STRATEGI DAKWAH DAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW

Telaah kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah

Penulis

  • Nurmaidah Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.360

Kata Kunci:

strategi, dakwah, pendidikan, pendidik, siswa

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi dakwah dan pendidikan Nabi Muhammad SAW dalam kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah karya Syaikh Yusuf Khathir Hassan al-Shuury. Penelitian kepustakaan (Library research) menjadi pilihan metode dalam pebnyusunan tulisan ini, dengan menggunakan pendekatan literature review, yaitu melakukan kajian kritis mendalam terhadap berbagai literatur strategi dan metode dakwah dan pendidikan Islam. Kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah karya Syaikh Yusif Khathir Hasin al-Shuury menjadi rujukan primer dalam mengkaji strategi dakwah dan pendidikan Islam. Peneliti menemukan tiga hal penting terkait strategi dakwah dan pendidikan nabi dalam kitab tersebut: Pertama: sifat dan karakteristik nabi sebagai pendidik yang terdiri dari delapan sifat (yaitu: kasih sayang, sabar, cerdas, tawadhu’ berlapang dada, pemaaf, integritas kepribadian, cinta profesi) Kedua, strategi nabi Muhammad SAW dalam berdakwah (seperti pemberian hadiah dan saling mencinta, strategi persuratan, pemberian hadiah dan pujian kepada murid berkompeten), Ketiga, strategi nabi dalam pendidikan (pendidikan langsung/ceramah dan praktek, memotivasi siswa, active learning dengan strategi tanya jawab, menanamkan ikatan jiwa antara pendidik dan siswa, memperhatikan perkembangan fisik dan psikologi siswa, menanamkan ukhuwah)

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Mujib, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010)

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992)

Asmuni Syukir, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1983)

Bukhari Umar, Hadis Tarbawi Pendidikan dalam Perspektif Hadis, 2012

Harun Nasution, Pembaharuan Dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan, ( Jakarta: Bulan Bintang, 1975)

Husein Mu’nis, Dirasat fi al-Sirah al-Nabawiyah, terj. Nursamad Kamba, Al-Sirah Nabawiyah: Upaya Reformulasi Sejarah Perjuangan Nabi Muhammad SAW., Jakarta: Adigna Media Utama, 1999

Michael Hart, The 100: A Ranking of The Most Influential Persons in History, (New York: Hart), 1978.

Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama islam di Sekolah, Madrasah, danPerguruan Tinggi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009)

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, (yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1990) dan M. Nazir, Metode Penelitian, (Jakarta: Ghalia Indonesia)

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)

Syaikh Shafiyyur Rahman al-Mubarakfury, Sirah Nabawiyah, (Jakarta: Pustaka al- Kautsar,1998)

Syaikh Yusif Khathir Hasin al-Shuury, Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah (Syunduk at-Takaaful Li ri’ayati Aasar as-Syuhada wal Usara, 1991)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-12

Cara Mengutip

Nurmaidah, N. (2021). STRATEGI DAKWAH DAN PENDIDIKAN NABI MUHAMMAD SAW : Telaah kitab Asaaliibu al-Rasul fi al-Dakwah wa al-Tarbiyyah . Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 78-92. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.360

Terbitan

Bagian

Research Articles (Peer Review)