PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN ONLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MASA PANDEMIC COVID-19

Penulis

  • Muhammad Alwan STAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.254

Kata Kunci:

persepsi mahasiswa, perkuliahan online, media pembelajaran

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memaparkan informasi tentang persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online selama masa pandemic Covid-19. Informasi persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan online menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu dengan melakukan survey dengan memberikan angket google form kepada 48 mahasiswa. Berdasarkan angket survey yang diberikan diperoleh hasil penelitian bahwa pada item jenis aplikasi e-learning yang paling sering digunakan oleh mahasiswa yaitu sebanyak 56,3% atau 27 mahasiswa lebih sering menggunakan WhatsApp, 37,5% atau 18 mahasiswa lebih sering menggunakan google classroom, 4,2% atau 2 edmodo, dan 2,1% atau 1 mahasiswa zoom meeting. Pada item tempat biasa mahasiswa kuliah online menunjukan 89,6% menyatakan belajar online dari rumah. 81,3% mahasiswa selalu bersedia mengikuti kuliah online. Kemudian 79,2% menyatakan pembelajaran online selalu dilaksanakan sesuai prosedur Instruktural dan 20% sisanya mengatakan tidak sesuai. 89,6% Dosen dalam kuliah menggunakan RPS dalam perkulihan, 10,4% tidak menggunakan RPS. Selanjutnya 72% mahasiswa setujua e-learning memberikan kemudahan dalam belajar mandiri, 27,1% mengatakan tidak memberi kemudahan belajar mandiri. Kemudian 52,1% mengatakan e-learning dapat memotivasi mahasiswa dalam belajar, 47,9% mengatakan tidak.  60,4% mahasiswa setuju e-learning dapat meningkatkan kesiapan belajar, 30,6% mengatakan tidak. Pada survey alat elektronik yang digunakan kuliah online 35,4% menggunakan laptop, dan 93,8% menggunakan smartphone. Selanjutnya sebanyak 93,6% mengatakan lebih senang dengan tatap muka, dan senang dengan kuliah online 8,5%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ali, Muhammad. 2002. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Alwan. M, Et al. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan : Konsep dan Praktek Metodologi Penelitian Pendidikan.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media. Cet 2.

Fajrian, H. (2020, Oktober). https://katadata.co.id/. Retrieved Oktober 8, 2020, from

https://katadata.co.id/happyfajrian/berita/5e9a4214a4e49/antisipasi-corona-nadiem-makarim-dukung-kebijakan-meliburkan-sekolah

Koohang, A., Riley, L., Smith, T. and Schreurs, J. 2009. “E-learning and Constructivism: From theory to application,” Interdisciplinary Journal of E Learning and Learning Objects, vol. 5, no. 1, 91-109.

Mudjiono dan Dimyati. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sudiksa, I. dkk. (2020). Pengaruh E-Learning Dan Lingkungan Kampus Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2).

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

Saifuddin, M. F. (2016). Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Universitas Ahmad Dahlan. Vol. 29. No. 2. 102-110.

Siahaan, Sudirman. (2003). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No. 042. Jakarta: Depdiknas.

Sudiksa, I. M., Divayana, D. G., & Warpala, W. S. (2020). Pengaruh E-Learning dan Lingkungan Kampus Terhadap Minat Belajar Mahasiswa dengan Motivasi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia , 86-97.

Waryanto. N.H. (2006). On-Line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras. Vol. 2 No. 1, 10-23

Nasution, S., Afrianto, H., NURFADILLAH SALAM, S. & J., Nim, N., Sadjati, I. M., Agent, S. G., Sifat, T., Dan, F., Studi, P., Pangan, T., Pertanian, F. T., Katolik, U., Mandala, W., & Aceh, D. (2017). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Pendidikam. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sudiksa, I. dkk. (2020). Pengaruh E-Learning Dan Lingkungan Kampus Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2).

Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-30

Cara Mengutip

Alwan, M. (2021). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN ONLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MASA PANDEMIC COVID-19. Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 33 - 46. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.254

Terbitan

Bagian

Research Articles (Peer Review)