PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Penulis

  • Siti Ruqoiyyah Karim Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.358

Kata Kunci:

Pendidikan Ibnu Khaldun; Pendidikan Sains; Madrasah Ibtidaiyah.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang konsep pendidikan sains di Madrasah Ibtidaiyah yang diharapkan pada saat ini, model pendidikan menurut Ibnu Khaldun, tujuan pendidikan menurut Ibnu Khaldun dan relevansinya terhadap pendidikan Sains di Madrasah Ibtida’iyah. Jenis penelitian ini adalah Library Research dengan sumber data primer dari karya Ibnu Khaldun yaitu Kitab Muqqaddimah, dan sumber data skunder adalah diperoleh dari buku, jurnal dan tulisan lain yang berkaitan dengan pendidikan sains di Madrasah Ibtidaiyah dan pemikiran pendidikan Ibnu Khaldun. Teknik pengumpulan data dengan cara mengidentifikasi informasi dari buku, laporan penelitian sebelumnya, jurnal, artikel, web, atau informasi lainnya. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan sains di Madrasah Ibtidaiyah  diarahkan melalui pengalaman langsung, dilakukan penyelidikan ilmiah mengembangkan keterampilan proses dan sikap ilmiah, 2) menurut Ibnu Khaldun pendidikan adalah proses secara sadar menangkap, menyerap dan menghayati peristiwa alam sepanjang zaman. 3) Kesamaan model pendidikan Ibnu Khaldun  dengan pendidikan Sains di Sekolah dasar, yaitu pada metode pengajarannya yang tidak memksa siswa untuk melakukan hafalan dan menuntut siswa untuk terlibat aktif dalam proses pembelajarannya, 4) Relevansi antara keduanya dalam konsep, tujuan, posisi pendidik dan peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, T. Saiful, “Manusia Dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibnu Khaldun Dan John Dewey, dalam Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA Februari 2015 VOL. 15, NO. 2.

Aziz, Safrudin, Pemikiran Pendidikan Islam: kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Kalimedia, 2015

Baali, Fuaad dan Ali Wardi, Ibnu Khaldun dan Pola Pemikiran Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus, 1989.

Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Jakarta;Depertemen Pendidikan Nasional, 2006

Desstya, Anatri, dkk. “Refleksi Pendidikan IPA Sekolah Dasar di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar)”, dalam Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 4, No. 1, Juli 2017.

Desstya, Anatri, Kedudukan dan Aplikasi Pendidikan Sains Di Sekolah Dasar” dalam Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1, No. 2, Desember 2014: 193-200

Hewitt, Paul G dan etc., Conceptual Integrated Science. USA: Pearson Education, 2007.

Imam dan Barizi Ahmad Tolkhah, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo, 2004.

Iqbal, Abu Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam; Gagasan-gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015

Kabolla dan Chiapetta, Science Instruction in the Middle and Secondary School, USA: Person, 2010.

Khaldun,Ibnu. Mukaddimah, terj:Masturi Ilham, dkk, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2011.

Kosim Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun; Kritis Humanis dan Religius, Jakarta: Reineka Cipta, 2012.

Nurhidayati, Euis “Pedagogi Konstruktivisme Dalam Praksis Pendidikan Indonesia”dalam Indonesia Journal Of Educational Counseling Volume 1, No.1, Januari 2017, hlm.1. diakses melalui laman https://media.neliti.com pada tanggal 02 Januari 2018.

Sulistyanto , Heri, dkk. Ilmu pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas. 2008

Sulistyorini, Sri dan Supartono, Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2007.

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta; Bumi Aksara, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-19

Cara Mengutip

Karim, S. R. (2022). PEMIKIRAN PENDIDIKAN IBNU KHALDUN DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SAINS DI MADRASAH IBTIDAIYAH . Alifbata : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 10-18. https://doi.org/10.51700/alifbata.v2i2.358

Terbitan

Bagian

Research Articles (Peer Review)