah dan pendidikan Islam. Kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah karya Syaikh Yusif Khathir Hasin al-Shuury menjadi rujukan primer dalam mengkaji strategi dakwah dan pendidikan Islam. Peneliti menemukan tiga hal penting terkait strategi dakwah dan pendidikan nabi dalam kitab tersebut: Pertama: sifat dan karakteristik nabi sebagai pendidik yang terdiri dari delapan sifat (yaitu: kasih sayang, sabar, cerdas, tawadhu’ berlapang dada, pemaaf, integritas kepribadian, cinta profesi) Kedua, strategi nabi Muhammad SAW dalam berdakwah (seperti pemberian hadiah dan saling mencinta, strategi persuratan, pemberian hadiah dan pujian kepada murid berkompeten), Ketiga, strategi nabi dalam pendidikan (pendidikan langsung/ceramah dan praktek, memotivasi siswa, active learning dengan strategi tanya jawab, menanamkan ikatan jiwa antara pendidik dan siswa, memperhatikan perkembangan fisik dan psikologi siswa, menanamkan ukhuwah)
Downloads
References
Abdul Mujib, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010)
Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992)
Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983)
Bukhari Umar, Hadis Tarbawi Pendidikan dalam Perspektif Hadis, 2012
Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, ( Jakarta: Bulan Bintang, 1975)
Husein Mu’nis, Dirasat fi al-Sirah al-Nabawiyah, terj. Nursamad Kamba, Al-Sirah Nabawiyah: Upaya Reformulasi Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW., Jakarta: Adigna Media Utama, 1999
Michael Hart, The 100: A Ranking of The Most Influential Persons in History, (New York: Hart), 1978.
Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama islam di Sekolah, Madrasah, danPerguruan Tinggi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)
Sutrisno Hadi, Metodologi Research, (yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1990) dan M. Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia)
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Syaikh Shafiyyur Rahman al-Mubarakfury, Sirah Nabawiyah, (Jakarta: Pustaka al- Kautsar,1998)
Syaikh Yusif Khathir Hasin al-Shuury, Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah (Syunduk at-Takaaful Li ri’ayati Aasar as-Syuhada wal Usara, 1991)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurmaidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



